10 Film Drama Tentang Persahabatan yang Wajib Kamu Tonton

By |2018-11-08T15:13:16+00:00April 12th, 2017|Entertainment|Comments Off on 10 Film Drama Tentang Persahabatan yang Wajib Kamu Tonton


Source: Alexas_Fotos

Kehidupan manusia sejak masih anak-anak hingga tua tidak bisa terlepas dari persahabatan. Manusia dilahirkan dan hidup berkelompok dalam jalinan keluarga dan sahabat agar tercapai tujuan mulia yaitu menjadi khalifah di muka Bumi ini. Sahabat adalah sesama manusia yang hidup rukun saling berbagi, menolong, bercerita dan bekerja sama melakukan banyak hal. Karena begitu lekatnya persahabatan dalam konteks kehidupan manusia, para sineas film pun sejak dulu kala tak pernah kurang kreatif mengolah tema persahabatan untuk diramu dalam sebuah film yang menyedot banyak perhatian masyarakat.  Film-film tersebut lantas mendunia dan meraih banyak penghargaan, sembari terus dikenang oleh masyarakat sepanjang masa. Nah, berikut adalah 10 film drama tentang persahabatan yang laris manis di pasaran dan terus dikenang karena dalamnya alur cerita dan pesan moral di dalamnya.

1. Laskar Pelangi (2008)

Tahun 2008 insan perfilman dan penikmat film Tanah Air dibuat euphoria dengan film Laskar Pelangi yang disadur dari novel tetralogi seri pertama karya penulis eksentrik nan cerdas Andrea Hirata. Seperti dalam novelnya, film ini adalah kisah nyata sang penulis yang dituangkan untuk mengenang kisah persahabatannya bersama teman-teman masa kecilnya di SD Muhammadiyah di Gantong, Belitung Timur yang sangat erat dan penuh warna meski keterbatasan dan kemiskinan menjadi hal yang harus mereka alami. Kisah Ikal, sapaan Andrea Hirata, dan 9 orang temannya lantas menjadi sebuah memoar kisah persahabatan yang dibalut perjuangan, kesetiakawanan, kesedihan, kegembiraan, keprihatinan, dan cinta monyet yang dijalin begitu manis dengan plot kuat. Tokoh-tokoh pendukung lain juga bermain dengan apik dan ditunjang lanskap alam Belitung yang indah membuat film ini sukses di pasaran dan bahkan mendapat banyak penghargaan internasional.

2. 3 Idiots (2009)

Film dari India ini bertutur tentang lika liku kehidupan persahabatan Farhan (R. Madavhan), Raju (Sharman Joshi) dan Rancchoddas “Rancho” Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan) yang berawal dari sejak mereka menjadi mahasiswa baru di sebuah universitas di India yang dipimpin rektor nyentrik dan galak. Rancho adalah sosok sahabat paling menonjol karena kecerdasannya yang luar biasa dan sangat berani, sikapnya unik dan nyentrik dalam menghadapi hidup sehingga membuat temannya terinsipirasi. Alur cerita film ini sangat unik dan mengejutkan, banyak twist-twist yang membuat penonton kaget dan terperangah. Selain itu, film ini sarat pesan moral akan kehidupan tak hanya seputar persahabatan, namun juga bagaimana kita menghadapi hidup dan situasi tak terduga apapun. Film ini sangat sukses di pasar internasional dan banyak mendapat pujian dari kritikus film.

3. The Boy in the Striped Pajamas (2008)

A post shared by リっ (@r1i7k0) on

Film besutan internasional ini berkisah tentang 2 orang sahabat yaitu Bruno dan Shmuel. Bruno adalah komandan militer di Jerman pada era Hitler dan Shmuel adalah anak Yahudi yang ditahan di kamp tahanan Yahudi di Jerman. Dari sini saja tema ceritanya sudah bisa ditebak bahwa film ini sangat menarik karena mengangkat tema persahabatan yang banyak orang pikir itu tak mungkin terjadi. Banyak nilai moral, kegetiran hidup dan pesan kehidupan yang terangkum dalam film ini.

