10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

By |2018-11-08T02:57:21+00:00February 18th, 2017|Family, Health|Comments Off on 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Ibu Hamil

PregnancySource: Tobias Lindman

Di awal masa kehamilan, seorang wanita sudah harus menjaga dirinya baik fisik maupun mental agar janin di dalam kandungan yang masih sangat muda dapat berkembang dengan baik. Ada banyak sekali larangan atau pantangan yang wajib dihindari sejak kehamilan masih dalam trimester pertama hingga trimester terakhir. Namun, ada beberapa di antaranya yang mungkin masih tidak terpikirkan atau bahkan disepelekan oleh ibu hamil sehingga akan membahayakan janin di dalam kandungannya. Nah, berikut ini adalah 10 larangan bagi ibu hamil yang wajib Anda ketahui.

1. Memakan buah durian


Source: Eugene Kim

Buah durian memang memiliki banyak penggemar, termasuk para wanita. Tak jarang wanita yang sedang hamil “membela diri” dengan alasan “ngidam” agar diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah durian. Padahal seharusnya ibu hamil sudah tahu bahwa buah durian dapat membahayakan janin karena dalam kadar tertentu kandungan asam arachidonat dalam buah durian akan memancing kontraksi sehingga dapat mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Selain itu, buah durian juga mengandung alkohol sehingga tidak baik bagi kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi durian atau bahan olahannya untuk menjaga keselamatan Anda dan calon bayi Anda.

2. Merokok atau dekat dengan asap rokok


Source: eko susanto

Bahaya rokok bagi janin juga sudah banyak diketahui. Namun, memaksakan diri untuk tidak merokok selama hamil tentunya merupakan hal yang sangat sulit jika Anda adalah seorang perokok berat. Bahkan asap rokok juga sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan seorang perokok pasif sekalipun. Bahaya asap rokok bagi janin sangat banyak, di antaranya dapat menyebabkan kelahiran prematur, gangguan pernafasan pada bayi, berat badan bayi rendah, hingga kematian janin. Jika Anda bukan perokok, Anda tetap harus berusaha menghindari asap rokok yang ada di sekitar Anda dan mintalah pasangan Anda untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan dan keselamatan Anda serta janin di dalam kandungan.

3. Menggunakan obat-obatan tertentu


Source: EmilianDanaila

Tahukah Anda bahwa beberapa obat dengan kandungan tertentu sangat berbahaya bagi ibu hamil? Beberapa kandungan obat yang berbahaya bagi janin di antaranya adalah obat-obatan yang mengandung antibiotik, obat inhalasi untuk asma yang mengandung steroid, obat maag, obat sembelit dan lain-lain. Inilah kenapa sering kali ada anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh sakit dan harus menjaga kesehatannya dengan baik karena akan sangat sulit mengobati ibu hamil tanpa membahayakan janin yang dikandungnya. Obat-obatan di sini bahkan termasuk pengobatan dengan kemoterapi, ronsen, obat nyamuk juga skin care. Jika Anda mengalami sakit saat hamil, sebaiknya jangan lupa untuk menyebut kondisi Anda yang sedang hamil agar dokter bisa meresepkan obat yang aman bagi kandungan Anda.

4. Mengkonsumsi makanan yang tidak matang


Source: RitaE

Anda suka memakan salad yang biasanya diolah secara mentah? Atau Anda penggemar telur setengah matang? Sebaiknya di saat hamil hindarilah memakan makanan yang tidak atau kurang matang karena akan membahayakan kesehatan janin. Bahan makanan yang diolah tanpa proses pemanasan dengan suhu tinggi tidak mampu mematikan bakteri yang terdapat di dalamnya sehingga bakteri ini dapat menjangkiti janin Anda. Bayi yang sudah terkontaminasi bakteri bisa lahir dengan cacat dan bahkan dapat menyebabkan kematian janin. Infeksi bakteri pada janin juga merupakan salah satu penyebab kematian janin di dalam kandungan yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya tahan dulu kehendak Anda untuk mengkonsumsi makanan mentah hingga bayi Anda lahir.

5. Menggunakan sepatu hak tinggi


Source: Pexels

Hal ini mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya karena Anda memang sudah terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi setiap hari. Namun jika Anda sedang hamil, sebaiknya hindarilah menggunakan sepatu hak tinggi sedapat mungkin karena akan mengganggu kesehatan Anda di saat hamil. Memang menggunakan sepatu hak tinggi tidak secara langsung akan mencelakakan janin Anda. Hanya saja penggunaan sepatu hak tinggi dapat mengakibatkan beberapa kondisi fisik yang tidak baik bagi kesehatan. Misalnya seperti kaki bengkak, nyeri pada syaraf, varises, dan bahkan sakit punggung yang berlebihan. Kenakan sepatu yang senyaman mungkin di saat hamil agar kesehatan Anda tidak terganggu. Sakit di saat hamil akan sangat menyusahkan Anda dan pasangan.

