10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 9 Minggu

By |2018-11-07T04:49:46+00:00January 17th, 2017|Family, Health|Comments Off on 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 9 Minggu

Source: Mirlidera

Banyak hal yang terjadi pada janin Anda di minggu ke-9 kehamilan ini. Selain berat dan ukuran janin yang semakin berkembang, organ-organ janin pun semakin bertumbuh. Semakin membesarnya janin juga memberikan banyak perubahan pada fisik calon ibu. Simak 10 hal penting berikut yang wajib Anda ketahui di usia kehamilan 9 minggu.

1. Janin berukuran sebesar buah zaitun

Source: stevepb

Di minggu ini, embrio dalam rahim Anda telah menjadi janin seutuhnya. Kini janin telah berukuran sebesar buah zaitun, atau memiliki panjang sekitar 2,3 cm. Berat dan ukuran janin akan terus berkembang dan organ dalam pun akan terus berkembang setiap harinya. Kini janin telah memiliki kelopak mata, dan jari kaki serta tangan semakin terlihat jelas.

2. Proses pembentukan tulang janin dimulai

Source: Myriams-Fotos

Di minggu ke-9 kehamilan ini, proses pembentukan tulang atau osifikasi pada janin telah dimulai. Mula-mula akan terbentuk tulang rawan pada janin, dan selanjutnya akan terbentu rangka pada tubuh janin. Untuk menunjang proses pembentukan tulang ini, sebaiknya calon ibu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu dan keju.

3. Alat kelamin janin mulai terbentuk

Source: Pexels

Di minggu ke-9 kehamilan ini, alat kelamin janin telah mulai terbentuk. Sayangnya, pada pemeriksaan USG masih belum bisa ditentukan jenis kelaminnya, apakah laki-laki atau perempuan. Tunggulah beberapa minggu lagi untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda. Sebagian orang tua lebih memilih untuk tidak menanyakan jenis kelamin saat pemeriksaan kehamilan, dan akan membiarkannya sebagai kejutan saat persalinan.

4. Hasrat seksual menurun

Source: dw-lifestylefotografie

Sirkulasi hormon yang banyak mengalami perubahan pada ibu hamil dapat menyebabkan berkurangnya hasrat untuk melakukan hubungan suami-istri di periode ini. Sebagian ibu hamil juga merasa lebih malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Komunikasikan hal ini dengan pasangan. Gejala ini akan berangsur hilang saat Anda merasa lebih nyaman dengan kehamilan Anda di beberapa minggu ke depan.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah segar

Source: Freepht

Jaga asupan nutrisi Anda di minggu ini untuk menunjang pertumbuhan janin. Usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak dari biasanya. Selain mengandung berbagai vitamin, mengkonsumsi buah dan sayur juga penting untuk melancarkan pencernaan. Bagi ibu hamil yang mengalami rasa mual berlebihan di minggu ini, mengkonsumsi buah segar dapat menjadi pilihan kudapan.

6. Atur posisi tidur yang nyaman

Source: pedroserapio

Ukuran rahim dan janin yang semakin membesar di minggu ini dapat membuat ibu hamil merasa kurang nyaman, khususnya saat beristirahat. Tidur terlentang dapat membuat Anda merasa sesak dan timbul rasa nyeri di ulu hati. Atasi dengan memposisikan tidur miring dan gunakan bantal untuk mengganjal bagian perut agar Anda merasa lebih nyaman.

7. Belum saatnya melakukan senam hamil

Source: HannahWells

Senam hamil memang baik untuk menjaga kebugaran ibu hamil. Senam hamil ini dapat Anda ikuti di rumah sakit bersalin. Namun, pada usia kehamilan 9 minggu ini, urungkan dulu rencana Anda untuk mengikuti senam hamil. Hal ini dikarenakan kandungan Anda masih cukup rawan untuk melakukan gerakan-gerakan senam. Untuk menjaga kebugaran, lakukan olahraga yang ringan saja seperti berjalan atau yoga khusus untuk ibu hamil.

8. Hormon esterogen meningkat

Source: vidallari

Kadar hormon esterogen akan semakin naik di minggu ke-9 kehamilan. Efek yang dapat dirasakan ibu hamil karena naiknya hormon ini antara lain membesarnya ukuran payudara, karena kelenjar air susu mulai berkembang. Selain itu, bentuk tubuh calon ibu juga akan mengalami perubahan karena adanya peningkatan sirkulasi hormon ini.

9. Jantung berdetak lebih cepat

Source: xusenru

Ibu hamil di usia kehamilan 9 minggu akan mengalami peningkatan volume darah dalam tubuhnya. Efeknya, jantung akan bekerja lebih keras dan cepat. Hal ini dapat menyebakan ibu hamil menjadi cepat lelah serta mengalami pusing. Sebaiknya, mulai minggu ini Anda mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat untuk menghindari kelelahan. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk beristirahat.

10. Konsumsi madu

Source: stevepb

Salah satu nutrisi alami yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah madu. Mengkonsumi madu sangat baik di periode awal kehamilan ini untuk menjaga kondisi tubuh. Madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil terhadap penyakit. Nutrisi yang terkandung di dalam madu juga dapat lebih mudah dicerna oleh tubuh Anda. Tetap jaga kondisi tubuh Anda di usia kehamilan 9 minggu ini. Pastikan nutrisi Anda tercukupi untuk menunjang perkembangan janin yang sangat pesat, dan juga untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap aktif.