10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Kehamilan 5 Bulan

By |2018-11-07T01:58:46+00:00December 29th, 2016|Health|Comments Off on 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui pada Kehamilan 5 Bulan


Source: Thomas van de Weerd

10 hal berikut ini perlu untuk diketahui para calon ibu dalam usia kehamilan 5 bulan. Memasuki bulan ke-5 kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil dan janin yang dikandung.

1. Bayi Anda semakin sempurna


Source: Christine Szeto

Di bulan ke-5 kehamilan, bayi Anda semakin berkembang sempurna. Organ tubuh luar sudah nampak seperti bayi yang sudah siap lahir, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Umumnya, di minggu pertama kehamilan 5 bulan, janin akan berukuran sekitar 21,6 cm dengan berat sekitar 340 gram.

2. Masa yang paling nyaman dalam kehamilan


Source: Nicole ZHENG

Umumnya, pada kehamilan 5 bulan, calon ibu sudah tidak mengalami mual dan muntah yang sangat mengganggu sebelumnya. Sebagian wanita menyatakan bahwa mereka paling merasa nyaman saat hamil di usia kehamilan 5 bulan.

3. Saat yang paling aman untuk bepergian


Source: Erica Firment

Memasuki usia kehamilan 5 bulan, ibu hamil sudah lebih merasa sehat dan nyaman. Calon ibu juga semakin dapat beradaptasi dengan perubahan fisik berupa perut yang semakin membesar. Masa kehamilan 5 bulan ini dianggap sebagai masa yang tepat dan aman untuk melakukan perjalanan atau berlibur.

4. Berat badan Anda dapat naik drastis


Source: Liz Davenport

Selera makan calon ibu pada usia kehamilan 5 bulan sudah kembali normal, setelah sebelumnya mungkin berkurang pada awal kehamilan. Ibu hamil akan lebih cepat merasa lapar dari biasanya, dan perut pun akan semakin membesar. Pada bulan ke-5 ini, berat badan ibu hamil akan naik sekitar 5,5 – 7 kilogram.

5. Lebih sering buang air kecil


Source: David D

Ukuran janin dan rahim yang semakin membesar akan menekan kemih calon ibu. Akibatnya, mulai usia kehamilan 5 bulan ini, ibu hamil akan lebih sering buang air kecil. Pastikan calon ibu tetap mengkonsumsi air minum yang cukup setiap hari.

6. Perubahan pada payudara


Source: Sara Neff

Pada bulan ke-5 kehamilan, payudara mulai terasa lebih penuh. Hal ini dikarenakan kelenjar payudara ibu hamil mulai mempersiapkan diri untuk proses menyusui. Pada bulan ini, stretchmark dapat mulai muncul pada payudara ibu hamil. Mulanya stretchmark berwarna merah, lalu akan menjadi berwarna kelabu.

7. Calon ibu mengalami kesulitan tidur


Source: Agnieszka

Ukuran perut yang semakin membesar dan kecemasan yang sering muncul pada usia kehamilan 5 bulan, dapat membuat calon ibu menjadi susah untuk tidur di malam hari. Karena kurang tidur, ibu hamil dapat mengalami kelelahan pada esok harinya. Buat tidur Anda lebih nyaman dengan menggunakan bantal untuk menyangga perut saat berbaring. Anda dapat membeli bantal khusus untuk ibu hamil yang berbentuk seperti huruf C besar.

8. Konsumsi cukup cairan untuk hindari bengkak


Source: Aqua Mechanical

Pastikan ibu hamil mengkonsumsi air minum yang cukup untuk menghindari adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki. Perbanyak minum air mineral, hindari minuman yang dapat meningkatkan resiko dehidrasi, misalnya kopi, teh, dan minuman bersoda.

9. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus


Source: insatiablemunch

Sebagian ibu hamil sering mengalami nyeri ulu hati di bulan ke-5 kehamilan ini. Atasi dengan memakan makanan dalam porsi kecil dan lebih sering, serta menghindari memakan makanan dalam porsi besar sekaligus.

10. Yang perlu diperhatikan saat periksa kehamilan


Source: Kyle Adams

Dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan rutin seperti tekanan darah, berat badan, dan ultrasonografi (USG) pada bulan ke-5 kehamilan ini. Konsultasikan dengan dokter atau bidan jika Anda mengalami keluarnya cairan yang berlebih dari vagina. Waspadai terjadinya kebocoran air ketuban.

Dengan ukuran perut yang semakin membesar, ibu hamil 5 bulan harus tetap aktif dalam beraktivitas untuk menjaga kondisi tubuhnya. Di bulan berikutnya, perut akan semakin membesar dan gerak calon ibu pun menjadi semakin berat.