10 Fakta Tentang Sakit Lambung: Gejala, Penyebab, Dan Penyembuhan

By |2018-11-08T23:36:12+00:00March 17th, 2017|Health|Comments Off on 10 Fakta Tentang Sakit Lambung: Gejala, Penyebab, Dan Penyembuhan

StomachSource: MabelAmber

Kalau kita melihat dari akar kata bahasa Inggrisnya, sakit lambung sepertinya identik dengan sakit perut. Kenyataannya, perut hanyalah bagian dari lambung maupun sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Seseorang yang mengalami sakit pada lambungnya haruslah segera menindak atau menyembuhkan selagi dapat disembuhkan. Selain itu, perlu juga untuk mengetahui gejala dan penyebab di samping juga cara penyembuhan agar sakit lambung dapat diatasi dengan baik. Berikut ini adalah 10 fakta terkait gejala, penyebab, dan penyembuhan sakit lambung:

1. Gejala: Perut Seperti Dililit Ular


Source: juliaorige

Gejala pertama ini sering memiliki nama lain perut sembelit. Nama sembelit ini ada alasannya, yakni karena sensasi sakit perut yang dihasilkan oleh penderita sakit lambung seperti dililit oleh ular besar. Karena lambung dan perut sama-sama bagian dari pencernaan seseorang, maka perut yang seperti dililit ular juga merupakan gejala seseorang terkena sakit lambung. Adapun intensitasnya bervariasi antara kuat-sedang hingga sangat kuat hingga mulas tak tertahankan.

2. Gejala: Ingin Selalu Ke Toilet


Source: Hans

Entah itu ingin buang air kecil atau buang air besar, penderita sakit lambung akan selalu ingin ke toilet sebagai salah satu gejala sakit lambung yang diderita. Keinginan untuk selalu ke toilet ini dapat menjadi sesuatu yang menyebalkan, apalagi ketika penderita sakit lambung bekerja. Alasannya, seorang penderita sakit lambung dapat memiliki keinginan untuk selalu ke toilet setiap 5 menit sekali. Coba bayangkan, bagaimana dapat bekerja selagi ada di toilet untuk buang air kecil atau besar?

3. Gejala: Lidah Terasa Asam


Source: Pezibear

Poin gejala ketiga ini bisa dibilang merupakan salah satu gejala sakit lambung yang paling aneh tapi nyata. Orang-orang sakit lambung yang saya ketahui rata-rata hanya mampu merasakan rasa asam pada lidah mereka, sementara orang normal dapat merasakan 4 rasa dasar (manis, asin, pahit, asam) ditambah 1 rasa yakni umami atau gurih. Lidah yang terasa asam ini akibat penumpukan asam yang tidak dapat dicerna dalam lambung, sehingga asamnya naik ke lidah di samping juga membuat orang sakit lambung.

4. Penyebab: Kadar Asam Sedang Tinggi


Source: jill111

Telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab seseorang sakit lambung hingga merasakan anggota tubuhnya asam semuanya adalah karena asamnya naik ke organ tubuh selain lambung. Ini menandakan poin penyebab pertama (sekaligus keempat dalam artikel ini), yakni apa lagi kalau bukan kadar asam seseorang yang sedang tinggi. Sebagaimana kita tahu sebelumnya, apapun yang “terlalu” tidak akan menjadi sehat, termasuk asam yang terlalu tinggi tidak akan dapat dicerna oleh lambung. Ketidakmampuan lambung mencerna membuat seseorang mudah terkena sakit lambung.

5. Penyebab: Makan Makanan Yang Dihinggapi Serangga


Source: ROverhate

Sejak dahulu, serangga cocoknya hinggap pada tanaman dan bukan pada makanan yang dimasak. Celakanya, di berbagai lingkungan yang berbeda-beda, ada saja situasi di mana serangga menghinggapi makanan tertentu. Serangga-serangga bandel ini sangat suka dengan bau makanan yang enak, sedap, tidak mengandungi formalin, serta ditaruh di ruangan bersuhu kamar atau lembab. Beberapa serangga penghinggap makanan yang dapat menjadi penyebab seseorang sakit lambung antara lain adalah berbagai macam jenis dan ukuran lalat.

