10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan

By |2018-11-07T03:50:36+00:00February 26th, 2017|Health|Comments Off on 10 Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan


Source: PDPics

Buah mangga merupakan salah satu buah tropis dengan rasa yang enak dan aroma yang menyegarkan. Meminum jus mangga ternyata banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Buah mangga banyak mengandung senyawa fenol dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah mangga juga diyakini dapat meringankan gejala penyakit tertentu. Simak 10 manfaat sehat dari jus mangga berikut.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Source: april_kim

Jus mangga banyak mengandung vitamin dan zat gizi lainnya, diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, dan karotenoid. Kombinasi ketiga zat gizi ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Meminum jus mangga secara teratur akan meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh, sehingga tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit.

2. Menaikkan berat badan


Source: mojzagrabinfo

Mengkonsumsi mangga adalah salah satu cara sehat untuk menaikkan berat badan. Di dalam 1,5 ons buah mangga    86 kalori. Kandungan gula dalam buah mangga juga dapat membantu menaikkan berat badan. Jika Anda ingin menaikkan berat badan, hasilnya akan lebih efektif jika Anda mencampur jus mangga dengan susu, atau membuat milkshake mangga.

3. Melancarkan pencernaan


Source: strecosa

Manfaat lain dari meminum jus mangga adalah dapat melancarkan pencernaan. Meminum jus mangga dapat mengatasi gangguan susah BAB yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat makanan. Buah mangga mengandung banyak serat yang akan membantu mengatasi gangguan pencernaan. Tetapi untuk Anda mengalami gejala radang usus, sebaiknya tidak mengkonsumsi jus mangga terlalu banyak.

4. Mengatasi masalah kulit


Source: strecosa

Meminum jus mangga juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, garis halus pada kulit, noda bekas jerawat, flek, dan lainnya. Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi pada buah mangga akan membantu mengatasi masalah kulit dari dalam. Meminum jus mangga secara teratur juga dapat membuat kulit tampak sehat dan glowing.

5. Menjaga kesehatan jantung


Source: Line-tOodLinGfc

Jus mangga banyak mengandung vitamin C, serat, dan pektin. Kombinasi zat gizi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Tambahkan jus mangga dalam menu makanan Anda setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan mata


Source: PublicDomainPictures

Kandungan vitamin A dalam satu gelas jus mangga dapat memenuhi 40% kebutuhan vitamin A dalam tubuh dalam satu hari. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, mencegah mata dari kekeringan dan mempertajam penglihatan di malam hari. Meminum jus mangga juga dapat mengatasi mata lelah dan memudarkan lingkaran hitam di bawah mata.

7. Mengatasi darah tinggi


Source: Gadini

Kandungan kalium dan magnesium di dalam jus buah mangga dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Kalium adalah mineral yang dapat menjaga fungsi otot jantung dan dapat membantu melancarkan peredaran darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kandungan vitamin C, pectin, dan serat dalam jus mangga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Mencegah dan mengatasi diabetes


Source: feelphotoz

Jus mangga juga dapat mencegah dan membantu mengatasi diabetes. Meminum jus mangga murni tanpa gula akan membantu menstabilkan kadar insulin yang diperlukan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah. Mangga juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Rebusan daun mangga juga dapat diminum untuk mengatasi diabetes.

9. Mencegah kanker


Source: Josch13

Jus mangga mengandung berbagai zat antioksidan, diantaranya adalah astragalin, metilgalat, dan asam galat. Zat antioksidan ini sangat penting untuk mencegah timbulnya kanker payudara, kanker usus, leukemia, dan kanker prostat. Kandungan pectin dan lupeol dalam mangga juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa pectin dalam mangga dapat menekan pertumbuhan sel tumor pada kanker prostat.

10. Nutrisi untuk ibu hamil


Source: chokke

Mangga merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Meminum jus mangga akan membantu perkembangan janin dalam perut ibu hamil. Tingginya kadar vitamin C, serat, dan vitamin A dalam mangga dapat membantu pertumbuhan fisik janin. Kandungan betakaroten dalam jus mangga juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Dengan rasa yang enak dan berbagai manfaat yang dimilikinya, jus mangga sangat dianjurkan dalam menu makanan Anda. Tetapi, salah satu kontra indikasi jus mangga adalah obesitas. Bagi yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jus mangga dalam jumlah yang banyak.