10 Makanan Sunnah yang Hendaknya Diamalkan

By |2018-11-07T06:32:52+00:00February 17th, 2017|Culinary, Lifestyle|Comments Off on 10 Makanan Sunnah yang Hendaknya Diamalkan

Source: syamil hamdan

Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari benda-benda yang baik (yang halal) yang telah Kami berikan kepada kamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika betul kamu hanya beribadat kepadanya. (Al-Baqarah: 172)

Sebagai umat Muslim, menjaga kualitas dan kebersihan makanan merupakan salah satu bentuk ibadah. Dalam konsumsi sehari-hari, makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, serat dan mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, di antara makanan yang diciptakan dan dihalalkan untuk di konsumsi, beberapa dari mereka disebutkan dalam Alquran dan sunnah hukumnya. Bahkan, banyak dari jenisnya merupakan makanan kesukaan dari Rassululah SAW.

Nah, apa saja makanan-makanan itu? Berikut 10 jenis makanan sunnah menurut Alquran.

1. Kurma


Source: 3112014

Kurma banyak disebut dalam Alquran dan juga dikenal sebagai salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Beliau sering memakan kurma dengan mentimun dan juga menggunakan kurma sebagai pemanis minuman. Selain itu, kurma juga sudah terbukti kaya akan mineral, vitamin dan serat. Mengkonsumsi kurma secara teratur dapat mengurangi gejala maag, memperlancar pencernaan, memperkuat daya ingat serta menenangkan saraf.

2. Buah Zaitun


Source: Coulour

Minyak dari buah zaitun sudah sering disarankan oleh Nabi Muhammad SAW berkhasiat untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Selain itu, pohon zaitun sendiri sudah disebut-sebut sebagai tanaman yang diberkati oleh Alquran. Buah zaitun mengandung 4 jenis vitamin dan merupakan bahan masakan yang enak dan bergizi. Minyak zaitun dipercaya baik untuk kesehatan rambut dan kulit, menawarkan racun, membunuh cacing dalam perut, mengobati diabetes dan banyak lagi.

3. Madu Lebah Murni


Source: Polly dot

Madu yang dihasilkan oleh lebah dan tidak diberi campuran apapun dijanjikan oleh Alquran sebagai obat mujarat bagi segala macam penyakit. Faktanya, penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa madu kaya akan antioksidan, merupakan antiseptik alami, dan juga sumber vitamin dan protein nabati. Dalam mengobati penyakit, madu dipercaya dapat menetralkan racun dalam organ hati, menyembuhkan luka dan menghaluskan kulit, dan juga sumber energi natural.

4. Susu Kambing


Source: Ken Mayer

Susu merupakan makanan yang dihadiahkan Allah kepada manusia, karena selain rasanya nikmat, susu juga mengandung nutrisi yang lengkap. Nabi Muhammad SAW terutama menyukai susu kambing segar yang habis diperah. Susu kambing memiliki kandungan nutrisi dua kali lipat dari susu sapi, dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Susu kambing konon katanya mampu membantu menyembuhkan masalah seperti asma, susah tidur, rematik, dan memperkuat tulang.

5. Buah Anggur dan Kismis


Source: Republika

Ladang anggur merupakan ladang sumber berkat dalam Alquran. Nabi Muhammad SAW juga menyarankan mengkonsumsi buah anggur dan kismis dari buah anggur. Disebutkan mengkonsumsi kismis dapat mengurangi lendir, menyehatkan badan, mempercantik kulit, menguatkan saraf dan menghilangkan lelah. Sedang buah anggur kaya akan zat glukosa alami yang baik untuk menyembuhkan penyakit dalam seperti diabetes, asam urat, dan sembelit.

6. Habatus Sauda


Source: Philipp Alexander

Habatus Sauda difirmankan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai obat semua penyakit, kecuali kematian. Biji hitam Habatus Sauda merupakan biji dari tanaman Nigella Sativa yang berasal dari arab. Di Indonesia, Habatus Sauda dikenal sebagai jintan hitam, dan minyak yang diekstrak dari biji hitam tanaman ini lah yang digunakan sebagai obat mujarab. Minyak dari Habatus Sauda dipercaya bisa menyehatkan pencernaan, memperlancar ASI, menyembuhkan penyakit pernafasan, menetralkan alergi, juga membuat tubuh bugar dan menghilangkan rasa lelah.

7. Roti Gandum


Source: gardenews

Roti merupakan salah satu makanan pokok tertua yang telah dituliskan di Alquran. Roti yang terbuat dari gandum juga kaya akan serat, mengandung karbohidrat yang sehat serta mengenyangkan. Nabi Muhammad bersabda bahwa hendaknya kita menghormati roti dan tidak memotong menggunakan pisau, tetapi mengeratnya dengan tangan.

8. Biji Barley


Source: Babylass

Biji Barley dikenal sebagai salah satu jenis gandum-ganduman yang rendah kalori, dan juga mengandung vitamin serta serat sehat. Apabila dikonsumsi, air rebusan barley berfungsi untuk mendinginkan badan, mencegah panas dalam, mengobati diabetes dan menjaga kesehatan gigi. Alkisah menyebutkan Nabi Muhammad SAW pernah menggunakan barley untuk mengobati demam tinggi.

9. Garam


Source: Dubravko Sorić

Garam disebut sebagai salah satu dari empat berkah yang diturunkan ke bumi melalui hujan. Garam juga merupakan penghulu dari segala macam lauk. Dalam kehidupan sehari-hari, garam bermanfaat besar dan juga merupakan penyedap makanan yang tidak bisa dihilangkan. Amalan dari Nabi Muhammad SAW untuk mengkonsumsi sejumput garam sebelum dan sesudah makan, juga terbukti secara ilmiah ampuh untuk menangkal racun dan melancarkan pencernaan.

10. Labu


Source: PublicDomainPicture

Anas bin Malik pernah menceritakan bahwa suatu ketika Nabi Muhammad SAW diundang ke perjamuan. Disana beliau dihidangkan roti gandum, daging bakar dan kuah labu. Konon Nabi Muhammad SAW mencari-cari labu dalam sup tersebut dan menyukai rasanya. Labu banyak memiliki beta karoten, mineral, vitamin A,C,E, karbohidrat dan juga antioksidan tinggi. Labu juga terbukti baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu yang sedang menyusui dan menjadi makanan pendamping ASI bagi balita.

Demikianlan 10 jenis makanan yang Sunnah menurut Alquran dan Sabda Rasulullah. Mengkonsumsi makanan-makanan ini selain bermanfaat besar bagi tubuh, juga menambah amalan ibadah sebagai umat muslim. Dengan memahami Alquran dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, maka niscaya hidup akan semakin damai, sehat dan tentram.

Selamat menunaikan ibadah dan menjalani hidup sesuai tuntunan  hidup Nabi Muhammad SAW.