10 Fakta Tentang Meditasi Raja Yoga Yang Perlu Kamu Ketahui

By |2018-11-05T22:09:32+00:00May 14th, 2018|Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Fakta Tentang Meditasi Raja Yoga Yang Perlu Kamu Ketahui

Source: Pexels

Penggemar olahraga meditasi yoga pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis yoga yang satu ini. Ya, raja yoga adalah salah satu bentuk meditasi yang digunakan untuk latihan terutama untuk melatih pernafasan dan organ tubuh lainnya meskipun sebenarnya latihan ini lebih fokus pada latihan mental daripada fisik. Jika kamu ingin mempraktekkan jenis yoga yang satu ini, tidak ada salahnya mengetahui fakta terkait raja yoga yang dirangkum cintaihidup.com berikut ini!

1. Yoga Para Raja

Source: Suc

Sesuai namanya, raja yoga adalah yoga yang dipraktekkan oleh para raja atau bangsawan dijaman dahulu. Kata raja dalam bahasa Sanskrit sama artinya dengan raja dalam bahasa Indonesia dan menurut literature yang ada, yoga ini adalah salah satu bentuk meditasi yang disebut sebagai The royal path. Meskipun dulunya yoga ini dipraktekkan oleh para raja, dizama modern seperti sekarang hampir siapapun bisa mempraktekkannya.

2. Sejarah Raja Yoga

Source: Swamiananda

Sejarah raja yoga diperkirakan telah dimulai sebelum abad ke 12 oleh para bangsawan dan raja di India. Raja yoga sendiri ada dan tersirat dalam suatu kitab yoga yang dikenal dengan nama Amanaska dan juga disebutkan dalam kitab Bhagawad Ghita.  Di zaman dahulu para raja dan bangsawan mempraktekkan jenis yoga yang satu ini untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemawasan dan kebijaksanaan serta untuk menenangkan hati dan pikiran mereka. Saat ini tujuan raja yoga tidak jauh berbeda dengan tujuan raja yoga dimasa lalu.

3. Paling Kuno Dibanding Jenis Yoga Lainnya

Source: Sasint

Dalam kebudayaan dan tradisi umat hindu dikenal empat jenis yoga yang paling sering dipraktekkan diantaranya jnana, bhakti, karma dan raja yoga serta dua tipe yoga lainnya seperti hatha dan tantra. Menurut para ahli di Universitas Idaho, raja yoga adalah jenis yoga tertua dan paling kuno diantara yang lainnya.  Wajar saja karena raja yoga memang sudah ada sejak abad ke 12 dan telah dipraktekkan sejak zaman dahulu.

4. Delapan Langkah Dan Tahapan

Source: janeb13

Dalam raja yoga terdapat langkah-langkah yang harus dipenuhi dan seluruh ritualnya terdiri dari delapan langkah atau tahapan yakni Yama, Niyama, Asana, Pranayana, Pratyahara, Dharana, Dhyana, dan Samadhi. Setiap langkah dalam raja yoga memiliki filosofi dan manfaatnya masing-masing seperti yama dan niyama yang menyangkut kontrol diri, pranayana yang terkait dengan latihan pernafasan, pratyahara yang melatih konsentrasi, dharana dan dhyana yang melatih stabilisasi diri dan Samadhi yang merupakan langkah akhir dan pencapaian tujuan yoga itu sendiri.

5. Mencapai Samadhi

Source: Strecosa

Samadhi adalah tahap akhir dalam langkah serta tahapan raja yoga. Bisa dibilang tahapan akhir ini penting dalam praktek raja yoga. Seperti yang diutarakan oleh Swami Kriyananda, penasihat spiritual dan pengarang lebih dari 150 buku yoga diseluruh dunia, setelah mendapatkan Samadhi dalam raja yoga, seseorang akan merasa menjadi dirinya sendiri dan menyadari cahaya yang ada dalam tubuhnya. Ia akan merasa lebih percaya diri dan memiliki energi serta emosi yang positif.

6. Adaptasi Raja Yoga

Source: Nmoodley

Memang dulu raja yoga dipraktekkan oleh para raja dan umat hindu tapi saat ini raja yoga banyak dipraktekkan oleh para penghobi yoga. Tidak hanya itu, sejak kedatangan islam di India banyak kitab yoga terutama raja yoga yang diterjemahkan dalam bahasa Persia dan Arab. Praktek raja yoga juga diadaptasikan oleh para sufi dan filsuf dalam sejarah islam dan digunakan untuk praktek meditasi serta  menenangkan diri.

7. Mengurangi Kecemasan

Source: Sapphire Penguin

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mempraktekkan raja yoga dan salah satunya adalah untuk mengurangi kecemasan dalam diri seseorang. Untuk mendapatkan ketenangan seseorang harus melakukan tahapan-tahapan raja yoga dan melatih konsentrasi serta pernafasan dengan teratur. Dengan memiliki pernafasan yang baik serta pikiran yang tenang tentunya kecemasan dan kekhawatiranmu bisa dihilangkan.

8. Memperbaiki Emosi

Source: Xusenru

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, raja yoga juga mampu memperbaiki emosi serta sifat seseorang. Segala hal negatif dalam hati dan pikiran seseorang bisa dienyahkan dengan melakukan raja yoga secara teratur karena memang praktek yoga yang satu ini ditujukan untuk menghilangkan aura negatif dan mengembangkan sifat positis seseorang. Dengan melatih diri menggunakan raja yoga, kamu bisa mengontrol emosi dan amarahmu dengan lebih baik serta lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai masalah.

9. Konsultasi Dokter

Source: Darko Stojanovic

Sedikit berbeda dengan jenis yoga lainnya yang berfokus pada peregangan dan latihan pernafasan, raja yoga lebih memfokuskan diri pada latihan mental dan pikiran meskipun tetap disertai latihan pernafasan. Mereka yang memiliki masalah mental dan kejiwaan dianjurkan untuk menghubungi dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis atau dokter agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

10. Cukup 20 Menit Sehari

Source: Monoar

Untuk mempraktekkan raja yoga kamu tidak memerlukan banyak waktu terutama jika memiliki banyak aktifitas dan pekerjaan. Melakukan yoga 20 menit sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari raja yoga itu sendiri dan membuatmu lebih tenang. Cobalah untuk bermeditasi dengan teknik ini ditempat yang sunyi dan jauh dari keramaian, konsentrasilah dan rasakan perbedaannya setelah tahapan raja yoga selesai.

Demikian fakta tentang raja yoga yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Untuk mendapatkan manfaat  dari yoga yang kamu lakukan tentunya kedisiplinan dan ketekunan harus tetap diperhatikan. “Enjoy your yoga’s day”