10 Manfaat & Efek Samping Mandi Susu

By |2018-11-18T02:05:39+00:00November 17th, 2018|Lifestyle|Comments Off on 10 Manfaat & Efek Samping Mandi Susu


Source: Samara May Knight

Susu, biasanya kita konsumsi dengan cara diminum sebagai sumber energi tambahan untuk tubuh disamping makanan pokok yang kita makan. Namun ternyata, susu dapat dimanfaatkan sebagai cairan untuk mandi. Kita biasa mengenal istilah ini dengan nama Mandi Susu.

Susu yang umum digunakan adalah susu murni yang belum ditambahkan gula sehingga khasiat nya masih alami karena belum tercampur dengan bahan lainnya. Sebagai tambahan aroma & manfaat, biasanya mandi susu ditemani  dengan lemon, mawar, lavender, dan bahan lain yang memiliki banyak manfaat kecantikan.

Berikut beberapa 10 Manfaat mengapa kita wajib mencoba Mandi Susu:

1. Membuat Kulit Halus & Bersih


Source: Pexels

Kandungan asam lactic pada susu dapat membantu kulit menjadi semakin halus dan lembab. Selain asam lactic, kandungan protein yang ada juga memiliki khasiat menyehatkan dan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel seharian pada tubuh. Kulit akan dengan mudah beregenerasi dan menghasilkan jaringan-jaringan kulit baru.

2. Mencerahkan Warna Kulit


Source: Andreas160578

Konsistensi dalam melakukan mandi susu dapat dibuktikan dari hasil yang didapat. Dengan penggunaan 2 minggu, secara konsisten, kamu dijamin akan mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan bercahaya dibanding sebelumnya. Durasi yang disarankan adalah 20-30 menit perendaman, dan jangan lupa dilakukan setiap sore ya!

3. Regenerasi Sel & Mencegah Penuaan Dini


Source: Dennis Wong

Salah satu kandungan pada susu yang memiliki fungsi signifikan adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA memiliki kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. AHA akan dibantu oleh Protein, membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan kenyal. Dua senyawa ini mampu meningkatkan kemampuan regenerasi sehingga baik untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan meminimalisir kerutan kulit. Sel-sel kulit yang sudah mati memang semestinya disingkirkan dan diganti dengan yang baru, dan kandungan dalam susu akan membantu mempercepat prosesnya.

4. Membugarkan Kulit & Otot


Source: Wilkernet

Banyak penelitian telah dilaksanakan terkait manfaat dari susu. Beberapa diantara nya sepakat bahwa susu dipercaya mampu membuat otot menjadi elastis dan membuat kita merasa nyaman dan bahagia pada saat dan setelah melakukan mandi susu. Ditambah dengan temperatur hangat dari air rebusan, berendam di dalam kolam susu hangat dapat menghilangkan rasa pegal dengan sekejap. Otot terasa longgar kembali, dan beban kerja seharian serasa hilang tenggelam dalam hangat nyamannya kolam susu rendaman.

5. Menghilangkan Stress


Source: Galiazaharieva

Kerjaan menumpuk seharian, deadline dimana-mana, lingkungan yang kurang kondusif, atau masalah lainnya di luar rumah kadang terbawa bahkan setelah kita pulang ke rumah. Rumah seharusnya menjadi tempat istirahat dan melepas penat. Untuk membantu kamu melepas stress, cobalah untuk mandi susu. Campuran bahan lain seperti minyak almond, bunga-bungaan, buah-buahan beraroma segar, dsb dapat membantu meningkatkan efek relaksasi saat kamu berendam dalam susu.

6. Melancarkan Aliran Darah


Source: Lightstargod

Susu dipercaya mampu membuat saluran di dalam tubuh kita lancar dan yang rusak kembali baik. Susu ditambah dengan rebusan air hangat kuku, akan membuat mandi susu terasa lebih menenangkan dan membuat kamu relax sepanjang malam bahkan setelah selesai mandi. Pegal-pegal hilang, aliran darah kembali lancar.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Source: Nick

Manfaat mandi susu lainnya ada pada kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam susu dipercaya mampu membantu kamu terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Hal ini bisa dibarengi dengan minum susu juga ya, supaya maksimal perawatan dilakukan from inside and outside.

8. Mengatasi Insomnia


Source: Pexels

Fakta lainnya dari mandi susu adalah, mandi susu sebelum tidur dianggap mampu mengatasi insomnia. Karena disaat mandi air hangat, suhu air akan direspon tubuh dengan melebarnya pembuluh darah sehingga darah yang mengalir akan semakin lancar. Badan terasa ringan dan super relax, lama kelamaan akan membuat badan terasa lelah. Rasa lelah akan diproses tubuh sebagai signal untuk istirahat & kamu dijamin tertidur pulas setelahnya!

9. Mengatasi Jerawat


Source: Kjerstin Michaela

Jerawat bukan hanya ditemukan pada wajah, namun seringkali bagian tubuh lain seperti belakang punggung dan lengan menjadi tempat tumbuhnya jerawat. Kehadirannya sangat menggangu karna biasanya menimbulkan rasa gatal dan sakit, dan kita pun cenderung merasa “kotor” dengan kehadirannya. Berendam di dalam kolam susu sambil membasuh muka dengannya dapat membantu jerawat untuk berangsur-angsur kering dan hilang dari tubuh kamu. Asalkan rajin-rajin yah, mandi susu nya!

10. Baik untuk Perawatan Kulit Iritasi & Sensitif


Source: Hans

Terlalu banyak berjemut di bawah matahari, dipinggir pantai, dan tidak menggunakan cukup lotion sunscreen sering kali menyebabkan kulit terbakar merah dan perih. Kulit menjadi kering dan sensitive. Hal ini dapat diatasi dengan mandi susu, yang dianggap mampu menurukan sensitifitas kulit & menormalkannya kembali.

 

Sebenarnya cukup dengan bathtub, susu, dan campuran air, kita sudah dapat menikmati nyaman dan bermanfaatnya mandi susu. Namun, banyak orang mengeluhkan bau amis yang ditimbulkan dari cairan susu. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk menambahkan wawangian alami seperi air  lemon, air mawar, jeruk nipis, mawar, lavender untuk menyamarkan bau yang dihasilkan. Lebih baik lagi jika kamu meluangkan uang lebih untuk membeli bubuk organic milk bath yang dijual dipasaran yang minim bau. Dengan 30 menit mandi susu secara rutin, dijamin bisa membuat tubuh kamu semakin relax dan kulit semakin kinclong. Selamat mencoba!