6. Penyebab: Ikut Seni Bela Diri


Source: Irish Defense Forces

Olahraga memang baik manfaatnya dan dapat membangun kesehatan manusia, namun, sekali lagi, yang “terlalu” akan membinasakan manusia. Berbagai seni bela diri aliran keras dapat menjadi pedang bermata dua bagi manusia, satu sisi manusia menjadi orang-orang yang lebih tahan banting menghadapi dunia, satu sisi juga dapat menyebabkan penyakit di tengah-tengah maupun sesudah selesai pertandingan bela diri. Sakit lambung adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kebanyakan ikut seni bela diri.

7. Penyembuhan: Hentikan Makanan Asam


Source: Meditations

Makanan asam yang dimaksud bukan hanya terbatas pada gorengan seperti ayam atau ikan asam manis saja, namun juga dapat mencakup makanan-makanan asam lain yang terlihat “sehat” seperti buah jeruk atau suplemen vitamin C. Dengan naturnya yang asam, makanan asam dapat dengan cepat melukai lambung. Lambung seseorang yang terluka akan menghambat pemulihan seseorang akan sakit lambungnya. Kalau seorang telah menderita sakit lambung, maka sakit lambung dapat saja menjadi semakin parah karena makan makanan asam.

8. Penyembuhan: Makan Makanan Yang Ringan Dan Hangat


Source: anasarojas

Banyak macan makanan bercita rasa ringan dan hangat yang dapat dikonsumsi penderita sakit lambung, namun beberapa yang umum dikonsumsi penderita sakit lambung yang saya ketahui adalah berbagai macam bubur. Sekedar informasi, bubur bukanlah sesuatu yang menakutkan untuk dikonsumsi. Orang-orang menghindari bubur karena bosan rasanya tidak enak, karena itu, untuk mengatasi bosan karena makan bubur terus, mengapa tidak menambahkan variasi yang ramah lambung? Misalnya saja dengan menambahkan ayam rebus yang dipotong kecil-kecil atau mengganti beras putih dengan beras organik yang ramah pada lambung penderita sakit lambung.

9. Penyembuhan: Atur Nafas


Source: Pexels

Di jaman yang serba sibuk ini, atur nafas tidak hanya dapat dilakukan saat seseorang duduk bersantai atau tidur saja. Seseorang juga dapat melakukan olah nafas sembari mereka bekerja. Caranya, penderita sakit lambung dapat berhenti beberapa menit atau jam setelah pekerjaan mereka selesai, lalu tarik dan buang nafas menurut aturan hitungan kelipatan 10. Lakukan ini berulang-ulang, dan sirkulasi nafas yang membaik akan dengan cepat memulihkan sakit lambung, mengingat sistem pernafasan dan pencernaan manusia saling terkait.

10. Penyembuhan: Jadilah Pribadi Yang Bahagia


Source: PublicDomainPictures

Kebanyakan orang penderita sakit lambung yang saya ketahui adalah mereka yang senantiasa merasa kosong dalam hidupnya. Saya heran, mengingat kebanyakan mereka berasal dari keluarga yang berada dan mereka juga lebih banyak berkeliling dunia daripada saya. Namun saat ditanya mengenai kehidupan, jawaban mereka tidak jauh-jauh dari pasrah. Inilah ciri dari orang yang tidak bahagia dengan hidup mereka, yang akhirnya membuat mereka terkena sakit lambung. Karena itu, untuk menyembuhkan sakit lambung, jadilah pribadi yang bahagia!

Demikianlah 10 fakta mengenai gejala, penyebab, dan penyembuhan sakit lambung yang dapat saya paparkan. Singkat cerita, sakit lambung identik dengan sakit perut, dan apapun sebutan dari sakit lambung, adalah wajib bagi kita untuk mengetahui secara persis tanda-tanda kemunculan atau gejalanya dan penyebab terjadinya untuk dapat mengetahui metode penyembuhan yang paling baik dalam mengatasi sakit lambung.

Oh, ya, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang sekitar Anda. Dengan membagikan artikel yang saya tulis ini, Anda telah membantu saya dalam memerangi sakit lambung. Kalau setuju, mari, tekan tombol share dan biarkan dunia tahu!