10 Makanan Tradisional Indonesia Terenak Wajib Coba!

By |2018-11-08T01:33:19+00:00January 27th, 2017|Culinary, Lifestyle, Trip and Travel|Comments Off on 10 Makanan Tradisional Indonesia Terenak Wajib Coba!


Source: Phalinn Ooi

Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kebudayaan. Tak hanya tari-tarian, bahasa, serta lagu tradisonal, warisan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia juga merupakan kekayaan yang tak bisa kita lewatkan. Maka dari itu, tak lengkap rasanya jika bepergian keliling Indonesia tanpa mencicipi ragam kulinernya. Berikut ini adalh sepuluh makanan tradisonal Indonesia yang tak boleh Anda lewatkan.

1. Rendang

View this post on Instagram

Selamat pagiii…. Buat kalian yg suka banget sama rendang yuk dibaca Pengaruh Mengkonsumsi Rendang Terhadap Kesehatan: Memang rendang banyak memiliki kandungan gizi, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi daging rendang dapat mengundang banyak kolestrol ke dalam tubuh kita khususnya bagi mereka yang jarang bekerja keras kolestrol yang berasal dari santan dan daging akan menumpuk dan itu tidak baik untuk kesehatan. Lain halnya dengan mereka yang sering bekerja keras dan sering mengeluarkan keringat kolestrol itu tidak akan terlalu mempengaruhi kesehatannya karena akan terbuang bersamaan denga keringat itu sendiri. Jadi udah tau kan efeknya kebanyakan makan rendang jadi jangan sampe terlalu banyak makan rendangnya bagi- bagi sama yang lain.. Tetap semangat semuanya…. #randangambo #indonesia #rendang #prcampaignclassumj Cc: @triapadmadisastra

A post shared by Randang Ambo (@rambo.official) on

Siapa yang tak kenal makanan satu ini? Si daging legit gurih ini biasa dijumpai di restoran-restoran masakan Padang. Rendang terbuat dari daging sapi yang dibumbui berbagai rempah-rempah dan dimasak menggunakan santan yang membuatnya terasa gurih.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga empat jam untuk memasak rendang yang sempurna, yaitu hingga santan surut dan daging berwarna kehitaman.

Proses pembuatan yang rumit dan bumbu-bumbu rempah yang kompleks inilah yang mebuat rendang memiliki cita rasa yang unik dan sangat disukai. Tak heran jika kelezatannya diakui dunia sebagai World’s 50 Most Delicious Food (50 Makanan Terenak di Dunia) peringkat pertama oleh CNN pada tahun 2013.

2. Pempek

View this post on Instagram

. . Assalamu' alaikum warahmatullahi wabarakatuh 😇 . . Pempek Tanpa Ikan Sumber : NY.Liem dimodif dikit 😊 Bahan 125 gr terigu segitiga 250 gr tepung tapioka/tepung sagu 250 ml air Kaldu bubuk 2 telur Garam Irisan daun bawang 3 sdm ebi, sangrai, haluskan Telur puyuh Air untuk merebus Mie telur, rebus,saring Irisan mentimun Bahan cuko 250 gr gula merah, sisir 500 ml air Rawit,haluskan 4 bawang putih, haluskan 2 sdm ebi, sangrai, haluskan 4 sdm air asam Garam Cara Buat Pempek Rebus air, ebi,kaldu bubuk, irisan bawang,garam sampai matang, matikan api Masukkan terigu segitiga dikit dikit sambil terus diaduk dengan whisk Biatkan hangat Lalu masukkan telur, aduk dengan whisk Terakhir masukkan tepung tapioka dikit dikit sambil diuleni sampai adonan bisa dibentuk Ambil adonan, bentuk lonjong Untuk kapal selamnya, ambil adonan, bentuk seperti mangkok, masukkan telur puyuh, rekatkan sisi sisinya Masukkan pempek ke dalam air rebus , masak sampai mengapung , biarkan sekitar 20 menit, angkat, tiriskan Lalu goreng sampai matang Cara buat cuko Campur semua bahan Masak sampai gula larut dan mendidih Saring Penyajian Siapkan piring, tata pempek,mie,irisan timun, lalu siram dengan air cukonya Slamaat makan 😆 . . #storyofcitrakitchen #doyancooking #truecooks #homecooking #instafood #pempek #indonesianfood #foodphotography #yummie #nomnomnom

A post shared by citra dewi (@citrahendrawijaya) on

Pempek, atau yang biasa disebut empek-empek, adalah makanan yang bersal dari Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari adonan campuran ikan yang dihaluskan, sagu, telur, garam, dan bahan-bahan lainnya yang kemudian digoreng. Pempek dihidangkan dengan kuah asam manis berwarna kehitaman yang biasa disebut dengan cuko. Cuko terbuat dari gula merah, cuka, garam, dan cabe. Selain cuko, potongan mentimun dan mie kuning juga disajikan sebagai pelengkap untuk menyantap pempek.

