10 Fakta Tentang Sakit Lutut: Penyebab Dan Penyembuhan

By |2018-11-08T05:18:32+00:00March 16th, 2017|Health|Comments Off on 10 Fakta Tentang Sakit Lutut: Penyebab Dan Penyembuhan


Source: Unsplash

Kalau sakit pinggang atau encok identik dengan penyakitnya orang tua, sakit lutut identik dengan penyakitnya anak muda yang penuh dengan aktivitas padat. Meskipun kelihatannya sepele, sakit lutut dapat menjadi pemicu penyakit serius lainnya apabila tidak mengetahui akar penyebab maupun cara penyembuhannya. Karena itu dalam artikel ini, saya akan memaparkan 10 fakta mengenai penyebab dan penyembuhan sakit lutut:

1. Penyebab: Syok Karena Jatuh


Source: Pezibear

Baik sakit lutut maupun sakit pinggang sama-sama disebabkan oleh jatuh, namun, natur jatuh dari sakit lutut lebih cepat temponya dibandingkan sakit pinggang. Demikian pula syok atau kejutan yang ditimbulkan otot seseorang yang habis jatuh juga lebih besar pada sakit lutut. Ketika mengalami syok, otot-otot akan menimbulkan sensasi seperti kejutan listrik, dan ini yang menyebabkan orang sakit lutut.

2. Penyebab: Alergi Olahraga Mendaki


Source: didoff

Jangan salah, alergi tidak hanya soal kekebalan tubuh seperti batuk atau pilek saja. Ada beberapa orang yang alergi dengan olahraga tertentu, seperti apapun yang melibatkan naik turun. Normalnya, ketika seseorang menaiki atau menuruni tangga, bukit, gunung, dan lain-lain, lutut seseorang akan ikut bermain. “Alergi” saat mendaki tangga, bukit, gunung, maupun hal-hal lain yang membutuhkan lutut naik-turun akan mengakibatkan lutut bekerja terlalu keras, akhirnya orang tersebut akan terkena sakit lutut.

3. Penyebab: Kecelakaan Saat Olahraga


Source: gfkDSGN

Kecelakaan dapat menyebabkan cedera pada siapapun yang mengalaminya. Tidak harus kecelakaan yang melibatkan motor, kecelakaan juga dapat terjadi pada saat melakukan olahraga tertentu yang keras seperti bola. Pada olahraga tertentu yang melibatkan bola, terkadang kita melihat antar pemainnya berbenturan hingga menimbulkan sakit lutut pada salah satu pihak pemain, yakni cedera lutut yang dapat saja menghambat performa permainan mereka.

4. Penyebab: Tulang Tempurung Lemah


Source: OpenStax College

Ada beberapa penyebab “anakan” dari tulang tempurung manusia yang lemah, antara lain bisa saja karena faktor usia, tulang tempurung yang mengalami pengapuran, atau kurang nutrisi makanan atau minuman tertentu. Karena tulang tempurung berkaitan dengan lutut seseorang, maka ketika kekuatan tulang tempurung seseorang berkurang, orang tersebut akan rawan terkena sakit lutut.

5. Penyebab: Trauma Pasca-Kecelakaan Atau Jatuh


Source: Taekwondo-am-Tegernsee

Penyebab kelima ini tidak menjadi satu dengan poin penyebab selanjutnya tentang jatuh ataupun kecelakaan olahraga, alih-alih, penyebab kelima ini akan berfokus pada trauma yang ditimbulkan oleh penderita setelah kejadian. Kejadian jatuh maupun kecelakaan seringkali menyakitkan dan meninggalkan memori yang pahit, bahkan juga dapat menimbulkan trauma. Trauma berlebihan akan membuat penderita seolah-olah mengalami deja vu dengan kejadian jatuh maupun kecelakaan yang ia alami, sehingga ia akan terus merasa jatuh atau kecelakaan padahal sebenarnya tidak. Inilah yang dapat menyebabkan sakit lututnya kambuh.

