10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Dapur Idaman

By |2018-11-07T02:58:59+00:00February 27th, 2017|Lifestyle|Comments Off on 10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Dapur Idaman

Source: Shadowfireart

Sebagai salah satu ruangan yang penting dalam rumah, dapur punya fungsi utama dalam mempersiapkan hidangan yang dikonsumsi sehari-hari dan setiap orang tentunya ingin memiliki dapur idaman masing-masing. Sebuah dapur idaman biasanya memiliki desain dan pelengkap yang tidak biasa atau bisa dikatakan unik. Lalu, jika ingin membuat sebuah dapur idaman, hal-hal apa sajakah yang perlu kita ketahui? Simak ulasannya berikut ini!

1. Desain Yang Sempurna Dan Detail

Untuk mewujudkan sebuah dapur idaman hal pertama yang harus dipikirkan adalah desain serta penataan ruangan. Desain dapur idaman tentunya harus detail dan disesuaikan dengan banyak faktor misalnya perpaduan warna lantai, dinding, kabinet, meja makan dan hal-hal lainnya dalam dapur. Jika ingin desain dapur idaman yang simple kamu bisa memadukan warna dapur yang putih dengan lantai berwarna gelap seperti kecoklatan atau abu-abu. Jika ingin suasana lebih hidup, lantai dan dinding dapur juga bisa dibuat berwarna-warni.

2. Lantai Dan Dinding Yang Bersih

Dapur idaman tak akan lengkap tanpa kondisi lantai dan dinding yang bersih. Untuk menjaga kebersihan dapur jangan malas untuk melakukan perawatan secara rutin dan pastikan kamu membersihkan setiap peralatan masak, kompor dan perkakas lainnya di dalam dapur. Singkirkah segala hal yang tidak berkaitan dengan kebutuhan memasak dalam dapur dan simpanlah diruang lainnya.

3. Pantry Yang Terorganisir

Mengorganisir pantry sebagai tempat meletakkan bahan-bahan memasak juga penting untuk menciptakan dapur idaman. Meskipun dapur yang kamu miliki cantik dan unik, dapur tidak akan terlihat baik dan rapi jika botol-botol, kemasan, toples dan lainnya berserakan dimana-mana. Fungsikan kabinet dengan baik untuk menata semuanya dan buatlah kabinet yang mudah dijangkau dengan warna-warna halus seperti putih atau coklat.

4. Desain Tempat Cuci Piring

Tempat cuci piring atau kitchen sink juga bisa membuat dapur terlihat indah dan rapi. Pemilihan jenis keran dan wadah pencuci piring juga akan menambah nilai estetika suatu dapur. Jika ingin terlihat beda, kamu bisa memilih keran atau faucet dengan bentuk yang unik dan juga wadah yang terbuat dari tembaga atau lainnya atau meletakkan sebuah papan potong disebelah wadah cuci. Jagalah selalu kondisi tempat cuci piring dan jika bisa kosongkan selalu agar terlihat rapi.

5. Area Masak Yang Lebih Luas

Memiliki area memasak yang cukup luas dalam dapur akan memudahkanmu saat memasak dan saat membersihkannya. Meskipun saat memasak kamu membutuhkan ruang yang tidak terlalu besar tetap saja hal ini akan sangat bermanfaat. Saat mendesain dapur pastikan juga jarak antara meja atau tempatmu memasak tidak begitu jauh dari kitchen sink karena kamu akan lebih mudah mencuci berbagai bahan makanan dan juga membersihkan perkakas dapur sambil memasak.

6. Pengaturan Letak Perlengkapan Dapur

Meletakkan peralatan dapur dalam sebuah dapur idaman juga tidak boleh begitu saja atau sembarangan karena hal ini akan mengurangi kerapian dan keindahan dapur. Kamu bisa menyimpan peralatan masak secara beraturan dalam kabinet yang ada dalam dapur atau lemari khusus penyimpanan. Menyimpan alat dapur ditempat yang tersembunyi juga akan membuatnya lebih awet dan terjaga.

7. Dapur Yang Menyatu Dengan Ruang Lain

Agar suasana dapur lebih hidup kamu bisa menyatukan dapur dengan ruang lain seperti ruang tengah atau ruang menonton tv. Dapur yang menyatu dengan ruangan lain memungkinkan kamu berinteraksi dengan orang lain saat memasak atau mengawasi anak saat bermain. Tatalah ruangan sedemikian rupa dan meskipun menyatu sebaiknya berikan sekat atau meja untuk memisahkan ruangan dapur dengan ruangan lainnya.

8. Dekorasi Bunga Dan Tanaman

Siapa yang tak ingin memiliki dapur yang cantik dengan warna-warni menawan? Untuk mendapatkannya, kamu juga bisa meletakkan vas bunga atau pot tanaman yang akan membuat dapur nampak lebih sejuk dan rindang apalagi jika kamu bisa menciptakan sebuah vertical garden dalam dapurmu. Jika mungkin, gunakan bunga atau tanaman asli agar ruangan terlihat lebih segar. Dekorasi dapur dengan bunga dan tanaman tersebut tentu akan membuatmu betah berada di dapur dan membuat suasana memasak tidak pernah membosankan.

9. Desain Meja Makan

Jika ruangan dapur cukup besar ada baiknya jika kamu juga memiliki meja makan yang besar pula. Pilih meja dengan desain yang elegan dan disesuaikan dengan warna dinding atau lantai dapur. Meja dengan jumlah kursi yang banyak misalnya meja dengan delapan kursi juga akan sangat berguna saat ada keluarga atau tamu yang datang berkunjung.

10. Kompor Yang Cantik

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan saat mendesain sebuah dapur idaman yakni kompor dan tempat meletakkannya. Jika ingin memiliki dapur yang berbeda dan unik, kamu juga bisa memilih kompor dengan bentuk atau warna yang berbeda misalnya kompor dengan perpaduan warna hitam, emas atau biru. Sesuaikan juga warna kompor dengan warna kabinet atau warna perkakas lainnya dalam dapur agar terlihat lebih kontras.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang dapur idaman dan bagaimana mewujudkannya. Memang biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah dapur idaman tidaklah sedikit tapi memiliki dapur tersebut pastinya akan membuat suasana dalam rumah lebih menyenangkan. “Build and have your own dream kitchen”