Pempek terdiri dari berbagai jenis. Yang paling terkenal ialah pempek kapal selam yang berbentuk seperti kapal selam dan berisi telur rebus di dalamnya.

3. Gudeg

View this post on Instagram

Udah lama gak makan gudeg iseng mampir ke resto yg ganti nama ini…resto lama nama baru gaya masakan baru. Ternyata menu makanannya banyak banget tapi akhirnya gue milih gudeg ayam lengkap dan karedok pedes minum es teh leci dan nambah es teh tawar. Lumayaaan enak ternyata walaupun sambelnya ga pedes, minusnya cuma sambel disini, yg lain sesuai cocok enakkk, ayamnya lembut juga. Semua ini abis 61rebu, kalo gue pesen es teh tawar aja seperti biasa hrsnya jauh lebih murah sih…tapi semuanya menyenangkan dan enak…balik lagi? Pasti…sekalian nyoba menu lain yg banyak banget itu. . . RM. Ayam Tulang Lunak di jln Gajahmada sebelah kanan jalan menuju flyover pahoman atau seberang de'Prospere Cafe. #Lampung #Bandarlampung

A post shared by Lampung Food Hunter (@iwanlaksmana) on

Gudeg adalah makanan khas dari Kota Pelajar, Yogyakarta. Sama seperti Rendang, Gudeg juga dibuat menggunakan santan dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuatnya. Bedanya, gudeg terbuat dari nangka muda. Gudeg biasa dimakan dengan nasi putih hangat dan disajikan bersama ayam kampung, telur rebus, dan sambal krecek. Di beberapa warung Gudeg yang terkenal di Jogja, Gudeg dikemas dalam kemasan yang unikk, yaitu dikemas dalam besek (wadah anyaman bambu) dan kendil (guci tanah liat).

4. Sate


Source: Setya Octaviani

Sate adalah salah satu dari sekian banyak makanan tradisional Indonesia yang dapat dijumpai dimana-mana dan banyak ragamnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memilik ragam satenya sendiri. Sate Ayam dari Madura, misalnya. Atau Sate Lilit dari Bali, Sate Buntel dari Solo, Sate Maranggi, Sate Padang, dan masih banyak yang lainnya. Pada dasarnya, sate adalah daging yang dipotong kecil-kecil yang ditusukkan pada lidi yang kemudian dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar di atas bara api. Daging yang digunakan bisa bermacam-macam, ada ayam, sapi, atau kambing.

Sate dimakan dengan saus atau bumbu yang biasanya terbuat dari kacang dan kecap manis. Namun ada pula yang menggunakan bumbu lain untuk sausnya. Dan biasanya, sate sangat nikmat jika dihidangkan bersama lontong.

5. Rawon

Rawon ialah makanan khas asal Jawa Timur. Tak sulit menemukan warung atau kedai yang menjual rawon, terutama di Surabaya. Biasanya penjual rawon buka di malam hari. Meskipun begitu, hidangan berkuah ini juga nikmat disantap untuk sarapan pagi.

Rawon identik dengan kuahnya yang berwarna coklat kehitaman yang dihasilkan dari biji kluwek sebagai campuran pada kuahnya. Selain kluwek, bumbu lain yang digunakan juga sangat khas rempah-rempah Indonesia, seperti lengkuas, serai, kunir, ketumbar, dan lain-lain. Daging yang digunakan pada rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Dengan taburan tauge kecil dan bawang goreng di atasnya, rawon dihidangkan bersama telur asin, kerupuk udang, dan dimakan bersama nasi putih hangat.

