10 Langkah Memilih Cincin Pertunangan Agar Bisa Kamu Kenakan Seumur Hidup

By |2018-11-08T01:29:45+00:00January 28th, 2017|Family, Love|Comments Off on 10 Langkah Memilih Cincin Pertunangan Agar Bisa Kamu Kenakan Seumur Hidup

Source: dag-mahO

Meski bukan rukun maupun syarat sah pernikahan, keberadaan cincin pertunangan menjadi simbol yang yang diakui oleh masyarakat. Maka tak salah jika ketika hendak memilih cincin pertunangan, kamu pasti bingung. Terlebih karena banyaknya bentuk, bahan dan motiv yang tersedia. Jadi kamu bakal bingung memilihnya jika tanpa persiapan. Untungnya, ada 10 tips yang bisa kamu aplikasikan untuk memilih cincin pertunangan:

1. Cari referensi dulu sebelum beli

Source: fancycrave1

Saking banyaknya model dan motif yang tersedia, memilih cincin pertunangan jadi makin membingungkan. Belum juga pertimbangan budget dan bahan yang digunakan. Jadi sebelum kamu menjalankan tips-tips berikutnya, ada baiknya kamu cari tahu dulu tentang cincin tpertunangan. Dua bulan sebelum kamu melangsungkan pertunangan, kamu bisa cari tahu dulu. Memikirkan dulu dan mencari yang paling cocok bisa kamu lakukan dengan waktu yang cukup.

2. Target budget yang akan kamu keluarkan

Source: martaposemuchel

Berapapun budget yang hendak kamu gunakan untuk cincin pertunangan, cincinya pasti tersedia. ada beragam harga cincin pertunangan, semuanya tergantung berbahan apa. Emas putih, emas kuning, yang dengan tambahan permata atau yang lainya. Semua tergantung selera dan budget yang kamu tetapkan. Tak perlu memaksakan diri. Masih ada banyak hal yang butuh biaya selama pernikahan. Cukup siapkan budget 3 hingga 10 juta.

3. Pikirkan model yang bisa kamu kenakan hingga 20 tahun lebih

Source: skeeze

Siapapun yang menikah tentu berharap tidak akan pernah cerai bukan. Maka cincin pertunangan yang kamu pilih juga berharap bisa kamu gunakan selamanya. Tentu kamu juga tak ingin bukan jika cincin pertunangan yang bakal kamu gunakan dalam waktu lama itu ketinggalan model. Atau modelnya terlalu usang. Jadi ketika hendak membeli, pikirkan rencana 20 tahun kedepan. Cincinya bakal masih nyaman dipakai tidak. Jangan Cuma ikut tren.

4. Pilih yang simpel dan nyaman dipakai

Source: Niky_filipofa

Jangan terlalu memikirkan kemewahanya. Cincin pertunangan bakal kamu kenakan setiap saat. Jadi kamu harus memikirkan tingkan kenyamanan dan kesimpelanya. Biasanya banyak yang akan menyarankan untuk memilih cincin pertunangan dengan warna putih yang dilengkapi berlian berbentuk bulat. Bentuk semacam ini biasanya memantulkan sinar yang lebih bagus ketimbang yang bersudut.

5. Lakukan final fitting

Source: BattershellTactical

Setelah kamu menentukan pilihan yang tepat untuk cincin pertunangan kamu, silakan lakukan final fitting atau pengukuran cincin pertunangan. Usahakan kamu mengukur cincin dalam kondisi tubuh normal dan tenang. Jangan mengukur di pagi hari atau sesaat setelah melakukan olahraga. Sebab di pagi hari biasanya jari-jari kamu lebih besar ketimbang dalam kondisi normal. Hal ini karena kandungan garam dalam tubuh sisa di malam hari.

6. Sesuai dengan bentuk jari

Source: Meditations

Intinya pilih yang pas. Cincin pertunangan tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Apalagi kalau kamu memiliki ukuran jari yang kecil. Maka ada baiknya kamu tidak beli cincin pertunangan dengan bentuk yang melebar. Sebab bentuk yang melebar biasanya bisa menyebabkan jari kamu makin terlihat kecil. Sehingga kurang pantas dan nyaman untuk dilihat.

7. Pilihlah yang mudah dibersihkan

Source: MianShahzadRaza

Cincin pertunangan biasanya akan selalu terpasang di jari manis kamu. jadi sangat rentan terkena debu dan kotoran lain. ada baiknya jika kamu memilih yang mudah untuk dibersihkan. Atau kalau kamu memang sudha terlanjur jatuh hati dengan cincin pertunangan dengan bentuk rumit untuk dibersihkan, pastikan kalau toko dimana kamu membelinya mampu memberikan jasa perawatan dan pencucian perhiasan.

8. Khusus Untuk Cincin platinum

Source: MianShahzadRaza

Jika kamu sudah memilih cincin pertunangan dengan bentuk platinum, ada baiknya kamu hindari mengenakanya ketika sedang melakukan pekerjaan yang berat dan kasar. Juga pada saat olahraga. Biasanya bahan platinum mudah sekali tergores. Atau kalau tempat kerja kamu adalah yang berhubungan dengan zat kimia yang mengandung klorin, seperti pemutih pakaian, zat disinfektan di kolam renang atau pembersih, hindari mengenakanya. Copot dulu saja.

9. Pilih toko yang tepat

Source: WDnetstudio

Ada banyak toko perhiasan yang menyediakan cincin pertunangan yag bisa kamu kunjungi. Tapi ada baiknya jika kamu memilih toko perhiasanya dengan pelayanan yang lengkap pula. Ada baiknya kamu pilih yang memiliki jasa pengecilan dan pembesaran ukuran cincin. Termasuk juga menyediakan jasa pencucian dan pemolesan tambahan biar kamu tak repot dikemudian hari.

10. Kadar Emas

Source: MasterTux

Umumnya, para pasangan suami istri lebih menyukai menggunakan cincin emas dengan kadar 18 karat. Bukan yang 24 karat. Kadar 18 karat memiliki kandungan emas murni sebesar 75 persen. Sehingga sangat nyaman dan bentuknya tak berubah ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sementara kalau kadarnya 24 karat, umumnya mengandung logm lunak sehingga kurang cocok untuk cincin pertunangan karena mudah berubah bentuk.

Terlepas dari cincin pertunangan mana yang kamu pilih, menjaga keharmonisan keluarga jauh lebih penting.