6. Stress yang berlebihan


Source: MasimbaTinasheMadondo

Bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga, namun kesehatan mental pun juga sangat penting dijaga di saat hamil. Memang stress di saat hamil sangat sulit untuk dihindari karena biasanya ibu akan mengalami kondisi yang membuatnya tidak nyaman selama masa kehamilan. Tapi sebisa mungkin kendalikan stress Anda dan cobalah untuk tidak berada dalam stress berkepanjangan karena stress dapat memberi efek jangka panjang pada bayi Anda. Dampak stress bagi janin di dalam kandungan biasanya adalah kerusakan otak permanen, terganggunya asupan oksigen dan makanan yang diperoleh janin melalui plasenta, hingga kelahiran prematur. Cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter jika stress yang Anda dirasakan sudah sangat membahayakan kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan.

7. Meminum minuman bersoda dan beralkohol

BeerSource: WDnetStudio

Minuman bersoda dan berakohol termasuk jenis minuman yang sangat dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan sakarin atau pemanis buatan yang berlebihan yang biasanya terdapat di dalam minuman bersoda dan beralkohol mampu membuat bayi Anda terlahir cacat. Selain itu, kadar kafein yang tinggi juga dapat mengakibatkan kecanduan dan dalam kadar berlebih akan mengakibatkan kelahiran prematur. Minuman bersoda dan beralkohol juga dipercaya mampu memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sangat membahayakan keselamatan janin. Jadi hentikan mengkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol selama hamil dan menyusui demi keselamatan bayi Anda.

8. Diet


Source: mojzagrebinfo

Di saat hamil, kondisi fisik wanita mengalami banyak sekali perubahan. Salah satunya adalah bentuk tubuh yang menjadi semakin gemuk. Namun jangan khawatir karena sesungguhnya hal tersebut adalah hal yang sangat normal. Di saat hamil, wanita harus mengkonsumsi makanan yang cukup untuk memberikan asupan yang memadai bagi janin yang dikandungnya sehingga sangatlah wajar jika wanita hamil makan banyak. Jangan batasi atau kendalikan nafsu makan Anda di saat hamil, terlebih jika penyebabnya adalah karena Anda tidak ingin terlihat gemuk. Jika Anda tetap melakukan diet selama masa kehamilan, maka janin yang sedang Anda kandung bisa mendapat kurang asupan nutrisi yang akan berpengaruh buruk terhadap proses perkembangannya. Jadi, tahan dulu keinginan Anda untuk berdiet selama masa kehamilan, ya!

9. Berhuhungan intim yang terlalu heboh


Source: sasint

Berhubungan intim dengan pasangan pun akan terasa berbeda di saat Anda sedang berbadan dua. Anda yang tadinya bisa melakukan posisi apapun dengan pasangan, di saat hamil tentu saja Anda harus membatasinya. Berhubungan intim di masa kehamilan memang tidak dilarang. Namun, hindarilah posisi tertentu yang akan membahayakan kondisi janin (misalnya yang membuat perut terhimpit). Selain itu, tetap perhatikan faktor kebersihan di saat sedang berhubungan intim karena jangan sampai Anda tekena penyakit yang disebabkan oleh bakteri tertentu karena Anda berhubungan intim dengan cara yang tidak bersih dan tidak sehat. Bagaimana pun juga, jangan berhubungan intim yang terlalu heboh dan liar demi keselamatan janin Anda.

10. Memakai pakaian yang terlalu ketat

Alick SungSource: Alick Sung

Meskipun sedang hamil, Anda tentu tetap ingin terlihat modis. Namun untuk tampil modis, kadang tanpa disadari Anda akan mengorbankan rasa nyaman Anda. Berpakaian yang terlalu ketat sesungguhnya terasa sangat tidak nyaman, bahkan di saat Anda sedang tidak berbadan dua sekalipun. Apalagi di saat kondisi Anda sedang hamil. Anda akan mudah merasa gerah dan sesak akibat bahan baju yang terlalu menjepit tubuh Anda. Di saat hamil, sebaiknya hindarilah out fit yang akan membuat Anda tidak nyaman karena bagaimana pun juga, di saat hamil rasa nyamanlah yang harus diutamakan. Anda memang tidak wajib mengenakan baju hamil. Namun setidaknya jangan mengenakan baju yang akan membuat Anda gelisah sepanjang hari.

Itulah 10 hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil yang patut menjadi perhatian Anda dan pasangan. Sesungguhnya ada banyak sekali larangan dan pantangan untuk ibu hamil. Hanya saja, hal-hal di atas ini merupakan beberapa point terpenting yang harus Anda hindari di saat hamil.