6. Ayam Taliwang

Sesuai namanya, Ayam Taliwang ialah hidangan berbahan dasar ayam yang berasal dari Nusa Tengara Barat. Taliwang sendiri sebenarnya adalah nama dari sebuah kecamatan di Nusa Tenggara Barat. Ayam Taliwang dimasak dengan cara dibakar. Sebelum dibakar, ayam terlebih dahulu dibalut dan dibumbui dengan sambal khas Lombok, sambal Pelecingan. Karena bahan dasar bumbu yang memiliki aroma cukup kuat, setelah memakan Ayam Taliwang, biasanya aromanya akan menempel di tangan cukup lama. Biasanya, Ayam Taliwang dihidangkan bersama Pelecing Kangkung sebagai pelengkap.

7. Ayam/Bebek Betutu

Selain destinasi wisata pantainya yang menggoda, Bali juga memiliki warisan kuliner yang tak kalah menarik. Salah satunya ialah Betutu. Biasanya, Betutu menggunakan ayam atau bebek utuh yang dibalut dengan bumbu Betutu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, temulawak, lengkuas, kemiri, cabai, terasi dan kacang yang kemudian ditumbuk dan dihaluskan menjadi satu.

Untuk memasak ayam atau bebek Betutu, diperlukan waktu yang cukup lama serta cara membuatnya pun cukup rumit. Ayam atau bebek yang digunakan harus dibungkus rapat dengan daun pisang, setelah itu dibungkus kembali dengan pelepah pinang dengan rapat. Bungkusan tersebut kemudian dipendam ke dalam tanah dan ditutp dengan bara api selama 6-7 jam.

8. Soto

Selain sate, Soto juga bisa dibilang hidangan khas Indonesia yang mempunyai banyak variasi. Setiap daerah, mempunyai soto khasnya sendiri. Sebut saja Soto Ayam dari Lamongan, Soto Daging dari Madura, Soto Kudus, Sauto Tegal, Sroto Sokaraja, Coto Makassar, dan masih banyak lagi. Meskipun begitu, pada dasarnya, soto adalah hidangan berkuah kuning seperti sup yang terbuat dari kaldu daging dan berbagai macam sayuran yang memiliki irisan-irisan daging di dalamnya. Yang biasa digunakan ialah daging ayam, daging sapi, babat, daging kambing, bahkan daging babi.

Berbeda nama, berbeda daerah, berbeda pula penyajiannya. Soto Lamongan misalnya, memiliki pelengkap bubuk koya, bubuk yang terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan untuk menambah gurihnya rasa. Di Makassar, Coto Makassar biasanya disantap dengan buras atau burasa, sejenis lontong yang dimasak dengan santan sehingga terasa lebih gurih dari lontong biasa. Sementara Soto Kudus, disajikan menggunakan mangkok yang terbuat dari batok kelapa, sehingga porsinya lebih kecil membuat kita untuk menyantap lebih dari satu porsi!

9. Sup Konro

Sup Konro adalah hidangan khas suku Bugis di Makassar, Sulawesi Selatan. Sup Konro menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya, sementara bumbu untuk kuahnya terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah, seperti ketumbar, pala, kunyit, lengkuas, kayu manis, asam, serai, cengkeh, dan daun salam. Seperti Rawon, Sup Konro juga memiliki kuah berwarna cokelat kehitaman yang berasal dari biji kluwek pada campuran kuahnya.

Kuah sup yang kaya rasa, serta daging iga yang lembut membuat Sup Konro menjadi salah satu primadona hidangan khas Makassar. Sup ini juga seringkali dijumpai di restoran-restoran khas Makassar bersama dengan Coto Makassar.

10. Nasi Krawu

Sedikit ke pesisir utara Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba Nasi Krawu. Nasi Krawu ialah makanan khas kota Gresik, yang terdiri dari nasi putih pulen, suwiran daging ayam atau sapi, semur daging, jeroan sapi, dan sebagai pelengkap, sambal terasi serta serundeng, taburan kelapa parut yang berwarna khas kuning dan oranye, di atasnya. Di beberapa kedai Nasi Krawu, hidangan yang disajikan di atas daun pisang ini dilengkapi dengan kuah kaldu daging secara terpisah. Tergantung selera Anda, mau menyantapnya dengan kuah atau tidak?

Nah, sudah punya kan, list makanan-makanan menggoda khas Nusantara? Siap berkeliling Indonesia dan mencicipi semuanya? Atau bahkan Anda sudah punya favorit dari daftar-daftar di atas? Ceritakan di kolom komen bawah ya!