10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 6 Minggu

By |2018-11-07T03:49:42+00:00January 14th, 2017|Family, Health|Comments Off on 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Usia Kehamilan 6 Minggu


Source: dianaforsberg92

Perut Anda mungkin belum terlihat membesar di usia kehamilan 6 minggu. Namun, rahim Anda sudah semakin membesar. Di minggu ini bayi Anda mulai berkembang secara menakjubkan. Keluhan morning sickness masih dialami sebagian besar wanita di minggu ke-6 kehamilan ini. Berikut 10 hal penting yang harus Anda ketahui tentang kehamilan usia 6 minggu.

1. Janin Anda kini berukuran sebesar kacang


Source: PDPics

Pada usia kehamilan 6 minggu, ukuran janin berkembang 2-3 kali lebih besar dari minggu sebelumnya. Di minggu ke-6 ini janin akan berukuran sebesar biji kacang tanah. Bentuk tubuh janin masih menyerupai berudu, namun di minggu ini akan mulai tampak titik-titik pada janin yang akan tumbuh menjadi hidung, mulut, dan telinga.

2. Janin mulai memiliki detak jantung

Source: brusalvate

Meskipun baru berukuran sekitar 0,6 cm, jantung janin di usia kehamilan 6 minggu sudah mulai berdetak. Jantung janin berdetak dua kali lebih cepat dari detak jantung Anda, atau sekitar 100 hingga 160 kali per menit. Peredaran darah bayi mulai aktif di seluruh tubuhnya, dan sudah mulai terlihat tonjolan-tonjolan yang nantinya akan menjadi tangan dan kaki bayi.

3. Ibu hamil menjadi lebih sensitif

Source: Sodanie Chea

Perubahan hormon yang semakin terasa di minggu ini dapat membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih sensitif dari biasanya. Calon ibu akan sering merasa moody dan mudah tersinggung. Hal-hal kecil yang sebelumnya biasa aja dapat membuat Anda marah atau menangis. Membaca novel, menonton film, atau bahkan tayangan iklan pun dapat membuat calon ibu menangis.

4. Atasi mual dengan jahe

Source: Couleur

Kebanyakan ibu hamil mengalami mual dan muntah yang dapat mengganggu aktivitas di minggu ke-6 kehamilan ini. Umumnya mual dan muntah ini tidak memerlukan pengobatan khusus. Meminum teh jahe hangat dapat mengurangi rasa mual ini. Anda juga dapat membawa permen jahe saat bepergian untuk mengatasi mual. Konsultasikan ke dokter jika gejala ini terasa berlebihan.

5. Konsumsi suplemen asam folat

Source: Julien Harneis

Di periode awal kehamilan ini, calon ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan suplemen yang mengandung asam folat. Suplemen asam folat ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi, terutama pertumbuhan sel tubuh, otak, dan saraf tulang belakang yang akan tumbuh pesat di minggu ini. Suplemen asam folat sebaiknya dikonsumsi sejak saat perencanaan kehamilan hingga usia kehamilan 12 minggu.

6. Waspadai spotting

Source: bmphotography

Spotting atau keluarnya flek darah relatif normal terjadi di usia awal kehamilan. Biasanya ibu hamil menyadari keluarnya bercak darah ini setelah buang air kecil atau terdapat bercak darah pada pakaian dalam. Meskipun hal ini terjadi pada 25% wanita hamil, tetaplah waspada jika Anda mengalami spotting. Segera hubungi dokter atau bidan Anda, spotting juga dapat menjadi gejala awal keguguran atau kehamilan ektopik.

7. Batasi konsumsi kopi


Source: Pexels

Ibu hamil harus membatasi konsumsi kafein, yaitu maksimal 200 gram sehari. Bagi Anda yang telah terbiasa meminum kopi setiap hari, batasi konsumsi kopi Anda maksimal 2 gelas saja setiap harinya. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan efek buruk pada janin, diantaranya kurangnya berat badan bayi, dan dapat meningkatkan resiko keguguran.

8. Berkembangnya rahim menyebabkan kelelahan


Source: PublicDomainPictures

Perubahan fisik pada ibu hamil di minggu ke-6 kehamilan ini dapat menyebabkan calon ibu menjadi cepat lelah. Ukuran rahim yang semakin berkembang setiap harinya juga dapat menimbulkan kelelahan bagi ibu hamil. Usahakan untuk tetap memiliki waktu istirahat yang cukup, dan hindari aktivitas fisik yang berat. Kurangi kafein untuk menghindari insomnia.

9. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat


Source: congerdesign

Selalu konsultasikan dengan dokter atau bidan jika Anda memerlukan pengobatan apa pun. Janin Anda kini juga akan mengkonsumsi apapun yang Anda konsumsi, termasuk obat-obatan. Janin juga akan mendapat dampak dari obat-obatan yang Anda minum. Meskipun hanya obat ringan seperti obat flu atau obat sakit kepala, tetap konsultasikan dahulu sebelum Anda meminumnya.

10. Tetap lakukan gerak aktif


Source: Pexels

Meskipun ibu hamil kerap mengalami kelelahan di awal kehamilan, hal ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan seharian. Gerak tubuh yang tetap aktif juga dapat menunjang kondisi kebugaran tubuh Anda. Lakukan gerak aktif setidaknya 30 menit setiap hari. Gerak aktif yang dapat Anda lakukan misalnya membereskan rumah, berjalan-jalan, atau berbelanja. Ibu hamil banyak mengalami perubahan fisik di dalam tubuh di usia kehamilan 6 minggu ini. Tubuh ibu hamil pun semakin menyesuaikan diri dengan rahim dan janin yang semakin berkembang. Menjaga kondisi tubuh dan asupan nutrisi makanan sangat penting pada periode ini, agar janin dapat berkembang dengan sempurna.