10 Hal Tentang Bayi 5 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:29:33+00:00January 12th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Tentang Bayi 5 Bulan dan Cara Menanganinya

Source : jry150305

Secara umum, bayi yang berusia 5 bulan mulai dapat mencoba duduk sendiri dari mulai posisi tengkurap. Bayi juga sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya dengan kedua tangan mungilnya. Untuk Anda yang memiliki bayi berusia 5 bulan, ada baiknya untuk memerhatikan apa-apa saja yang normal dilakukannya atau perkembangannya, seperti 10 hal berikut.

1. Ukuran Fisik Bayi

Source : sheldonl

Untuk bayi lima bulan, beratnya bertambah sekitar 1-3 kg dari bulan sebelumnya. Untuk bayi laki-laki, bobotnya kira-kira 6,1-9,2 kilogram dengan ukuran panjang 61,9-69,9 cm. Sementara itu untuk bayi perempuan beratnya lebih ringan, kira-kira hanya 5,5-8,7 kilogram dan panjangnya mencapai 59,9-68,2 cm.

2. Mulai Bisa Duduk

Source : PublicDomainPictures

Seiring dengan tulang-tulangnya yang semakin menguat, bayi mulai dapat duduk di usianya yang menjejak 5 bulan. Anda bisa membantu bayi berusia lima bulan untuk duduk dengan membuat posisinya lebih stabil, yaitu dengan melebarkan kedua kakinya membentuk huruf V. Setelah itu, cobalah letakkan mainan favoritnya di depannya.

3. Belajar Memindahkan Barang

Source : Cimabue

Di usianya yang lima bulan, bayi sudah tidak mengalami kesulitan lagi menggenggam barang-barang. Sebaliknya, ia mulai aktif mencoba memindahkan suatu barang dari satu tangan ke tangan lainnya, atau melemparkannya kuat-kuat. Bayi juga belajar untuk melepaskan genggamannya dengan membuat barang-barang jatuh dari tangannya. Sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk melepas mainan yang letaknya di atas bouncer karena ia dapat berusaha menariknya dan akhirnya menimpa bayi.

4. Latih Kemampuan Motoriknya

Source : Cimabue

Dengan kemampuannya yang meningkat pesat, cobalah untuk melatih kemampuan motoriknya dengan cara menempatkan sejumlah mainan lebih jauh sedikit dari jangkauannya, sehingga ia akan mencari cara untuk meraihnya. Cobalah berikan pula berbagai mainan yang bervariasi seperti yang dapat bergerak, memiliki suara, serta lainnya. Anda juga dapat mengajarinya bertepuk tangan di usia ini.

5. Pandai Berceloteh

Source : regina_zulauf

Di usia lima bulan, bayi sudah tidak kesulitan lagi mengucapkan patahan-patahan kata seperti ‘ma’ dan ‘ba’. Bayi juga mulai belajar merangkai kata-kata dari yang sering didengarnya. Walaupun bayi belum bisa mengucapkan suatu kata dengan utuh, namun tunggulah hingga 1-2 bulan lagi ia mampu mengucapkan kata pertamanya.

6. Memegang Botol Susunya

Source : Ben_Kerckxx

Jika Anda memberikannya ASI lewat botol setelah diponmpa, kemungkinan besar bayi berusia lima bulan sudah dapat memegang sendiri botol susunya. Namun ada baiknya Anda tidak meninggalkannya sendiri saat ia minum susu, untuk menghindari hal-hal berbahaya seperti tersedak, cairan susu masuk ke hidung, dan sebagainya.

7. Memiliki Bahasa Tubuh Sendiri

Source : Profile

Di usia bayi yang 5 bulan, bayi sudah pandai memberitahukan keinginannya lewat bahasa tubuh. Seperti misalnya ketika ingin digendong, ia akan mengangkat tangannya tinggi-tinggi dan menangis jika Anda tidak segera menggendongnya. Bayi juga mudah tertawa ketika ia menyaksikan sesuatu yang menurutnya lucu.

8. Tertarik Dengan Makanan Padat

Source : iha31

Makanan yang dimakan orang dewasa akan menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi bayi berusia lima bulan. Ia akan penasaran dan bahkan menangis jika tidak diberikan kesempatan makan-makanan orang dewasa. Banyak pula orang tua yang sudah memberikan makanan pengganti ASI di usia bayi 5 bulan, namun disarankan untuk tetap memberikan bayi ASI eksklusif paling tidak hingga usianya 6 bulan. Pada usia bayi 5 bulan organ pencernaannya belum benar-benar siap untuk mencerna makanan padat.

9. Tidur Lebih Teratur

Source : PublicDomainPictures

Bayi semakin jarang terbangun di malam hari dan tidurnya akan lebih tenang sepanjang malam. Untuk membuat bayi tidur lebih lama, cobalah meletakkannya di tempat tidur saat ia mulai terlihat lelah dan mengantuk, bukan saat bayi sudah benar-benar tertidur. Hal ini akan membuatnya belajar untuk menenangkan dirinya sendiri di waktu-waktu sebelum tidur.

10. Senang dengan Hal Baru

Source : PublicDomainPictures

Bayi akan terlihat antusias dengan lingkungan baru yang asing baginya. Jadi sering-seringlah mengajak bayi berusia 5 bulan untuk berjalan-jalan seperti menemani Anda berbelanja di supermarket, bermain ke sekitar lingkungan rumah, dan sebagainya.

Demikianlah 10 hal mengenai bayi lima bulan yang akan Anda alami sendiri saat memilikinya. Memang rasa penasarannya akan berbagai hal selalu meningkat, namun hal tersebut juga adalah bagian dari keajaiban di dunia.

Jadi, selamat menjaganya dengan lebih baik lagi!