10 Hal Tentang Bayi 6 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:28:01+00:00January 13th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Tentang Bayi 6 Bulan dan Cara Menanganinya

Source : mariwa-zu

Memasuki usia setengah tahun, hal baru yang akhirnya dapat dicoba bayi adalam mencoba makanan lain sebagai pengganti ASI. Hal ini sudah disepakati oleh para dokter, karena bayi sudah memiliki sistem pencernaan yang mampu mencerna makanan padat dan risiko akan alergi menurun di bulan keenam. Penasaran apa lagi yang dapat dilakukannya di usia 6 bulan? Mari simak 10 poin berikut.

1. Ukuran Fisik Bayi 6 Bulan

Source : Tamas Ring

Di usianya yang memasuki 6 bulan, tentunya berat badan bayi bertambah dengan cukup signifikan. Umumnya, bayi laki-laki akan memiliki berat badan sekitar 6,4-9,7 kilogram, sementara bayi perempuan akan memiliki bobot sekitar 58-9,2 kg. Sementara itu, panjang bayi laki-laki akan berkisar antara 63,6-71,6 cm, dan bayi perempuan akan memiliki bobo 61,5-70 cm.

2. Kaki dan Tangan Menguat

Source : lavaki

Saat berusia 6 bulan, kaki dan tangan bayi mulai menguat, ditandai dengan seringnya bayi mencoba mengangkat tubuhnya pada posisi ingin merangkak, walaupun belum berhasil maju. Anda juga sudah dapar membantu bayi berdiri dengan menopangnya di pangkuan Anda. Coba juga memberikan berbagai mainan sedikit lebih jauh dari jangkauannya, sehingga ia akan berusaha mengambil mainan tersebut dengan mencoba merangkak.

3. Tangan Dapat Dikontrol

Source : qimono

Di usia bayi 6 bulan, ia sudah mulai berhasil memegang atau mengangkat suatu benda menggunakan satu tangan dengan mudahnya, juga memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Karena kemampuannya ini, bayi juga lebih tertarik terhadap berbagai benda kecil di sekitarnya, sehingga terkadang memungutnya untuk dimasukkan ke mulut. Berhati-hatilah jangan sampai ada benda kecil yang berbahaya ada di dekatnya.

4. Menggulingkan Badan

Source : adtkedia

Karena otot leher, punggung, dan lengannya yang sudah cukup kuat, bayi mulai pandai menggulingkan badannya sendiri di usia 6 bulan. Ia juga pandai merangkak ke belakang atau ke depan untuk melakukan eksplorasi pada lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, selalu awasi ia dan jika bisa tidak ditinggalkan sendirian di suatu ruangan, juga tidak menempatkannya di ranjang yang cukup tinggi karena akan sangat rentan baginya terjatuh.

5. Kemampuan Berbicara

Source : adtkedia

Masih belum berkembang banyak, bayi usia 6 bulan akan mengucapkan celoteh sepatah kata seperti ‘ma’ dan ‘ba’. Memang untuk menunggunya dapat mengucapkan kata pertamanya akan sedikit membutuhkan kesabaran dan waktu. Di usia 6 bulan bayi akan mulai lebih cerewet berceloteh, karena ia dalam tahap mempelajari cara mengucapkan berbagai huruf.

6. Menggunakan Bahasa Tubuh

Source : regina_zulauf

Selain pandai berceloteh, bayi 6 bulan juga terkadang sudah pandai menggunakan bahasa tubuh untuk menunjukkan keinginannya. Bayi dapat menggeleng jika tidak menginginkan sesuatu, melambaikan tangannya pada orang lain, juga menunjuk suatu barang yang diinginkannya walaupun terkadang dilakukan sambil menangis pula. Oleh karena itu, lebih peka lah menyadari apa yang bayi sukai dan ia inginkan sehingga ia tidak terus menerus rewel karena kesulitan menunjukkan maksudnya.

7. Membuatnya Cepat Belajar

Source : hisins30

Untuk bayi usia 6 bulan, Anda sudah dapat membacakannya cerita dari berbagai buku. Pilihlah buku anak yang memiliki banyak gambar yang besar. Bayi mungkin belum begitu mengerti apa yang Anda ceritakan, namun tentunya akan senang saat berkesempatan memperhatikan berbagai gambar yang ada walaupun hanya sejenak. Anda bisa pula menyanyikan beberapa lagu untuk bayi, dengan begitu ia lebih pandai semenjak kecil.

8. Ingin Diperhatikan

Source : sheldonl

Bayi berusia 6 bulan akan berusaha keras untuk menarik perhatian Anda, seperti dengan berceloteh kencang dan ribut, menangis, atau bahkan bergerak dengan aktif. Karena kini tangannya sudah bisa memegang benda dengan baik, salah satu cara menarik perhatian orang adalah dengan melemparkan benda-benda, memukul benda-benda, dan sebagainya. Anda sudah mulai perlu mengajarkannya mengenai tindakan yang baik dan buruk.

9. Lebih Terbuka

Source : VyacheslavLn

Jika sebelumnya ia takut-takut mengenal wajah asing, kini ia mulai bisa lebih terbuka dan merespon orang lain yang mencoba menyapanya dan mengajak bercanda. Bayi juga mulai menyadari jika namanya dipanggil orang lain dan ia akan memberikan respon. Ia juga gemar memperhatikan sosok dirinya sendiri pada cermin.

10. Mulai Makan Padat

Source : cuncon

Bayi usia 6 bulan sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan padat pengganti ASI, namun tentunya semua makanan padat harus dihaluskan terlebih dahulu karena gigi bayi belum tumbuh sempurna. Pastikan semua makanan yang dikonsumsinya memiliki nutrisi tinggi dan lengkap. Demikianlah 10 hal yang perlu Anda ketahui mengenai bayi 6 bulan dan cara menanganinya. Yuk, mulai siapkan makanan pengganti ASI!