10 Manfaat Buah Okra untuk Kecantikan dan Kesehatan

By |2018-11-08T18:25:39+00:00March 23rd, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Manfaat Buah Okra untuk Kecantikan dan Kesehatan


Source: punnamjai

Okra adalah sayuran yang juga dikenal dengan nama ‘bendi’. Bentuknya seukuran cabai besar yang mirip seperti jari yang lentik sehingga kerap disebut sebagai lady’s fingers. Saat dimasak, okra akan mengeluarkan lendir yang merupakan salah satu sumber khasiatnya. Saat diiris-iris, maka akan terlihat biji kecil-kecil di dalamnya. Kehebatan buah ini diakui bermanfaat dalam memerangi berbagai penyakit dan untuk kecantikan. Apa saja manfaat okra bagi kesehatan dan kecantikan, simak 10 ulasannya berikut ini:

1. Menjaga Sistem Pencernaan


Source: mabelamber

Menambah okra dalam menu akan meningkatkan asupan serat secara signifikan. Serat mucilaginous yang ditemukan dalam okra mampu mengoptimalkan fungsi pencernaan. Serat juga penting dalam menjaga kesehatan usus. Serat akan memfasilitasi penyerapan air sehingga memudahkan pembuangan limbah. Kinerja ini pada gilirannya berfungsi untuk memastikan gerakan usus yang teratur sehingga mencegah sembelit, perut kembung dan kram perut.

2. Mengurangi Gula Darah


Source: TesaPhotography

Okra berisi kandungan insulin yang akan membantu menurunkan kadar gula darah. Kadar glikemik okra juga tergolong rendah, hanya sekitar 20. Jumlah ini menjadikan okra sebagai pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences menkonfirmasi adanya potensi anti-diabetes dan antihyperlipidemic pada okra kupas dan bubuk biji okra untuk obyek tikus diabetes.

3. Mencegah Penyakit Liver


Source: OpenClipart

Okra memiliki fungsi dalam membantu membersihkan hati serta mencegah terjadinya penyakit liver. Okra mengandung zat yang mampu mengikat asam empedu dan kolesterol untuk detoksifikasi hati. Nutrisi dalam okra juga akan mencegah akumulasi lemak di hati. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Saudi Pharmaceutical tahun 2012, kandungan antioksidan dalam ekstrak okra dapat melindungi kerusakan hati yang diinduksi secara kimia.

4. Menjaga sistem kekebalan


Source: xusenru

Senyawa dalam okra mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam okra membantu mendorong sistem kekebalan tubuh. Vitamin C akan merangsang produksi sel-sel darah putih untuk memerangi patogen asing serta bahan lain yang membahayakan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang baik akan menjadi agen yang melawan infeksi serta melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.

5. Mengontrol tekanan darah


Source: geraldoswald62

Okra merupakan sumber dari vitamin dan mineral yang baik. Salah satu mineral dalam okra adalah potasium yang memiliki aspek penting dalam kesehatan manusia. Potasium atau kalium diperlukan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh akibat adanya sisa natrium. Potasium juga berguna dalam mengendurkan pembuluh darah dan arteri sehingga mengurangi tekanan darah dan mencegah sistem kardiovaskular menjadi tegang.

6. Meningkatkan ketajaman mata


Source: Bessi

Okra memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Disamping itu komponen antioksidan seperti beta-karoten, xanthein dan lutein juga disimpan dalam buah okra. Vitamin A akan memberi perlindungan pada kornea mata dan lutein akan melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Zeaxantin juga memiliki tugas dalam membantu meningkatkan visual. Antioksidan yang kuat dalam okra akan mencegah degradasi sel di mata.

7. Menyehatkan kulit


Source: lannyboy89

Antioksidan dan vitamin A yang dimiliki okra dapat melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini juga akan mempromosikan proses penyembuhan yang lebih cepat. Ia bahkan dapat mengurangi kemunculan jerawat dan menyamarkan bekas luka. Antioksidan juga baik dalam menghilangkan keriput. Vitamin C dalam okra membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan yang rusak, dimana ini dapat mempengaruhi pembentukan kolagen dan pigmentasi kulit.

8. Membuat rambut berkilau


Source: AdinaVoicu

Rambut yang berkilau bisa didapatkan dari nutrisi dalam okra seperti antioksidan dan vitamin. Kandungan tembaga, kalium, seng, folat serta thiamin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Okra dapat menghasilkan lendir yang berwarna transparan. Lendir ini yang dapat digunakan sebagai kondisioner alami. Rambut kusam dapat diatasi dengan memanfaatkan kondisioner alami dari buah okra.

9. Meningkatkan kesehatan selama kehamilan


Source: brusalvate

Buah okra ternyata sangat dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil. Vitamin B yang penting dalam buah okra akan membantu memastikan pertumbuhan yang sehat dari bayi dalam kandungan. Vitamin ini juga akan mencegah cacat lahir seperti spina bifida. Okra juga membantu memproduksi dan menjaga sel-sel baru karena kandungan asam folatnya. Folat juga dapat mencegah terjadinya keguguran bagi ibu hamil.

10. Menurunkan kolesterol jahat


Source: Buecherwum

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2014 dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology, aktivitas hipolipidemik ekstrak kulit okra mampu memberikan manfaat bagi penurunan kolesterol. Hal ini menghambat aktivitas esterase kolesterol pankreas yang pada gilirannya meningkatkan ekskresi kolesterol. Okra juga tidak mengandung lemak jenuh yang beresiko menimbulkan masalah kesehatan.

Itulah 10 manfaat okra bagi kesehatan dan kecantikan, bahkan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sekalipun. Oleh karena itu, menambahkan okra ke dalam menu harian makananmu, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang dapat melipatgandakan khasiatnya. Yuk, jangan ragu makan okra mulai sekarang.