10 Fakta Untuk Anda Ketahui Tentang Minyak Nabati

By |2018-11-07T02:57:56+00:00February 28th, 2017|Culinary, Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Fakta Untuk Anda Ketahui Tentang Minyak Nabati

Source: neufal54

Saya melihat dalam beberapa tahun belakangan ini, popularitas minyak nabati makin menanjak. Artinya, makin banyak orang yang memasak menggunakan minyak nabati. Itu membuat kita ingin mengenal lebih dekat minyak non-hewani satu ini, karena itu saya mem-posting artikel 10 fakta tentang minyak nabati yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak Berbau Tajam

Source: aalmeidah

Dibandingkan dengan minyak hewani, minyak nabati cenderung memiliki bau yang tidak tajam ketika digunakan untuk memasak. Kemungkinan penyebab hal ini adalah proses minyak nabati itu sendiri yang tidak melibatkan lemak maupun produk hewani lain yang kerap kali menimbulkan bau yang menyengat.

2. Terlihat Lebih Alami

ource: Couleur

Pemrosesan minyak nabati yang tidak melibatkan produk hewani membuat minyak nabati terlihat lebih seperti “minyak” dibandingkan minyak hewani. Di beberapa supermarket dan toko-toko sejenis, saya juga melihat minyak nabati memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan minyak hewani serta terlihat memiliki lebih banyak kadar air karenanya. Semua ini membuat penampilan minyak nabati terlihat lebih alami.

3. Lebih Bersih

Source: xbqs42

Di masa lalu, saya kerap mencicipi gorengan yang digoreng menggunakan minyak hewani. Minyak terkadang masih menempel pada gorengan atau pada plastik pembungkus, sebagai hasilnya, sela-sela jari dan telapak tangan saya meninggalkan residu minyak dalam jumlah yang sangat banyak. Tidak demikian dengan minyak nabati. Gorengan yang digoreng dengan minyak nabati tidak akan meninggalkan “jejak-jejak” minyak pada tangan, sehingga dapat dikatakan minyak nabati lebih bersih.

4. Dapat Menghasilkan Masakan Sedap

Source: William Andrus

Ada banyak hal yang menjadikan minyak nabati kian tahun kian unggul. Misalnya, kemampuan minyak nabati untuk menjadikan masakan lebih sedap dan lezat. Masakan yang direbus menggunakan minyak nabati tidak akan memiliki rasa yang eneg dan terasa “rebusan”-nya, sementara itu, masakan yang digoreng atau dikrengseng akan menyerap minyak dengan sempurna sehingga rasanya lebih sedap ketika disantap.

5. Ramah Bagi Vegetarian dan Vegan

Source: liz west

Beberapa orang tidak dapat memakan daging, beberapa dengan sukarela tidak melakukannya karena alasan kesehatan ataupun aktivitas keagamaan. Karenanya, beberapa orang yang disebut dengan vegetarian atau vegan ini tidak akan makan makanan yang dimasak menggunakan minyak dari gizi hewani. Oleh sebab itu, minyak nabati hadir sebagai alternatif yang lebih baik bagi para vegan maupun vegetarian.

6. Membantu Menjaga Lingkungan

Source: Nicolas Raymond

Pemrosesan minyak nabati yang jauh dari polusi berlebih produk hewani dapat saya katakan sebagai ramah lingkungan. Karenanya, apabila kita meningkatkan penggunaan minyak ramah lingkungan ini, secara tidak langsung kita berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau dan asri. Menjaga lingkungan berlaku untuk kita semua tanpa terkecuali.

7. Alasan Untuk Menikmati Diet

Source: mojzagrebinfo

Di jaman ini, perkara menurunkan berat badan berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Kandungan lemak yang rendah pada minyak nabati dapat digunakan untuk membantu mengurangi kadar lemak yang menumpuk pada tubuh, termasuk lemak LDL atau lemak jenuh. Selain itu, banyak minyak nabati yang dapat menggelontor sisa-sisa lemak yang belum dapat dicerna organ dalam, sehingga sangat enak untuk menikmati proses diet.

8. Berbagai Jenis Campuran Yang Sehat

Source: Cottonseed Oil

Faktanya, minyak nabati sendiri terdiri atas berbagai macam jenis, tidak hanya minyak sayur saja. Terima kasih pada beberapa supermarket dan toko-toko di Indonesia, kini kita dapat menikmati berbagai macam “rasa” minyak nabati, masing-masing dengan kandungan dan khasiat kesehatannya sendiri-sendiri. Misalnya, minyak kedelai, minyak kacang, minyak biji bunga matahari, dan minyak biji buah anggur, di mana kesemuanya ini memiliki keunikan dari merek, manfaat kesehatan, maupun cara memasaknya.

9. Tidak Hanya Untuk Memasak

Source: stevepb

Fakta bahwa minyak nabati tidak hanya untuk memasak adalah fakta yang mengagetkan bagi sebagian kita, karena itu saya menganggapnya sebagai salah satu dari 10 fakta yang harus Anda ketahui tentang minyak nabati. Meskipun banyak minyak nabati di supermarket maupun toko-toko yang digunakan untuk memasak, kenyataannya ada beberapa jenis minyak nabati yang bisa langsung dikonsumsi mentah-mentah maupun dicampur dengan minuman. Biasanya, minyak jenis ini akan banyak hadir pada toko farmasi maupun acara-acara kesehatan serupa.

10. Produk Perawatan Ada Yang Mengandungi Minyak Nabati

Source: leyajacob

Seiring dengan fakta kedelapan yang mengatakan minyak nabati tidak hanya untuk memasak, berdasarkan dari yang saya lihat, ada produk perawatan yang mengandungi minyak nabati. Sepengetahuan saya, produk perawatan yang mengandungi minyak nabati misalnya adalah bedak atau cream. Produk perawatan semacam ini akan lebih terasa ringan di kulit, namun memiliki daya resap yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk perawatan yang mengandungi minyak hewani.

Itulah kesepuluh fakta untuk Anda ketahui tentang minyak nabati, jenis minyak yang menjadi primadona selama beberapa tahun belakangan ini. Mudah-mudahan setelah ini, kita makin tertarik untuk menggunakan minyak nabati yang memiliki banyak keunggulan ini.