4. The Shawshank Redemption (1994)

Film yang sudah tergolong lawas, namun masih dikenang dan disukai penikmat film sampai hari ini karena tema yang kuat dan pesan moral yang sarat terkandung di dalamnya. The Shawshank Redemption berkisah tentang seorang banker bernama Andy Dufresne yang harus menjalani kisah hidup menyakitkan di penjara akibat sebuah kejahatan yang dituduhkan kepadanya, padahal ia sama sekali tidak pernah melakukannya. Di penjara inilah Andy bertemu dan menjalin pertemanan dengan tahanan lain bernama Ellis Ridding yang seorang penyelundup barang. Lika-liku kehidupan penjara dan drama persahabatan mereka menjadi inti cerita film ini yang sangat menarik untuk ditonton.

5. The Intouchables (2011)

A post shared by Arya Parsa ? (@aryaparssa) on

Film asal Prancis ini diangkat dari kisah nyata tentang dua orang sahabat yang berawal dari hubungan antara seorang pria Negroid yang bertampang sangar namun ternyata sangat humoris dan penyayang yang melamar pekerjaan sebagai perawat pribadi seorang pria kaya yang kesepian. Hubungan keduanya diwarnai dengan pertengkaran, saling merasa kehilangan hingga rasa haru. Jalinan ceritanya unik, dialog-dialognya sarat nilai moral dan banyak twist-twist tak terduga. Film ini banyak mendapat respon positif tak hanya dari kalangan penonton namun juga kritikus film serta meraih banyak penghargaan internasional.

6. Negeri 5 Menara (2012)

Film lokal yang satu ini juga merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Ahmad Fuadi yang juga bertutur soal kehidupannya saat nyantri di Pondok Pesantren Gontor beserta kompleksitas di dalamnya. Bersama sahabat-sahabatnya, Ahmad Fuadi banyak mendapat pelajaran dan nilai hidup yang tak ternilai dalam bentuk metode pengajaran pesantren, petualangan mereka saat mencoba pelesir dan terlambat pulang ke pesantren dan lain sebagainya.

7. The Cure (1995)

A post shared by bcberri (@bcberri) on

The Cure berkisah tentang persahabatan dua orang remaja laki-laki yang bertetangga yaitu Dexter dan Erik. Dexter adalah penderita HIV/AIDS yang terinfeksi dari transfusi darah saat ia masih bayi. Keduanya sama-sama kesepian akibat permasahan masing-masing, lalu saling berbagi dan menemukan makna hidup yang lebih dalam dari jalinan persahabatan mereka.

8. The Green Mile (1999)

A post shared by リっ (@r1i7k0) on

Film yang sarat akan kegetiran, sekaligus pelajaran hidup yang sangat dalam. Seorang sipir yang bertugas di sebuah penjara menjalin persahabatan dengan para narapidana yang menunggu hukuman mati. Di dalam penjara tersebut, terdapat sebuah sel bernama The Green Mile dimana di ruangan itulah para narapidana tinggal sembari menghitung hari untuk dihukum mati di kursi listrik. Sang sipir yang harus menyaksikan satu persatu sahabatnya mati di kursi listrik mengalami pergolakan hebat dalam hatinya yang menciptakan jalinan cerita apik dalam film ini.

9. The Kite Runner (2007)

A post shared by Gouri Shankar Patnaik (@gspee) on

Satu lagi novel yang diadaptasi dalam sebuah film, The Kite Runner karangan pengarang Amerika kelahiran Afghanistan. Film ini apik bertutur tentang dua orang sahabat bernama Amir dan Hasan yang bersahabat di zaman perang antara Taliban dan Rusia. Latar belakang peperangan dan konflik yang menjadi tema utama film ini sangat menarik, sekaligus tragis dan penuh pesan moral. The Kite Runner adalah novel yang sangat laris dan mendapat banyak penghargaan internasional, begitu pun dengan film adaptasinya.

10. Harry Potter and The Philosopher Stone (2001)

Rasanya tak ada orang di dunia yang tak mengenal kisah penyihir cilik dengan luka sambaran kilat di dahi ini dan dua sahabat kentalnya, Ron dan Hermione. Harry Potter adalah novel yang terdiri dari 7 seri karangan pengarang Inggris J.K Rowling yang merupakan novel paling laris di seluruh dunia hingga hari ini. Tak heran, penggemarnya di seluruh dunia begitu menantikan film adaptasinya. Kisah petualangan Harry selama sekolah di Hogwarts dan dua sahabatnya dengan segala lika liku, intrik dan petualangan ajaib adalah daya tarik utama film ini.

Nah, itu dia 10 film persahabatan yang akan membuatmu selalu terenyuh dan hanyut akan perasaan haru saat menontonnya. Jadi, sudah siap untuk menonton film-film itu bersama sahabatmu?