10 Hal Tentang Bayi 2 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:15:30+00:00January 11th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Tentang Bayi 2 Bulan dan Cara Menanganinya

Source : kelin

Saat berusia dua bulan dari kelahirannya, bayi mulai dapat merespon keadaan sekeliling dengan lebih cepat, bahkan bayi juga mulai bisa tersenyum ketika menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya. Ingin tahu hal-hal menarik lain mengenai bayi dua bulan? Mari simak 10 poin tentang hal normal yang bayi lakukan di usia dua bulan.

1. Respon Terhadap Musik

Source : yiki87515

Seiring dengan perkembangan yang semakin pesat, di usia dua bulan otak serta indera pendengaran bayi juga mulai berkembang dan ia mulai dapat mengenali suara-suara seperti musik yang diperdengarkan. Jika bayi mulai dapat merespon dengan cara bersuara dan kaki menendang ke segala arah, hal tersebut adalah hal yang normal. Namun hindari pula membuatnya terlalu lama mendengarkan musik karena dapat membuatnya lelah dan kehilangan waktu tenangnya.

2. Ukuran Fisik Bayi

Source : PublicDomainPictures

Bayi dua bulan tentunya akan berkembang lebih pesat dibandingkan saat ia satu bulan. Bayi laki-laki umumnya memiliki bobot 4,4-7 kilogram dan panjang 54,7-62,2 cm saat berusia dua bulan. Sementara itu, untuk bayi perempuan ukuran normal bobotnya adalah 4-6,5 kilogram, serta panjangnya 53,2-60,9 cm. Jika ukuran fisik bayi berada dalam rentang tersebut, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

3. Berusaha Menggenggam Barang

Source : Artcats

Mulai di minggu ke-7, bayi akan penasaran akan benda-benda yang berada di sekelilingnya dan akan terus berusaha menggenggam atau meraih benda yang ada di dekatnya. Sehingga ada baiknya untuk menjauhkan barang-barang berbahaya seperti misalnya benda tajam untuk mengantisipasi agar tidak melukai bayi. Proses mencoba menggenggam ini cukup lama dan biasanya tidak selalu berhasil di usia dua bulan.

4. Lebih Tenang dan Tidak Kagetan

Source : Pexels

Pada saat bayi baru lahir, selama bulan pertama biasanya ia kan cukup peka dan reflek merespon segala hal yang mengganggunya. Namun ketika usianya memasuki 5 minggu, gerakan bayi mulai lebih teratur serta ia dapat menenangkan diri dengan mengisap jarinya atau mengempeng.

5. Perkembangan Tangan Bayi

Source : pshkv

Bayi dua bulan mulai pandai membuka dan menutup genggaman tangan. Ia juga mulai pandai bermain dengan jarinya terutama untuk dihisap. Tangan bayi juga biasanya akan bertambah besar sedikit ketika mulai memasuki 7 minggu. Jari-jari yang tadinya rapat dan terlihat menyatu mulai terpisah satu sama lainnya.

6. Tidur Lebih Lama

Source : Pexels

Pada saat tidur, bayi berusia dua bulan akan berkembang dengan pesat. Sehingga ia membutuhkan tidur yang cukup agar perkembangannya tidak terhambat. Memasuki usia 5 minggu, bayi akan lebih lama tidur di malam hari dibandingkan pada minggu-minggu pertama setelah lahir. Buatlah bayi menjadi rileks sebelum tidur, pastikan nutrisinya tercukupi, kemudian pijat lembut bayi sebelum tidur sehingga ia lebih rileks.

7. Kemampuan Sosial

Source : Pexels

Memasuki usia dua bulan, bayi mulai pandai berinteraksi dengan senyuman kepada orang dihadapannya atau mulai sering tersenyum sendiri. Bayi juga mulai mampu mengeluarkan suara untuk merespon Anda bicara, serta mungkin saja meniru ekspresi Anda ketika berinteraksi dengan bayi. Bayi mulai mengenali orangtuanya, serta lebih jauh mengenal suara yang akrab di lingkungannya.

8. Wajah Mulai Ekspresif

Source : TaniaVdB

Saat berusia dua bulan, bayi mulai dapat memberikan ekspresi yang menunjukkan hal yang sedang ia rasakan, seperti dengan menaikkan alis mata, membesarkan mata seperti melotot, meniup jika ia merasakan ada suatu hal yang membuatny kurang nyaman seperti popok yang sudah waktunya diganti, saat ia merasa lapar ataupun lelah. Perhatikan ekspresi yang dibuat bayi Anda sehingga Anda tahu jika ia merasa tidak nyaman dan dapat segera menanganinya.

9. Mudah Lapar

Source : Beeki

Pertumbuhan bayi tentunya memerlukan banyak nutrisi untuk membangun sel-sel tubuhnya. Oleh karena itulah, di usia 6 minggu, bayi sangat mudah lapar dan cukup rakus mengonsumsi ASI. Bahkan setelah ASI habis, bayi terkadang masih rewel dan meminta tambahan asupan. Hindari untuk memberikan makanan pengganti ASI karena masih terlalu dini bagi jaringan tubuh bayi. Bayi dua bulan sebaiknya hanya diberikan ASI namun dengan frekuensi lebih sering.

10. Otot Leher Menguat

Source : PublicDomainPictures

Bayi sudah mulai kuat otot lehernya ketika berusia dua bulan, sehingga ketika ditengkurapkan, bayi dapat mengangkat kepalanya dengan sudut sekitar 45 derajat. Bayi biasanya akan menggunakan tangannya untuk menahan badan bagian atas dan mulai mencoba untuk berguling. Untuk membuatnya tetap aman, cobalah untuk meletakkan guling kecil jika Anda menidurkan bayi di ranjang, sehingga ia tidak jatuh karena sedang mengeksplorasi dirinya.

Demikianlah 10 hal yang normal terjadi pada bayi dua bulan saat perkembangan sedang pesat-pesatnya dan ia mulai bisa tersenyum.

Selamat menyaksikan keajaiban demi keajaiban yang diciptakan bayi Anda!