10 Fakta Penting Vitamin K Yang Wajib Diketahui

By |2018-11-08T22:36:23+00:00March 27th, 2017|Health|Comments Off on 10 Fakta Penting Vitamin K Yang Wajib Diketahui


Source: Meditations

Vitamin K adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh manusia. Sama hal nya seperti jenis vitamin lainya, seperti Vitamin A, B, C,D atau E. khusus untuk Vitamin K, sepertinya belum banyak orang mengetahui betul tentang seberapa pentingkah Vitamin K untuk keperluan tubuh kita. umumnya, Vitamin K ini terdapat pada sayuran Hijau seperti Bayam, Brokoli dan Kubis Brussel. Vitamin K terdiri dari dua jenis, yaitu Vitamin K1 dan K2. Khusus untuk K2 umumnya banyak ditemukan pada kuning telur, hati juga pada keju. Vitamin K memiliki fungsi Utama yaitu membantu proses pembekuan darah. Bila anda kekurangan Vitamin K, darah yang keluar akan sulit tersumbat.

Berikut ini 10 Fakta Penting Vitamin K yang wajib Kamu Ketahui :

1. Penemu Vitamin K


Source: luvqs

Para ilmuwan, sejak dari dulu telah berusaha untuk menemukan sesuatu yang akan bermanfaat bagi manusia dikehidupan selanjutnya. Seorang ilmuwan bernama Carl Peter Henrik Dam ini yang lahir pada 21 februari 1895 dan meninggal pada 17 April 1976, adalah seorang biokimiawan Denmark yang saat itu berhasil meraih penghargaan Nobel dalam bidang Kedokteran, karena telah berhasil menemukan Vitamin K di tahun 1941. Penemuanya ini ternyata memang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Vitamin K sangat diperlukan oleh tubuh, seperti hal nya jenis vitamin  penting lainya. Jasa Carl Peter rupanya sangat besar untuk kesehatan manusia.

2. Pencegah Diabetes


Source: Myriams-Fotos

Karena vitamin K sangat berperan penting pada proses pembekuan darah, rupanya vitamin K dapat bermanfaat untuk pasien yang menderita penyakit Diabetes. Seseorang bisa terkena penyait Diabetes akibat pola makan dan konsumsi makanan yang tidak terkontrol, terutama banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula cukup tinggi, serta kolesterol yang juga tinggi. Penderita Diabetes tidak boleh sampai mengalami luka pada kulitnya, karena kemungkinan luka tersebut tidak bisa sembuh. Jenis Vitamin K1 rupanya mampu mengurangi penurunan resiko produksi Insulin yang bisa melawan penyakit Diabetes. Saat mengalami luka sekalipun, vitamin K akan membekukan darah pada luka si penderita diabtes tersebut.

3. Mencegah Kanker


Source: PDPics

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin K dapat membantu mencegah kanker. Salah satu penelitian ini diterbitkan pada bulan September 2003 di International Journal Of Oncology, menemukan bahwa pasien yang terkena kanker paru-paru dengan adanya vitamin K2 mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan penelitian sebelumnya telah menunjukan manfaat dalam mengobati leukemia. Penelitian lainya di tahun 2008 juga menyebutkan bahwa vitamin K2 memberikan perlindungan subtansial terhadap kanker prostat, yang merupakan salah satu jenis kanker paling umum di antara pria di USA.

4. Pembekuan Darah


Source: TesaPhotography

Vitamin K sangat berperan besar terhadap proses pembekuan darah, terutama saat terjadi luka pada tubuh kita. darah yang terus mengalir karena adanya luka pada kulit kita, jika tidak dihentikan akan membahayakan tubuh kita, bahkan bisa berujung kematian. Vitamin K mampu menghentikanya. Selain itu, Vitamin K juga mampu mengurangi warna kemerahan pada kulit dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Selain itu, Vitamin K juga membantu mengobati bekas terbakar matahari dan perawatan lukanya. Fakta ini memang umum diketahui oleh sebagian besar orang. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin K akan mempercepat proses pembekuan darah tersebut.

5. Melindungi Jantung dan Arteri


Source: jill111

Kamu yang memiliki gangguan kesehatan akibat tingginya tingkat Kolesterol dalam tubuh, juga memerlukan Vitamin K. protein yang dibutuhkan tubuh akan tergantung pada tingkat vitamin K untuk mengurangi kolesterol pada pembuluh darah arteri dan vena. Dengan begitu, Vitamin K dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh serta mencegah penyakit jantung. Di tahun 2009 lalu, sebuah penelitian bahkan berhasil menemukan keunggulan pada Vitamin K, karena dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner. Penyakit Jantung dan juga Jantung koroner adalah penyakit paling mematikan yang menyerang tubuh manusia dengan waktu yang cepat.

