10 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

By |2018-11-07T20:45:31+00:00February 1st, 2017|Culinary|Comments Off on 10 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

steakSource: dbreen

Protein memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan kesehatan manusia. Manfaatnya antara lain membentuk sel-sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, membentuk massa otot, dan meningkatkan metabolisme serta daya tahan tubuh. Kebutuhan protein seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti berat badan, jenis kelamin, kondisi kesehatan dan usia. Anda dapat menghitung kebutuhan protein Anda dengan rumus berikut: (Berat x 2 gram protein). Adapun protein dapat ditemukan baik pada hewan maupun tumbuhan. Berikut adalah 10 makanan yang mengandung protein tinggi:

1. Tuna


Source: City Foodsters

Tuna telah lama dikenal sebagai sumber mineral dan protein tinggi. Setiap 100 gram ikan tuna mengandung 30 gram protein. Jumlah ini sudah memenuhi hingga 60% dari kebutuhan protein harian orang berusia 4 tahun ke atas. Sebenarnya, rata-rata orang hanya dapat menyerap 20 gram protein per konsumsi. Sebaiknya sumber protein berkualitas seperti tuna tidak dikonsumsi terlalu banyak pada satu waktu karena kandungan proteinnya tidak semua dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, cara mengolah tuna yang baik adalah dimasak dengan suhu yang tidak terlalu panas dan meminimalkan bahan tambahan.

2. Udang


Source: Meditations

Udang kaya akan protein. Setiap 100 gram udang segar mengandung sekitar 20,3 gram protein atau 40% dari kebutuhan protein harian orang berusia 4 tahun keatas. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda. Jadi sebelum memutuskan mengkonsumsi sumber protein tinggi, Anda perlu mengetahui kebutuhan protein harian Anda. Selain protein, udang juga mengandung vitamin B12, vitamin D dan kadar zat besi yang cukup tinggi. Namun perlu diingat bahwa konsumsi udang perlu dibatasi karena mengandung kolesterol tinggi.

3. Keju


Source: Stevepb

Umumnya berbagai jenis keju kaya akan protein. Misalnya, 100 gram keju parmesan mengandung 38,5 gram protein dan 100 gram keju swiss mengandung 26,9 gram protein. Keju juga merupakan sumber kalsium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang. Perlu  diketahui bahwa keju juga memiliki kekurangan yakni tingginya kadar lemak, kolesterol, dan sodium.

4. Edamame


Source: Takedahrs

Sumber protein nabati berikutnya adalah edamame. Edamame menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Edamame memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain kadar protein yang tinggi, edamame juga mengandung berbagai mineral dan asam folat. Tiap 100 gram edamame mengandung 10,9 gram protein atau 22% dari rata-rata kebutuhan harian protein orang berusia 4 tahun keatas.

5. Dada Ayam


Source: Steve Johnson

Sumber protein hewani berikutnya adalah dada ayam. Dada ayam mengandung kadar protein tinggi. 100 gram dada ayam panggang mengandung 16,8 gram protein atau 34% dari kebutuhan protein harian orang berusia 4 tahun keatas. Kekurangan makanan yang berasal dari unggas adalah tingginya kandungan kolesterol dan sodium. Oleh karena itu, konsumsi dada ayam harus dibatasi.

6. Almond


Source: Stevepb

Bagi para pelaku diet dan vegetarian, kacang almond bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. 100 gram kacang almond panggang mengandung 21,2 gram protein. Almond juga merupakan sumber energi yang tinggi. Jika Anda suka, almond bisa diolah menjadi susu. Rasanya pun juga tidak kalah lezat dengan susu hewan.

7. Tempe


Source: FoodCraftLab

Tempe adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Mungkin kita sering mendengar ungkapan, “Makan nasi dengan tempe saja rasanya nikmat banget”. Tidak hanya lezat, tempe juga bergizi. Tempe mengandung beberapa mineral dan tentu saja protein. 100 gram tempe mengandung 18,2 gram protein atau 36% dari kebutuhan harian protein orang berusia 4 tahun ke atas.

8. Oat


Source: Haaijk

Setiap 100 gram oat mengandung 16,9 gram protein. Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam oat adalah magnesium dan fosfor. Sekarang oat dapat ditemukan dalam berbagai macam produk olahan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari oat, pilih produk oat olahan yang tidak menggunakan banyak bahan aditif kimiawi seperti perasa, pewarna dan pengawet.

9. Biji Chia


Source: MIH83

Biji chia menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir khususnya di kota-kota besar. Sering disebut sebagai ‘super food‘, biji chia diketahui mengandung berbagai nutrisi dari kalsium, magnesium, kalium, dan protein. 100 gram biji chia mengandung 15,6 gram protein. Biji chia juga tinggi akan serat dan diyakini dapat berfungsi sebagai antioksidan. Cara mengkonsumsi biji chia sangat praktis. Biji mentah chia dapat langsung dicampur dengan bahan makanan lain.

10. Telur


Source: Eisenmenger

Sudah umum diketahui bahwa telur  mengandung kadar protein yang tinggi. Setiap 100 gram telur rebus mengandung 12,6 gram protein. Jumlah ini sudah memenuhi 25% dari kebutuhan protein harian orang berusia 4 tahun keatas. Walaupun merupakan sumber protein yang tinggi, perlu diingat bahwa konsumsi telur harus dibatasi karena memiliki kadar kolesterol tinggi.

Protein sangat penting untuk kesehatan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu berapa kebutuhan harian protein Anda. 10 makanan protein di atas relatif mudah untuk ditemukan di sekitar kita sehingga tidak ada alasan lagi untuk kekurangan protein.

Selamat menjalani hidup sehat!