10 Hal Tentang Bayi 1 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:15:33+00:00January 11th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Tentang Bayi 1 Bulan dan Cara Menanganinya

Source : Tawny Nina

Selama baru lahir hingga usianya sekitar satu bulan, bayi memang masih sangat rentan dan belum banyak pertumbuhan yang terlihat. Namun di saat-saat pertamanya melihat dunia ini bayi memerlukan interaksi intensif dengan orang tuanya. Orang tua perlu memerhatikan hal yang wajar terjadi atau dilakukan bayi satu bulan, seperti 10 hal berikut :

1. Berat Bayi Bisa Menurun

Source : jakobking85

Bayi yang baru lahir biasanya akan diukur terlebih dahulu berat badannya ketika lahir. Normalnya bayi akan memiliki bobot sekitar 3,2 kilogram saat pertama kali lahir. Selama perjalanannya satu bulan ke depan setelah lahir, berat badan bayi sangat mungkin menurun, karena perubahan lingkungan yang dialaminya. Namun jangan terlalu khawatir, karena seiring dengan kemampuannya beradaptasi dan semakin banyak mengonsumsi ASI, biasanya berat badan akan naik lagi setelah 10-12 hari. Normalnya kenaikan berat badan berkisar antara 113-227 gram setiap minggu dan tinggi bayi bertambah 2-4 cm dalam satu bulan pertama.

2. Kemampuan Motorik

Source : sathyatripodi

Saat usianya setengah bulan atau sekitar 2 minggu, bayi mulai dapat memerhatikan dengan fokus objek yang berada dalam jangkauan pandangan 20-35 cm. Karena hal ini, banyak ibu yang sering menatap lekat bayinya sehingga sang bayi dapat mengenali wajah orangtua yang telah melahirkannya. Cobalah menggerakkan wajah ke samping kanan dan kiri, sehingga mata bayi mengikuti gerakan kepala Anda untuk melatih otot matanya lebih sehat lagi.

3. Posisi Tidur Bayi

Source : karenwarfel

Untuk membentuk otot leher yang kuat, ada baiknya bayi ditengkurapkan ketika baru bangun tidur, walalupun di saat tidurnya bayi tidak apa-apa dibiarkan telentang. Dengan menengkurapkannya, bayi akan mulai belajar untuk berguling, merangkak, serta mencoba duduk. Hal ini akan mempercepat bayi belajar mengontrol otot-otot yang dimilikinya sehingga pergerakan bayi pun lebih lincah.

4. Menghisap Apa Saja

Source : tookapic

Karena memang sedang dalam tahap pertumbuhan, bayi satu bulan banyak sekali mengisap apa saja, termasuk jari-jari tangannya sendiri. Jika ini terjadi, periksa apakah bayi memang lapar dan membutuhkan nutrisi. Selain itu, untuk menghindarinya terus menghisap jari, cobalah berikan sarung tangan yang lembut.

5. Eksplorasi Tubuh

Source : christianabella

Bayi berusia 4 minggu mulai bereksperimen dan mengeksplorasi kaki dan tangannya untuk digerakkan. Seringkali orangtua harus mengenakan ‘bedong’ (selimut pembungkus bayi)  sehingga tangan dan kaki tidak terlalu aktif bergerak.

6. Mulai Bicara Sepatah Kata

Source : PublicDomainPictures

Bayi berusia satu bulan akan mulai mengamati bagaimana orang-orang di sekitarnya berinteraksi. Walaupun belum bisa mengucapkan kata-kata, namun ia terus mendengarkan sekelilingnya dan merekamnya di dalam otak. Teruslah ajak bayi berbicara, walaupun ia belum begitu mengerti perkataan Anda. Dengan begitu, kemampuan bayi akan berkembang lebih cepat dan ia akan mulai bisa mengucapkan sepatah kata seperti “ah” selain menangis.

7. Tali Pusar Bayi

Source : sbtlneet

Tali pusar atau plasenta merupakan sebuah jaringan yang menempel di pusar, sebagai penyalur nutrisi antara ibu dan janin ketika masa kehamilan. Tali pusar biasanya dibiarkan untuk mengering terlebih dahulu sebelum akhirnya lepas sendiri dalam waktu beberapa hari. Untuk bayi dibawah satu bulan, pastikan Anda menjaga tali pusarnya tetap kering ketika memandikan bayi sehingga lebih cepat kering dan terlepas sendiri.

8. Terus Menangis Kencang

Source : Benn_Kerckx

Bayi berusia satu tahun memang sangat wajar untuk menangis kencang, terutama di sore hari saat ia mulai lelah karena merespon keadaan lingkungan yang juga sangat ramai seperti suara orang mengobrol dan lainnya. Maka dari itulah jika ada bayi yang sedang tidur, usahakan tidak diganggu karena ia akan menangis kencang. Tenangkan bayi dengan cara menimangnya atau memeluknya sehingga ia kelelahan sendiri menangis dan akhirnya tertidur.

9. Rawan Terkena Kolik

Source : photo-graphe

Kolik merupakan suatu keadaan dimana bayi terlalu banyak menelan udara saat minum ASI, sehingga menyebabkan perut sakit. Jika sudah begini, biasana bayi akan menangis terus-terusan hingga 3 jam nonstop. Periksa apakah kakinya naik turun dan sering buang angin. Kolik ini sangat wajar dialami bayi hingga usianya 4 bulan.

10. Bisa Menggerakkan Kepala

Source : PublicDomainPictures

Bayi usia satu bulan dapat menggerakkan kepalanya ke kanan dan kiri saat ditengkurapkan. Hal ini dikarenakan kemampuan motoriknya yang memang telah berkembang selama satu bulan. Itulah 10 hal yang akan Anda temui pada bayi satu bulan yang normal. Memang rasanya akan melelahkan karena bayi terus menerus menangis, namun semua itu akan terbayarkan saat bayi sudah beranjak ke usia bulan berikutnya dan berkembang lebih pesat lagi.

Selamat mengasuh bayi dengan bahagia!