10 Makanan Enak Di Bandung yang Unik dan Wajib Anda Coba

By |2018-11-08T01:34:38+00:00January 27th, 2017|Culinary, Lifestyle, Trip and Travel|Comments Off on 10 Makanan Enak Di Bandung yang Unik dan Wajib Anda Coba

Source: Brian Chan

Bandung tidak hanya dikenal dengan tempat-tempat wisatanya. Jika jalan-jalan ke Ibu Kota Jawa Barat ini, Anda juga wajib mencicipi berbagai kuliner khas-nya. Mulai dari snack atau makanan ringan yang bisa Anda temui di pinggir jalan, hingga menu-menu khas yang disajikan restoran-restoran. Untuk harga, sangat beragam. Tidak perlu khawatir akan merogoh kocek dalam-dalam, Anda bisa menikmati makanan asli Kota Kembang dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan.

Bagaimana, tertarik? Yuk cek apa saja makanan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bandung.

1. Nasi Goreng MAFIA

Dari namanya, Anda pasti sudah menebak-nebak bagaimana kira-kira menu Nasi Goreng Mafia ini. Istilah “mafia” sebenarnya merupakan singkatan dari Makanan Favorit Indonesia. Cukup kreatif, bukan? Selain namanya yang sangat menjual, makanannya pun sangat recommended. Sesuai namanya, nasi goreng menjadi menu andalah tempat makan ini.

Tidak seperti nasi goreng biasanya, Nasi Goreng Mafia diolah dengan tambahan rempah istimewa. Macamnya beragam, dan unik nama menunya seperti nasi goreng Godfather, nasi goreng Yakuza, nasi goreng Brandal, nasi goreng Preman, dan lain-lain. Nasi goreng ini sudah memiliki beberapa cabang. Di Bandung, Anda bisa menemukan di Jl. Dipati Ukur 51, Bandung. Harganya cukup terjangkau yakni antara Rp 15.000,00 – Rp 35.000,00.

2. Cilok

Orang Bandung terkenal sangat kreatif. Tidak heran, jajanan di Bandung terus mengalami inovasi. Untuk cilok atau aci dicolok, memang sudah lama ada. Tetapi variasinya terus berkembang. Dari mulai penyajiannya yang semakin beragam, dengan hanya dikukus, digoreng hingga dibakar. Begitu pula dengan isiannya, dari telur puyuh, daging sapi hingga pedro atau pedas na jero (Bahasa Sunda untuk pedas di dalam).

Untuk 1 porsi cilok sangat terjangkau. Dengan hanya Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati chewy-nya jajanan ini ditambah bumbu kacangnya yang lezat.

3. Seblak

Berasal dari Bahasa Sunda “seblak” yang memiliki arti mengagetkan, terinspirasi dari rasanya yang memang pedas menggigit di lidah. Seblak kini menjadi jajanan yang tidak boleh dilewatkan saat ke Bandung. Walaupun saat ini Anda bisa menemukan menu khas Bandung ini di berbagai daerah, tetapi mencicipi makanan di daerah asalnya tentu akan memberikan sensasi yang berbeda.

Saat ini, seblak dijual dengan dua macam varian yaitu seblak basah dan seblak goreng. Dengan merogoh kocek hanya Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati pedas dan nikmatnya makanan berbahan dasar kerupuk ini.

4. Ulukuteuk Leunca

Ulukuteuk leunca bisa Anda temui baik di restoran-restoran maupun warung makan pinggir jalan di Kota Bandung. Rasanya sangat lezat, perpaduan oncom dan leunca dengan taburan daun kemangi akan begitu menggoda selera. Makanan khas Bandung yang satu ini sangat cocok jika disantap dengan nasi yang masih hangat.

5. Rujak Cuka

Rujak cuka merupakan asinan khas Bandung. Makanan ini terdiri dari sayuran seperti kol, timun dan buah-buahan, ditambah kacang tanah goreng, cabe yang sudah ditumbuk, kemudian disiram cuka. Rasanya asam, manis dan pedas, sangat cocok dinikmati di kala siang.

6. Surabi

Apabila ke Bandung belum lengkap rasanya menikmati surabi Bandung. Terbuat dari tepung beras dan campuran santan, kue basah yang satu ini sebenarnya sangat mirip dengan pancake. Perbedaannya, surabi dimasak di atas tungku dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Cara pembuatannya yang masih sangat tradisional ini yang membuat cita rasa surabi masih tetap terjaga.

Saat ini, rasa surabi pun sudah beragam dari mulai yang original hingga rasa duren. Tidak ketinggalan pula dengan topping-nya, ada keju, cokelat, meises, dan lain sebagainya.

7. Sate Kambing Pak Gino

Sate kambing yang beralamat di Jalan Sunda No 76, Bandung ini sangat unik dan tidak biasa. Tidak seperti sate pada umumnya, sate kambing Pak Gino disajikan di atas hot plate sehingga rasa dan aromanya terasa lebih sedap. Dagingnya empuk dan lembut, sangat cocok dinikmati dengan nasi panas dan teh manis hangat.

Harga sate kambing ini berkisar antara Rp 10.000,- hingga Rp 50.000,- saja.

8. Sosis di Rumah Sosis

Ingin mencoba berbagai varian sosis? Di Rumah Sosis di Jalan Jl. Raya Lembang No. 177, Anda dapat menikmati berbagai macam olahan sosis. Sosis sapi, ayam, hingga sosis ikan tersedia di tempat makan ini. Selain menikmati makanan dengan bahan utama sosis.

Dengan harga mulai dari Rp 10.000, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai olahan sosis di Rumah Sosis.

9. Pino Pizza

Selain pizza khas Italia, di Bandung Anda bisa mencicipi pizza khas Kota Parahyangan. Pizza Pino namanya. Berlamat di Jalan Buah Batu, Anda bisa mencoba berbagai macam jenis pizza dengan harga mulai dari Rp 45.000,- saja. Selain itu, Pino Pizza juga memiliki varian pizza yang unik yaitu pizza manis sebagai ciri khasnya.

10. Iga Bakar Si Jangkung

Ada rencana ke Bandung? Iga Bakar Si Jangkung wajib ada di daftar tempat yang harus Anda kunjungi. “Si Jangkung” sendiri merupakan julukan bagi si pemilik tempat makan ini karena postur badannya yang tinggi atau jangkung.

Berbeda dengan iga bakar kebanyakan, menyantap Iga Bakar Si Jangkung tidak bertulang. Dagingnya sangat empuk dengan taburan bawang merah, cabe rawit atau tomat. Tertarik? Datang saja ke Jalan Cipaganti No.75, Kota Bandung, buka dari 5 sore hingga jam 12 malam. Yum! Bandung memang juara nih kalau soal kuliner.