10 Hal Tentang Bayi 4 Bulan dan Cara Menanganinya

By |2018-11-07T03:32:24+00:00January 11th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Tentang Bayi 4 Bulan dan Cara Menanganinya

Source : Pexels

Di usianya yang beranjak 4 bulan, bayi akan mulai belajar berceloteh walaupun belum dapat mengucapkan suatu kata secara utuh. Kemampuan motoriknya pun semakin berkembang, ia mulai berhasil membalikkan tubuhnya sendiri dari telentang ke tengkurap, atau sebaliknya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai bayi berusia empat bulan? Mari simak ulasan berikut.

1. Ukuran Fisik Bayi Empat Bulan

Source : regina_zulauf

Saat berumur empat bulan, biasanya bobot bayi sudah dua kali lipat bobotnya saat dilahirkan. Untuk bayi yang jenis kelaminnya laki-laki, secara normal akan berbobot 5,6-8,6 kilogram dan panjangnya sekitar 60-67,8 cm. Sementara itu, untuk bayi perempuan, panjangnya akan berkisar antara 58-66 cm dengan bobot seberat 5,1-8,1 kilogram.

2. Mulai Aktif Berguling

Source : talima5

Bayi berusia empat bulan mulai berhasil membalikkan tubuhnya dari posisi telentang ke tengkurap atau sebaliknya. Bayi akan berguling kesana-kemari, sehingga Anda perlu menjaga tempatnya tetap aman dengan memberikan sisi tempat tidur yang tidak keras atau terlalu tinggi. Anda bisa mencoba menaruh tumpukan bantal di sekeliing tempat ia berbaring sehingga keamanan bayi terjamin.

3. Belajar Bicara

Source : regina_zulauf

Walaupun belum bisa mengucapkan kalimat secara utuh, bayi berusia empat bulan mulai belajar bicara dengan mengucapkan gabungan antara satu vokal dan satu konsonan, seperti misalnya ‘ma-ma’ atau ‘ya-ya’. Dalam praktiknya, bayi paling banyak belajar mengucapkan vokal a terlebih dahulu diantara 5 huruf vokal yang ada. Jika bayi mulai berceloteh, jangan biarkan ia berceloteh sendiri.  Cobalah tanggapi seperti mengobrol layaknya dua orang dewasa.

4. Lambung Membesar

Source : regina_zulauf

Seiring perkembangan tubuhnya, lambung bayi yang berumur 4 bulan sudah lebih besar, sehingga dapat mencerna ASI lebih banyak. Oleh karena itu, biasanya frekuensi ibu menyusui akan mulai berkurang ketika bayi memasuki usia empat bulan. Bayi akan mengisap ASI lebih banyak, namun dalam sekali menyusu lambungnya akan lebih banyak terisi.

5. Makanan Bayi Empat Bulan

Source : 3217178

Sebaiknya Anda tetap memberikannya ASI eksklusif walaupun bagi kebanyakan orang sudah memberikan bayinya makanan padat pengganti ASI sewaktu bayi berumur empat bulan. Namun ternyata terlalu dini memberikannya makanan pengganti ASI berisiko membuat bayi alergi. Berbeda dengan ASI yang pastinya tidak menimbulkan gangguan apapun pada bayi.

6. Meraih Benda Menarik

Source : serenestarts

Kemampuan motoriknya yang semakin berkembang membuat bayi usia empat bulan mampu meraih benda-benda di sekitarnya serta menggenggamnya. Oleh karena itu, baik sekali untuk memberikannya mainan yang digantung atau mainan lainnya yang aman untuk bayi empat bulan. Koordinasi tangannya semakin membaik sehingga ia mampu meraih apapun yang menarik perhatiannya.

7. Menjejak Lantai

Source : FeeLoona

Tentunya bayi berusia empat bulan belum bisa berjalan, namun, jika Anda menuntunnya berdiri dengan memegang kedua lengannya, ia akan dapat menjejak-jejakkan kakinya ke lantai. Hal ini perlu dilakukan jika Anda menginginkan anak cepat bisa mengembangkan kemampuan motorik kakinya sehingga nantinya bisa lebih cepat berjalan.

8. Matanya Mulai Awas

Source :3217138

Jika diperhatikan, bayi yang berusia empat bulan sudah mulai bisa mengikuti gerakan suatu benda atau perpindahan benda yang menarik perhatiannya. Koordinasi tangan dan mata pun semakin membaik. Bayi juga mulai pandai untuk menirukan ekspresi yang dilihatnya, seperti tersenyum atau cemberut.

9. Tulang Belakang Menguat

Source : hisins30

Pada usia empat bulan, kondisi tulang bayi dari mulai tulang leher hingga tulang belakang semakin menguat. Bayi akan dapat menegakkan kepalanya saat dibaringkan, juga terkadang mengangkat pundaknya dengan menahannya menggunakan kedua tangannya. Selain itu, bayi juga mulai bisa didudukkan, namun Anda harus menyangganya dengan bantal atau benda empuk lainnya.

10. Perkembangan Yang Mencurigakan

Source : regina_zulauf

Untuk bayi berusia empat bulan, Anda perlu sedikit konsultasi dengan dokter apabila terlihat perkembangan yang mencurigakan seperti tidak bisa tersenyum, kepala belum bisa tegak dengan usahanya sendiri, tidak mengamati gerakan benda, kakinya tidak menjejak lantai jika disangga berdiri, atau jarang mengeluarkan celoteh.

Demikianlah 10 hal mengenai bayi usia 4 bulan yang perlu Anda ketahui. Pastikan perkembangan bayi sesuai dengan usianya dan Anda tetap memperhatikan bila ada hal yang mencurigakan.

Selamat mengamati perkembangan bayi selanjutnya!