10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Cincin Kawin

By |2018-11-08T16:59:45+00:00March 26th, 2017|Family, Love|Comments Off on 10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Cincin Kawin


Source: Ben White

Dalam mempersiapkan pernikahan, ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah cincin kawin. Cincin kawin adalah tanda pengikat antara mempelai wanita dengan mempelai pria untuk menjalani hidup bersama. Dalam memilih cincin tentu saja tidak bisa sembarangan. Karena cincin kawin ini akan dipakai seumur hidup. Jadi, banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilihnya. Mari simak hal yang harus diperhatikan dalam memilih cincin kawin.

1. Kapan Membeli Cincin Kawin?


Source: Jeremy Bishop

Usahakan persiapan dalam membeli cincin kawin dari jauh hari. Karena dengan waktu yang tidak terburu-buru akan membuat Anda dan pasangan santai dalam memilih tempat beli serta melihat desain cincin yang diinginkan. Seperti yang diungkapkan oleh Tanya Alisia, General Manager Marketing Communication PT Central Mega Kencana yang menaungi beberapa merek perhiasan bahwa membeli cincin setidaknya 6 bulan sebelum hari H. Hal ini agar cincin yang diinginkan sesuai dengan ukuran jari. Lagipula, toko perhiasam membutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk membuat cincin yang baru.

2. Sesuai dengan Budget


Source: Brett_Hondow

Cincin kawin dijual dengan harga yang beragam. Harga dijual sesuai dengan jenis bahan seperti emas kuning, emas putih atau rosegold, besar kadar bahan, tingkat kesulitan desain dan aksesoris tambahan, misalnya berlian. Dalam memilih cincin kawin, sesuaikan dengan keadaan kantong. Jangan memaksakan membeli cincin kawin dengan harga selangit. Cincin kawin penting, tetapi persiapan pernikahan bukan hanya cincin saja.

3. Survei Toko Perhiasan


Source: Photo-Mix

Carilah referensi toko perhiasan yang aman dan terpercaya dari kenalan, majalah atau browsing internet. Pilih toko perhiasan yang menjual beragam desain cincin kawin, sehingga leluasa dalam memilih desain yang diinginkan. Untuk yang memiliki budget terbatas, bisa membandingkan harga satu toko perhiasan dengan toko yang lain. Walaupun desain cincin hampir mirip atau bahkan sama, tetapi beda toko beda harga. Jangan sampai Anda membeli di toko perhiasan yang menjual dengan harga mahal. Dan bisa jadi, ada toko perhiasan yang memberikan potongan harga. Jadi sisa budget membeli cincin kawin bisa dialihkan pada kebutuhan pernikahan lainnnya.

4. Desain Cincin


Source: Glen McCallum

Diskusikan desain cincin seperti apa yang diinginkan Anda dan pasangan. Sesuaikan dengan gaya dan kepribadian. Serta pilih desain yang tidak hanya terlihat bagus untuk mempelai wanita, tetapi juga tidak terlihat feminim untuk mempelai pria. Jika profesi pengantin banyak kegiatan lapangan, seperti insinyur dan sering mengendarai motor atau mobil, maka pilih desain simpel dan kuat. Sehingga, cincin tidak mudah patah di bagian lingkar tangan bagian dalam.

5. Sesuaikan dengan Bentuk Jari


Source: Wesley Tingey

Bentuk jari tidak jauh beda dengan postur badan. Jika bentuk postur badannya tinggi kurus, maka bentuk jarinya panjang kurus. Sedangkan postur badan pendek gemuk, maka bentuk jarinya pendek gemuk juga. Bentuk jari menentukan bentuk cincin yang dikenakan. Jika jari yang kecil, jangan gunakan cincin dengan model lebar. Tapi, gunakanlah cincin dengan model kecil. Jari yang panjang bisa mengenakan cincin dengan model diagonal atau berdesain kembang. Jari yang gemuk cocok menggunakan model cincin lebar atau tebal.

6. Ukuran


Source: Alvin Mahmudov

Ukuran cincin haruslah pas dijari pemakai, jangan kebesaran ataupun kekecilan. Cincin kebesaran akan membuat longgar dijari, sehingga mudah jatuh dan bisa-bisa hilang. Kalaupun mau mengganti cincin kawin yang baru, nilai histori dari cincin tersebut akan berbeda. Sedangkan jika cincin kekecilan akan meninggalkan bekas berwarna merah dijari yang tentu saja akan terasa tidak nyaman.

7. Mudah Dibersihkan


Source: Jesse Orrico

Bukan hanya manusia yang suka bersih, perhiasan juga harus bersih. Terutama cincin kawin yang setiap hari dipakai, sehingga bersentuhan dengan banyak hal. Apalagi cincin kawin digunakan untuk seumur hidup, kan? Dengan dibersihkan, maka akan membuat umur cincin lebih panjang. Untuk desain cincin kawin yang sederhana akan mudah dibersihkan sendiri di rumah. Sedangkan cincin kawin yang memiliki desain rumit, Anda bisa datang kepada ahlinya di jasa pembersih perhiasan.

8. Sesuai dengan Warna Kulit


Source: Désirée Fawn

Dengan menyocokan warna cincin dengan warna kulit, tentu akan membuat tampilan cincin kawin lebih apik dijari. Memiliki kulit sawo matang bisa menggunakan emas kuning atau rosegold. Kulit hitam bagus jika mengenakan emas kuning. Untuk kulit kuning langsat, hindari penggunaan emas kuning. Karena warna kulit yang cenderung kuning, bertemu dengan emas kuning, maka warnanya akan mati. Dan beruntunglah yang memiliki warna kulit putih, sebab bisa bebas memilih yang mana saja.

9. Alergi


Source: andreas160578

Ada banyak sekali bahan pembuatan cincin, misalnya saja emas kuning, emas putih ataupun rosegold. Tetapi harus hati-hati dalam memilih bahan pembuatan cincin tersebut. Karena ada sebagian orang alergi, terutama yang memiliki kulit sensitif. Jika alergi, maka akan timbul ruam-ruam merah yang gatal. Jadi, pastikan Anda dan pasangan tidak alergi terhadap bahan pembuatan cincin tertentu.

10. Pilih Waktu Final Fitting yang Tepat


Source: Andrew Itaga

Saat akan mencoba cincin kawin harus dalam kondisi yang tenang dan disaat suhu tubuh yang normal. Hindari pada saat pagi hari. Hal ini karena pada pagi hari jari tangan dalam kondisi bengkak. Tubuh di pagi hari banyak mengandung garam yang terendap sejak malam hari. Saat suhu tubuh terlalu dingin atau panas juga mempengaruhi ukuran jari.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih cincin kawin. Semoga niat baik Anda dan pasangan untuk naik ke jenjang yang lebih serius berjalan dengan lancar. Jadikan hari bahagia pengantin tidak hanya dirasakan oleh pengantin, tetapi juga untuk semua sanak saudara, kenalan dan kerabat yang datang. Sampai jumpa lagi!