10 Fakta Yang Kamu Harus Tahu Tentang Puncak Becici

By |2018-11-08T05:03:44+00:00March 15th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 10 Fakta Yang Kamu Harus Tahu Tentang Puncak Becici

Source: Hans

Puncak Becici adalah lokasi yang tepat untuk melihat sunset dan pemandangan alam yang luar biasa. Kamu bisa menikmati pemandangan dari atas Puncak Becici, dan tentu lebih menyenangkan jika datang bersama sahabat, pasangan dan keluarga. Untuk menuju ketempat ini juga tidak terlalu sulit, dan bahkan kamu bisa berjalan bersama rombongan. Lokasi Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul – Jawa Tengah. Tahukah kamu jika Puncak Becici ini memiliki 10 fakta menarik yang wajib kamu ketahui, yuk simak 10 fakta berikut.

1. Arti Nama Becici

Becici adalah sebuah nama yang di ambil dari cerita sejarah zaman dahulu. Becici adalah sebuah gabungan nama “ambeg” yang artinya berdiam diri, dan kata ini ditambahkan suci sehingga menjadi “becici”. Masyarakat sekitar wilayah tersebut percaya, jika zaman dahulu ada seorang laki-laki yang berdiam diri di hutan pinus. Dan beliau berpesan apabila meninggal, untuk di makamkan di bukit tersebut.

2. Masuk Dalam RPH

Puncak Becici masuk dalam RPH, dan RPH sendiri adalah sebuah singkatan dari Resort Pengolahan Hutan. Pengolahan ini di lakukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Yogjakarta yang dilakukan sejak lama, sehingga lokasi hutan ke Puncak Becici ini dapat dikatakan sudah sangat diperhatikan dan di olah dengan baik oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan setempat.

3. Rute Yang Mudah

Jika kamu ingin mengunjungi Puncak Becici, maka jangan khawatir untuk masalah rute dan trek yang akan dilalui. Rute atau trek menuju ke Puncak Becici sangat mudah sekali, dan tidak memerlukan pemandu khusus kecuali di malam hari. Sebelum kamu masuk ke dalam hutan, kamu akan menemukan sebuah papan petunjuk yang mengarah ke jalan menuju Puncak. Dan ketika kamu memasuki hutan, kamu tidak perlu khawatir karena papan petunjuk sudah terpasang dengan jelas. Sehingga kemungkinan tersesat alias salah jalur minim sekali terjadi pada pengunjung.

4. Aroma Hutan Pinus

Pucak Becici terkenal akan hutan pinus yang aroma nya begitu alami, dan bahkan membuat orang merasa nyaman di dalam hutan. Saat kamu akan menuju Puncak Becici, kamu akan disuguhi dengan Hutan Pinus yang di lindungi pemerintah. Bahkan hutan tersebut di manfaatkan dengan di ambil getah Pinus nya. Sehingga tidak menutup kemungkinan, saat kamu melakukan perjalanan menuju Puncak Becici akan bertemu dengan pemanen getah Pinus.

5. Gazebo Di Tengah Hutan

Ketika kita masuk ke dalam hutan, suasana yang di bayangkan pasti akan rawan, menakutkan, bahaya, dan lain sebagainya. Tapi di hutan menuju Puncak Becici, kamu akan menemukan sesuatu yang bahkan mustahil ada di tengah hutan. Gazebo adalah suatu fasilitas yang dibuat di tengah hutan, dan ini khusus dibuat untuk para pengunjung yang ingin beristirahat di tengah Hutan Pinus.

6. Ada Penjual Makanan

View this post on Instagram

Lebih tingi lebih asik #puncakbecici #hammock

A post shared by Nanang (@nanang_jrx) on

Ketika kamu masuk hutan dan akan menuju ke Puncak Becici, tentu harus membutuhkan perbekalan yang cukup. Dan tentu mustahil jika kita membeli makanan atau minuman di dalam hutan menuju Puncak. Tapi tahukah kamu jika sebelum memasuki Hutan Pinus, kamu akan bertemu dengan banyak pedagang makanan dan minuman yang siap melayani pembelinya. Bahkan tidak jarang pedagang menjual makanan atau minuman di atas Puncak Becici, tentu hal ini menjadikan daya tarik bagi pengunjung dan pastinya tetap jaga kebersihan Puncak Becici ya kawan.

7. Pemandangan Sunset Yang Indah

Kebanyakan orang berpikir jika sunset hanya bisa dinikmati di pinggir pantai dan gunung yang sangat tinggi. Dan jika kamu juga berpikir demikian, maka cobalah untuk datang ke Puncak Becici. Disini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona, dan hamparan bukit serta pohon di bawah Puncak yang berwarna hijau. Kamu bisa menikmati sunset yang indah di atas Puncak Becici dengan sahabat, atau bahkan dengan pasangan dan keluarga.

8. Terdapat Banyak Hammock

Jika kamu ingin menikmati sepoi-sepoi angina Hutan Pinus diatas ayunan, maka Puncak Becici adalah lokasi yang tepat untuk keinginan mu. Disini kamu bisa menemukan penyewaan hammock dengan berbagai warna, dan tentu dengan harga yang bervariatif. Kamu bisa menyewa hammock dan menikmati angin Pinus dengan aroma alaminya. Bahkan kamu juga bisa menawar hammock ini pada si penyewa, tapi tetap perhatikan patokan harga yang pantas ya kawan.

9. Kebun Buah Mangunan

Ketika kamu akan menuju ke Puncak Becici, kamu bisa mengunjungi kebun buah yang ada disana. Kebun buah ini dilindungi oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Yogyakarta, dan hingga saat ini dalam masa perawatan. Kamu bisa beristirahat dan melihat-lihat kebun tersebut bersama petugas, dan tentu kamu bisa datang kesini bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

10. Tempat Outbound

Puncak Becici adalah tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan outbound. Sehingga ditempat ini banyak sekali kegiatan outbound, terutama kelompok outbound dari sekolah-sekolah. Disini terdapat banyak fasilitas outbound yang menarik, dan tentu fasilitas tersebut aman untuk digunakan anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan disini anak-anak juga bisa belajar tentang alam, tentang bagaimana seharusnya kita menghargai alam dan merawatnya dengan baik. Selamat Berlibur !