6. Tulang Wanita lebih Kuat


Source: Alexas_Fotos

Wanita yang mulai memasuki usia 35 tahun, akan rentan terhadap penyakit pengeroposan tulang, atau biasa dikenal dengan Osteoporosis. Mengkonsumsi vitamin K, sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya keretakan pada tulang pinggul. Beberapa penelitian telah dilakukan seperti penelitian Amrican Of Clinical Nutrition ini berhasil menunjukan bahwa wanita yang menglami kekurangan vitamin K pada tubuhnya, akan menyebabkan wanita tersebut memiliki tulang yang rapuh. Walaupun begitu, ternyata hal ini tidak berlaku bagi pria. Hal ini mungkin terjadi karena tingkat kepadatan tulang wanita dan pria berbeda.

7. Tanda Kekurangan Vitamin K


Source: Meditations

Seperti kita ketahui bahwa Vitamin K ini berperan penting dalam proses pembekuan darah. Seseorang yang kekurangan Vitamin K akan menunjukan ciri seperti mengalami pendarahan yang tidak segera berhenti dan tertutup lukanya. Luka tersebut umumnya juga tidak diketahui, apa sebabnya, luka ini muncul tidak jelas asalnya. Jika kamu mengalami kekurangan Vitamin K, sebaiknya menghindari agar kulit tidak terluka. Bila sudah terjadi luka, apalagi luka yang cukup dalam dan mengeluarkan banyak darah, dikhawatirkan ini akan berbahaya bagi kondisi seseorang tersebut. periksakan diri ke dokter ahli dan banyak konsumsi makanan mengandung vitamin K.

8. Vitamin K Larut Dalam Lemak


Source: congerdesign

Vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita, tentunya akan bermanfaat besar untuk tubuh, jika memang vitamin tersebut terserap oleh tubuh kita dengan sempurna. Kamu yang mungkin suka dengan makanan yang mengandung lemak, saat mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin K, vitaminya tetap akan larut sebab vitamin K memang dapat diserap tubuh bersama dengan lemak yang dikonsumsi. Justru, vitamin K akan terserap dengan sempurna bila ada unsure lemak di dalamnya. Walaupun begitu, pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam kadar yang terlalu tinggi ya, karena beresiko mendatangkan penyakit.

9. Sumber Makanan Mengandung Vitamin K2


Source: 1737576

Dari beberapa bagian vitamin K, kini kita harus mengetahui sumber makanan yang mengandung Vitamin K2. Setiap harinya, ternyata vitamin K2 diperlukan oleh tubuh kita. sumber makanan vitamin K umumnya memang terdapat pada sayuran Hijau, namun ada juga beberapa jenis makanan lain yang diperkirakan mengandung vitamin K, terutama K2 yang cukup maksimal. seperti yang terdapat pada Mayones dan telur, vitamin K2 yang terkandung di dalamnya sebesar 197 mcg. Sementara vitamin  K2 yang terkandung dalam kacang kedelai ferementasi menunjukan angka yang tinggi yaitu 1.000 mcg. Sedangkan vitamin K2 pada daging sapi dan ayam rata-rata 5mcg.

10. Orang Yang Tidak Perlu Vitamin K


Source: Freestocks

Vitamin K dan beberapa turunan vitamin K yang lain sangat bermanfaat bagi tubuh, namun ternyata beberapa orang tidak perlu untuk mengkonsumsi makanan maupun suplemen yang mengandung vitamin K. orang-orang tersebut contohnya seperti Ibu yang sedang hamil dan menyusui. Ibu harus menghindari Vitamin K2 untuk penggunaan lebih dari 65 mcg. Selain itu, jika kamu adalah orang yang pernah mengalami stroke, serangan jantung atau rentan terhadap pembekuan darah, tidak harus mengambil vitamin K2 tanpa ada ijin dari dokter ahli . orang- orang yang memiliki gejala sakit tersebut, ternyata belum bisa mengkonsumsi vitamin K secara maksimal.

sama halnya seperti jenis vitamin lain yang diperlukan tubuh kita, Vitamin K juga ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh kita. oleh karena itu kita harus sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, khususnya Vitamin K1 dan Vitamin K2. kamu yang mungkin memiliki gangguan penyakit tertentu seperti Diabetes, atau juga Kanker, maka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandug vitamin K nya akan membantu proses penyembuhan tersebut. sebaiknya, anda yang sedang hamil, memiliki kanker berat dan lainya, jangan mengkonsumsi vitamin K tanpa ijin dokter. 10 Fakta Penting Vitamin K Yang Wajib Diketahui ini semoga bisa memberikan inspirasi untuk kesehatanmu. Keep Healthy!