10 Manfaat dan Resiko Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

By |2018-11-07T21:31:44+00:00February 3rd, 2017|Health|Comments Off on 10 Manfaat dan Resiko Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Source : Angeljana_

Memiliki kuku yang panjang bagi seorang wanita terutama penggemar fashion mungkin akan sangat menyenangkan karena kuku yang panjang bisa terlihat lebih cantik apabila dihias. Tapi apakah ada manfaat dan resiko yang ditimbulkan apabila memiliki kuku panjang? Berikut ini penjelasannya.

1. Meningkatkan Percaya Diri

Source : Jil111

Manfaat yang paling dirasakan oleh pemilik kuku panjang adalah bisa terlihat lebih cantik dan juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Kuku yang panjang bisa dihias dengan berbagai macam nail art yang pasti akan membuat orang lain mengaguminya. Terkadang orang juga akan semakin terkagum-kagum jika mengetahui bahwa kuku panjang kamu adalah asli dan bukannya kuku palsu.

2. Menghilangkan Stress

Source : Unsplash

Tanpa disadari kamu yang memiliki kuku yang panjang pasti hobi menggigitinya. Tapi sebenarnya hal ini tidak jadi masalah karena sebuah studi yang dipublikasikan dalam situs Amy Standen of npr.org menyebutkan bahwa aktivitas menggigit kuku yang panjang adalah suatu kebiasaan yang secara psikologis terbukti mampu menurunkan tingkat stress dan depresi. Wah, pantas saja kamu hobi melakukannya ya!

3. Membuatmu Lebih Bahagia

Source : Rottonara

Memiliki kuku yang panjang bagi sebagian orang bisa membuat mereka bahagia, pasalnya kuku yang panjang bisa membantu mengatasi hal-hal yang sepele misalnya saat tidak ada alat lain seperti pisau untuk merobek kertas atau sesuatu dan juga untuk membuka selotip, dan benda-benda lain yang membutuhkan bantuan alat berujung tajam. Meskipun bisa membantu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya karena kuku panjangmu bisa rusak dan terluka.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Source : Geralt

Mungkin kamu tidak akan menyangka bahwa selain mampu menurunkan stress dan depresi, menggigit kukumu sendiri dapat meningkatkan daya tahan atau sistem imun dalam tubuh. Konsep menggigit kuku yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh hampir sama dengan konsep penggunaan vaksin. Saat menggigit kuku, kamu akan terpapar kuman yang mungkin belum dikenali tubuhmu dan selanjutnya tubuh akan membentuk respon untuk mengenalinya jika kuman tersebut masuk kembali kedalam tubuh dikemudian hari.

5. Lebih Sehat Tanpa Kuku Palsu

Source : Picjumbo_com

Pastinya kuku panjang yang asli akan lebih mudah diraat dan kamu tidak perlu menghabiskan biaya ekstra untuk membeli dan memasang kuku palsu. Selain itu kuku panjang yang asli ternyata lebih sehat dibandingkan kuku palsu yang dipasang saat kamu melakukan manicure dan pedicure. Sekedar infformasi, kuku palsu yang terbuat dari bahan acrylic justru lebih mudah dihinggapi bakteri dan menyebabkan infeksi yang sulit disembuhkan terutama jika sudah lama digunakan.

6. Bisa Melukai Diri Sendiri

Source : 27707

Manfaat kuku panjang telah disebutkan tapi kamu juga perlu mengetahui juga resiko memiiliki kuku panjang. Salah satu resiko memiliki kuku panjang adalah melukai kulitmu sendiri secara tak sengaja misalnya saat menggaruk kulit yang gatal akibat gigitan serangga atau saat melakukan hal lainnya. Agar tidak melukai diri sendiri dan orang lain sebaiknya jaga kuku panjangmu dengan baik ya!.

7. Cukup Merepotkan Saat Mengetik

Source : Firmbee

Helo girls, siapa diantara kamu yang butuh waktu 10 menit hanya untuk mengetik sms atau pesan pendek? Punya kuku panjang juga bisa sangat merepotkan terutama untuk kamu yang sering beraktifitas dengan gadget atau papan keyboard komputer. Sebaiknya kamu tidak memiliki kuku panjang jika kuku panjangmu hanya akan merepotkan pekerjaanmu saja atau malas membuatmu melakukan sesuatu.

8. Menyebabkan Infeksi

Source : Geralt

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Infectious Disease Society of America melaporkan bahwa kuku dengan panjang lebih dari 3 mm dari pankal jari lebih mudah terpapar kuman dan menyebabkan infeksi terutama jika jarang dibersihkan.  Luka yang terjadi dibagian dalam kuku yang panjang juga akan dengan mudah dihinggapi bakteri dan menyebabkan infeksi. Jadi kalau kamu punya kuku panjang jangan sampai malas merawatnya ya, Girls!

9. Mudah Tersangkut

Source : Sewingdirectory

Kamu yang punya kuku panjang harus berhati-hati ya terutama saat mengenakan pakaian atau saat memegang benda lainnya karena kuku panjangmu akan mudah tersangkut pada resleting pakaian, celana, tas, atau tersangkut pada benda-benda lain disekitarmu. Kuku yang tersangkut pastinya juga beresiko melukai jari tanganmu dan menyebabkan infeksi.

10. Menimbulkan Kecemasan

Source : Lightstargod

Hal terakhir yang bisa jadi resiko memiliki kuku panjang adalah perasaan cemas yang berlebihan karena takut kukumu patah, bukan begitu Ladies? Setiap malam dan setiap saat kamu akan selalu memikirkan kukumu dan waspada dengan hal-hal lain yang dapat merusaknya. Ditambah lagi, jika kuku panjangmu yang indah itu patah kamu akan sangat sedih dan kecewa.

So, apa kamu masih mau memiliki kuku panjang setalah tahu manfaat dan resikonya? Jika sekiranya kuku panjangmu hanya akan merepotkan dan membuatmu sulit beraktifitas sebaiknya jangan dipaksakan ya! “Beauty isnt always pain, Girls”