6. Penyembuhan: Berikan Obat Salep Hangat


Source: Omegatron

Meskipun Counterpain sering dipakai untuk penyembuhan sakit lutut, beberapa tahun belakangan menunjukkan adanya perkembangan yang signifikan dalam jumlah variasi obat salep hangat yang dapat dipakai penderita sakit lutut. Apapun itu variasinya, untuk menyembuhkan sakit lutut pada penderita, sebaiknya kita memberikan obat salep hangat yang cepat meresap pada lapisan kulit yang terkena sakit lutut. Dengan demikian, sakit lutut akan lebih mudah sembuh.

7. Penyembuhan: Jauhkan Diri Dari Aktivitas Berat


Source: Gilmanshin

Poin penyembuhan ini terutama berlaku untuk penderita sakit lutut yang sudah akut, namun tidak menutup kemungkinan juga penderita sakit lutut yang belum parah untuk dapat melakukannya. Separah atau seringan apapun sakit lutut yang diderita seseorang, orang tersebut perlu banyak beristirahat dan menjauhkan diri sementara dari aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkat beban terlalu berat atau melakukan berbagai macam seni beladiri. Melakukan aktivitas yang terlalu berat sebelum sembuh dikhawatirkan akan membuat lutut makin terluka dan hasilnya sakit lutut dapat menjadi makin parah.

8. Penyembuhan: Pijat Kaki


Source: andreas160578

Kalau poin penyembuhan yang ini lebih cocok untuk mereka yang sakit lututnya berupa memar-memar atau lebam yang tidak menimbulkan luka. Pijat kaki telah terbukti mendatangkan berbagai macam manfaat kesehatan, termasuk menyembuhkan sakit lutut seseorang. Pastikan untuk mengurut bagian lutut dan kaki secara searah dan memakai balsam yang hangat serta cepat meresap agar dapat menjadi metode penyembuhan sakit lutut yang baik.

9. Penyembuhan: Lemaskan Kaki


Source: Pexels

Karena lutut juga merupakan bagian dari kaki, maka melemaskan kaki juga dapat menjadi ide bagus untuk penyembuhan sakit lutut. Saya pernah mengalami di mana lutut saya lecet hingga berdarah. Saat itu, saya diberi obat oles Tiongkok sambil juga menjalani semacam terapi pelemasan kaki. Anda dapat melakukannya dengan meluruskan kaki sebesar 90 derajat atau menaik-turunkan kaki sehingga engsel lutut akan menjadi luwes dan sakit lutut pun berkurang.

10. Penyembuhan: Perbanyak Makan Daging


Source: jonathanvalencia5

Ada yang mengatakan bahwa penderita sakit lutut umumnya adalah mereka yang kurang makan daging, dan menurut pengalaman saya, saya dapat mengatakan kalau ini benar. Daging dapat menambah stamina seseorang sehingga dapat kuat berjalan dalam jarak dan jangka panjang tanpa harus jatuh tersandung. Karena itu, dengan memperbanyak makan daging, kita juga menghindarkan diri dari sakit lutut di masa yang akan datang. Sekedar saran, makan kaki ayam itu nikmat karena bisa memperkuat tempurung sekaligus tulang-tulang sekitar kaki.

Itulah 10 fakta mengenai penyebab dan penyembuhan sakit lutut yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya. Mudah-mudahan melalui apa yang saya tulis ini, kita dapat saling belajar untuk mengetahui akar penyebab sakit lutut sehingga sakit lutut dapat diatasi dengan lebih mudah. Selain itu, dengan mengetahui teknik-teknik penyembuhannya, kita juga dapat membantu diri maupun orang-orang sekitar untuk terhindar dari sakit lutut di masa yang akan datang.

Lagipula, lutut yang sehat adalah akar dari orang yang kuat berjalan, dan orang yang kuat berjalan pasti akan cepat dapat jodoh.