10 Hal Menarik yang Harus Diketahui Dalam Perkembangan Janin 4 Bulan

By |2018-11-08T01:53:47+00:00January 25th, 2017|Family|Comments Off on 10 Hal Menarik yang Harus Diketahui Dalam Perkembangan Janin 4 Bulan

PregnantSource: Illusive Photography

Di awal trimester kedua ini tubuh bunda telah menampakan perubahan yang nyata, dan saatnya untuk beralih dengan mengenakan baju-baju longgar yang khusus dirancang untuk ibu hamil. Masa-masa morning sickness yang dialami bunda, di trimester kedua ini sudah tak lagi sesering di trimester awal dulu. Dan berikut perkembangan janin 4 bulan yang menarik untuk di ikuti, simak selengkapnya:

1. Ukuran Janin Kini Lebih Proporsional

Source: PublicDomainPictures

Di usia janin 4 bulan ini, ukuran tubuh janin memiliki panjang kurang lebih 13 centimeter dengan berat kira-kira 140 gr. Janin bunda saat ini tubuhnya telah memiliki ukuran yang hampir menyamai kepalanya hingga membuatnya terlihat lebih seimbang antara bagian kepala dan juga tubuh janin. Efek dari pertumbuhan janin di usia ini membuat kandungan ibu semakin mengembang dan membuat perut ibu sedikit menghitam.

2. Tulang Tempurung Kepala Bayi mulai Mengeras

Source: Piepie

Tulang tempurung kepala janin yang tadinya masih berupa tulang rawan, di usia janin 4 bulan ini tulang tersebut telah mulai mengeras meski belum sekeras tulang tempurung kepala orang dewasa. Janin juga cukup lincah bergerak dalam rahim bunda, namun belum dapat dirasakan secara jelas. Saat ini rahim bunda yang mulai membesar akan membuat bunda sedikit mengalami gangguan keseimbangan tubuh, makanya sangat disarankan untuk menghindari pemakaian sepatu yang memiliki hak yang tinggi.

3. Janin Telah Memiliki Sidik Jari

Source: Artcats

Sidik jari merupakan tanda lahir yang menjadi tanda pengenal yang paling mendasar yang dimiliki setiap manusia. Di usia janin 4 bulan, kini jari-jari pada tangan janin telah mulai terbentuk sempurna hingga sidik jarinya pun mulai terbentuk. Di saat-saat ini bunda mungkin akan mengalami gangguan tidur di malam hari, hal ini cukup normal dan tidak membahayakan janin. Pilihlah posisi miring saat tidur dan berikan bantal dibawah perut agar terasa lebih nyaman.

4. Gerakan Janin Lebih Terasa

Source: Kelin

Di awal trimester kedua ini, setiap gerakan yang dilakukan oleh janin seperti berputar dan juga menendang akan dengan mudah dirasakan. Hal ini karena janin 4 bulan ini telah tumbuh lebih besar dari ukuran sebelumnya, mungkin bunda akan merasakan sensasi tendangan meski samar-samar. Di masa ini, bunda disarankan untuk mulai melakukan olah raga agar stamina bunda menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Syaraf Panca Indera Telah Terbentuk

Source: Pexels

Seiring berjalannya waktu perkembangan pada syaraf-syaraf panca indera pada janin 4 bulan yang terdapat di dalam otak telah mulai terbentuk. Jika bunda memberikan stimulasi dengan mengelus bagian bawah perut, kemungkinan janin akan memberikan respon berupa gerakan seperti tedangan. Bunda mungkin akan merasa lebih lelah dan mudah terserang penyakit seperti flu atau pun batuk, bila perlu segera saja kunjungi dokter maupun bidan terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

6. Pencernaan Janin Telah Bekerja


Source: pixabay.com

Di minggu ke 20 atau usia janin 4 bulan, sistem pencernaan dalam tubuh janin mulai bekerja saat ini. Janin mulai banyak menelan cairan amnionnya sendiri yang dalam 24 jam saja bisa 450 hingga 500 ml dapat ditelan janin, dan memprosesnya dalam usus besarnya. Saat memeriksakan kandungan, jika bunda memiliki alergi jangan sungkan untuk membicarakannya dengan dokter agar bunda terhindar dari resiko aergi saat kehamilan.

7. Lapisan Pelindung Kulit Janin


Source: Pinsetti

Jika pada bayi yang kedinginan bunda dapat memberikan selimut agar bayi terlindung, saat usia janin 4 bulan ini ia juga mulai memiliki lapisan yang pelindung kulinya dari air ketuban yakni lapisan yang terdiri dari kumpulan lemak yang disebut vernix caseosa. Dan janin telah mulai tampak seperti bayi meski masih sangat mungil dan kecil. Makanya, bunda tak boleh lelah mencukupi asupan nutrisi dengan makan makanan yang bergizi secara cukup.

8. Janin Mulai Berkedip


Source: Yanayana16

Di minggu-minggu kehamilan yang telah memasuki trimester kedua ini, janin mulai dapat mengedipkan kedua matanya. Hal tersebut terjadi karena pada bagian-bagian mata seperti retina, selaput iris, lensa serta kornea mata maupun semua bagian yang menunjang mata telah mulai dapat menjalankan fungsinya. Dan bila bunda mengarahkan cahaya ke bagian perut, maka bunda akan merasakan janin bergerak karena ia lebih peka terhadap cahaya sekarang

9. Janin Mulai Memiliki ‘Gigi’


Source: Mojpe

Meskipun bukan gigi yang sesungguhnya, namun ya, janin bunda saat ini telah memiliki ‘gigi’. Setidaknya, pada janin 4 bulan ini telah tumbuh 20 tunas dalam mulutnya yang menyerupai gigi. Tunas tersebut nantinya merupakan bagian untuk tempat tumbuhnya gigi pada bayi. Dan untuk mempersiapkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, konsumsi makanan tinggi kandungan kalsium sangat dibutuhkan oleh bunda. Ini bisa bunda dapatkan dari susu juga produk olahannya.

10. Detak Jantung Janin Mulai Terdengar


Source: Mirlidera

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, bunda akan mulai dapat mendengarkan detak jantung janin. Hal tersebut dapat didengarkan melalui alat bernama doppler yang dipergunakan oleh dokter maupun bidan saat melakukan pemeriksaan tersebut. Saat ini pun organ seksual yang ada pada janin telah terlihat semakin jelas telah dapat dibedakan dengan lebih jelas antara perempuan maupun laki-laki.

Keadaan perut bunda saat ini mulai terlihat membesar yang mungkin akan membuat keadaan menjadi sedikit tidak nyaman. Waspadai setiap hal yang dapat berpotensi menimbulkan keadaan yang gawat pada kehamilan seperti pendarahan maupun gatal yang berlebih. Dan selalu perhatikan konsumsi makanan kaya gizi yang penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Jaga kondisi kehamilan dan nikmatilah, bunda!