10 Kebiasaan Unik Orang Sunda Ini Mungkin Tidak Kamu Sangka

By |2018-11-05T22:00:30+00:00June 25th, 2018|Lifestyle|Comments Off on 10 Kebiasaan Unik Orang Sunda Ini Mungkin Tidak Kamu Sangka

Source: Inna Dee

Indonesia punya banyak suku bangsa dan budaya dari Sabang sampai Merauke. Tak heran jika setiap suku bangsanya memiliki adat istiadatnya tersendiri. Salah satu suku yang ada di Indonesia terutama di pulau Jawa adalah suku Sunda yang mendiami wilayah Jawa Barat. Suku sunda memang dikenal sebagai salah satu suku yang juga menjungjung tinggi adat dan kebudayaannya. Tidak Cuma itu, mereka juga punya kebiasaan unik yang mungkin tidak kamu sangka. Tak percaya? Simak saja ulasannya berikut ini.

1. Hobi Makan Sambal Dan Lalapan

Source: Wikimedia

Tiada hari tanpa sambal dan lalapan untuk orang Sunda karena mereka sangat gemar bahkan memiliki kebiasaan untuk menyantap lalapan dan sambal setiap hari. Meskipun bukan hanya orang sunda saja yang gemar menyantap sambal, kecintaan orang sunda pada sambal dan lalapan tidak ada yang menyaingi. Coba saja datang berkunjung ke rumaha makan atau restoran sunda, kamu pasti akan menemukan berbagai menu lengkap dengan berbagai jenis sambal dan lalapan.

2. Sulit Membedakan Huruf F dan P

Kebiasaan yang unik dan bisa dibilang lucu dari orang sunda adalah sulitnya mereka melafalkan huruf F dan menggantinya dengan huruf P. Kebiasaan ini sebenarnya muncul karena huruf F atau P memang tidak ada dalam huruf atau aksara tradisional suku Sunda. Misalnya saja kata fitnah biasanya akan disebut dengan kata pitnah dan fasih dengan kata pasih. Nama seseorang yang indah bisa jadi aneh kalau begini ya guys, coba saja kalau namau Farah atau Fatin malah bisa berubah jadi parah atau patin. Repot juga ya!

3. Tidak Suka Merantau

Source: Unsplash

Jika orang-orang saat ini suka dan gemar merantau untuk belajar atau bekerja, orang sunda malah tidak begitu suka merantau meskipun sekarang banyak juga yang melakukannya. Mungkin karena mereka terlalu cinta dengan tanah kelahirannya dan enggan meninggalkan rumah. Jadi banyak pemuda atau orang sunda dewasa yang lebih suka menetap didaerah apalagi kota Bandung yang merupakan ibukota Jawa Barat saat ini tak kalah ramai dari Jakarta.

4. Sangat Relijius

Source: Tanti Ruwani

Soal ibadah dan agama, bisa dibilang orang Sunda adalah yang nomor satu terutama di Indonesia karena mereka sangat mengutamakan ibadah khususnya shalat. Biarpun bukan orang sunda saja yang rajin beribadah, orang Sunda tetap harus dapat pujian karena mereka tak sungkan untuk meninggalkan pekerjaannya hanya untuk shalat dan beribadah apalagi jika kita melihat banyak ulama yang lahir dari tanah sunda ini. Jempol deh untuk kebiasaan yang satu ini!

5. Logat Bicara Yang Kental

Source: Seika

Mengenali orang sunda saat berbicara itu seperti melihat bulan saat purnama alias sangat mudah dilakukan karena logat bicara mereka yang sangat khas dan kental. Karena punya logat yang demikian kental, orang Sunda akan sangat mudah dikenali meskipun mereka menggunakan bahasa Indonesia. Terutama jika mereka menambahkan kata atuh, sok, pisan dan lainnya. Siapa yang tak kenal kalau sudah begini!

6. Suka Melucu

Selain terkenal memiliki paras yang rupawan, orang sunda juga punya kebiasaan unik yakni suka melucu. Lihat saja komedian tenar yang ada di Indonesia seperti Sule yang merupakan orang Sunda. Tidak hanya Sule saja, para pemuda dan warga sunda memang gemar bercanda bahkan pejabat dan kapala daerahnyapun demikian. Lihat saja celotehan Kang Emil atau Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang gemar memposting kata-kata lucu di sosial medianya.

7. Dilarang Nikah Dengan Orang Jawa

Source: Isna Menneveux

Ada satu mitos yang sering kita dengar terkait pernikahan orang sunda yakni larangan wanita sunda menikah dengan pria jawa. Hal ini sebenarnya merupakan akibat dari sejarah masa lalu dimana kerajaan Majapahit dari Jawa telah tega membunuh raja Pajajaran dan menyebabkan tewasnya putri mereka saat itu. Oleh sebab itulah dendam masa lalu masih terbawa hingga kini. Meskipun demikian, saat ini banyak juga pasangan Jawa Sunda yang menikah, ko!

8. Nama Yang Unik

Source: Din Afriansyah

Kalau orang Bali terkenal dengan nama seperti Made dan wayan, orang Sunda juga punya nama yang tak kalah unik seperti Asep dan Cecep untuk para pria dan Lilis atau Eneng untuk wanita.  Ada banyak sekali pemuda sunda yang menggunakan nama ini bahkan ada sebuah persatuan atau organisasi dimana semua orangnya bernama Asep. Keunikan dan kebiasaan memberikan nama yang berulang-ulang juga dimiliki oleh orang sunda seperti nama Wawan Hermawan, Didi Mulyadi, Asni Pujiasni dan lain sebagainya.

9. Sangat Ramah Dan Murah Senyum

Source: Jean Marie Hullot

Orang sunda juga punya kebiasaan baik yang diakui banyak orang yakni sifatnya yang ramah dan murah senyum bahkan kepada orang asing yang belum mereka kenal. Jadi jika kamu berjalan-jalan di daerah Jawa Barat seperti bandung, jangan heran jika ada orang asing yang tersenyum atau menyapamu dengan sebutan eneng atau kang , ya!

10. Suka Hidup Santai

Source: Riky Kurniawan

Berbeda dengan orang Jawa yang terlihat lebih serius dan pekerja keras, orang Sunda justru terlihat hidup nyantai cenderung malas tapi tetap kreatif dan banyak akalnya. Contohnya bisa kamu lihat pada pribadi si kabayan yang sudah melegenda di Indonesia. Meski hidup nyantai, orang Sunda tetap punya etos kerja yang tinggi lho, lihat saja banyak pengusaha dan orang sunda yang saat ini telah sukses dibidangnya masing-masing.

Itulah beberapa kebiasaan unik orang sunda yang mungkin tidak kamu sadari. Kamu sendiri tahu kebiasan unik orang sunda yang lainnya tidak? “Keep the good habit and leave the bad one, Guys”