10 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-07T02:53:06+00:00March 1st, 2017|Culinary, Health|Comments Off on 10 Manfaat Jus Melon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

melon hamSource: Pixabay

Buah melon memiliki rasa yang khas dan segar, dan sangat cocok dikonsumsi pada saat cuaca panas. Dengan kandungan air yang sangat tinggi, jus melon memiliki rasa dan sensasi yang menyegarkan saat diminum. Di balik rasanya yang enak, jus melon juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Simak 10 manfaat jus melon berikut.

1. Mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker


Source: floriana_t

Melon mengandung karotenoid dan likopen yang dapat mencegah timbulnya kanker. Karotenoid merupakan pigmen alami yang banyak terdapat pada sayur dan buah. Karotenoid yang terkandung dalam buah melon terbukti dapat mencegah dan menurunkan resiko terserang kanker paru-paru. Meminum jus melon secara teratur akan efektif untuk menghambat dan membasmi penyebab kanker di dalam tubuh.

2. Mencegah stroke


Source: grantour

Buah melon mengandung zat antikoagulan yang dapat mencegah stroke atau penyakit jantung. Kandungan nutrisi dalam melon menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air yang sangat tinggi dalam buah melon juga memiliki efek yang menyegarkan dan mengurangi rasa panas pada bagian dada.

3. Membantu menurunkan berat badan


Source: Meditations

Jus melon sangat baik untuk diminum saat Anda sedang dalam program penurunan berat badan. Melon memiliki kandungan air 90% yang sangat baik untuk menunjang diet. Kandungan air yang tinggi ini juga memberikan efek menyegarkan pada tubuh. Melon juga rendah kalori, lemak, dan kolesterol, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di saat diet.

4. Menutrisi kulit agar awet muda


Source: futurials

Melon banyak mengandung kolagen yang merupakan nutrisi penting untuk keremajaan kulit. Kolagen akan mencegah efek penuaan dini seperti timbulnya kerutan dan bercak hitam pada kulit. Kolagen juga akan menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses penyembuhan pada masalah kulit. Meminum jus melon secara teratur akan membuat Anda tampak awet muda dan terhindar dari efek penuaan dini.

 

5. Mencegah impotensi


Source: sasint

Jus melon terbukti secara ilmiah mampu mengatasi impotensi pada pria. Beberapa peneliti dari Inggris menemukan bahwa buah melon mengandung asam amino yang dapat membantu produksi arginin dalam tubuh. Arginin di dalam tubuh berfungsi untuk melancarkan peredaran darah menuju organ seksual. Arginin bekerja sebagai stimulan pada pembuluh darah yang dapat mencegah disfungsi ereksi atau impotensi.

6. Menyehatkan ginjal


Source: PublicDomainImages

Melon memiliki efek diuretik atau melancarkan pengeluaran air seni. Meminum jus melon akan membantu kerja ginjal untuk menyaring racun dari tubuh dan mengeluarkan air seni. Bagi yang memiliki masalah pada ginjal, cobalah meminum jus melon yang dicampur dengan air jeruk nipis di pagi hari sebelum sarapan, untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

7. Mencerahkan kulit dari dalam


Source: PublicDomainPictures

Jus melon dapat membantu mencerahkan kulit dari dalam. Kandungan air yang sangat tinggi dalam buah melon sangat baik untuk wajah terlihat cerah secara alami. Meminum jus melon juga membantu kulit untuk mengeluarkan kotoran dan toksin, sehingga kulit terlihat lebih bersih dan cerah. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan memakan buah melon langsung, atau meminumnya dalam bentuk jus atau smoothie.

8. Meringankan mual


Source: Brett_Hondow

Melon juga dapat meredakan mual pada wanita hamil di usia kehamilan tiga bulan pertama. Meminum jus melon dapat meredakan morning sickness pada wanita hamil karena adanya perubahan hormonal. Jus melon memberikan efek menyegarkan sehingga perut terasa lebih nyaman. Memakan buah melon juga dapat mencegah mual dan muntah pada wanita hamil.

9. Mencegah dehidrasi


Source: energepic

Kandungan air yang tinggi dalam buah melon dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi setelah Anda beraktifitas berat. Jus melon juga dapat mencegah dehidrasi pada wanita hamil di tiga bulan pertama kehamilan. Kandungan air dalam melon akan memberikan sensasi segar dan mengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktifitas. Jus melon dapat mengganti fungsi air mineral untuk mencegah dehidrasi.

10. Menyehatkan rambut


Source: JESHOOTS

Kandungan vitamin dalam buah melon juga baik untuk kesehatan rambut Anda. Vitamin A dalam melon sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat. Selain itu, vitamin B yang terkandung dalam melon juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Meminum jus melon secara teratur akan menjaga kesehatan rambut agar tetap lebat dan cantik.

Buah melon yang menyegarkan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun sebaiknya Anda mengkonsumsi jus melon dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu banyak, karena tingginya kadar kalium dalam melon yang dapat menyebabkan turunnya tekanan darah.