10 Fakta Menciptakan Dapur Sederhana yang Minimalis

By |2018-11-07T23:18:28+00:00February 9th, 2017|Lifestyle|Comments Off on 10 Fakta Menciptakan Dapur Sederhana yang Minimalis

Source: Giovanni_cg

Dapur selalu identik dengan daerah kekuasaan ibu- ibu di rumah. Oleh karena itu, mengatur dapur sesuai keinginan dari ibu- ibu di rumah adalah hal yang harus dilakukan. Jika kita memiliki rumah yang kecil, maka dapur juga akan memiliki ukuran yang kecil. Dapur yang kecil, jika tidak ditata dengan baik, akan menyebabkan berbagai peralatan masak serta bumbu- bumbu yang berantakan dan kocar- kacir kemana- mana. Menata dapur yang minimalis harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Karena luas dapur yang terbatas, tetapi dapat menampung segala keperluan masak si nyonya di rumah. Sehingga perabotan serta bentuk dapur yang tepat, dapat menciptakan dapur sederhana yang indah. Berikut ini 10 fakta menciptakan dapur sederhana serta minimalis.

1. Gunakan Kitchen Set yang Kecil

Source: sferrario1968

Ruangan yang kecil, maka usahakan memakai ukuran kitchen set yang sesuai. Karena jika memakai ukuran kitchen set yang tidak sesuai, akan menyebabkan dapur terlihat penuh dan sesak. Ukuran kitchen set juga harus dapat memuat semua benda kebutuhan dapur yang dibutuhkan. Memaksimalkan ukuran kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai dengan keinginan.

2. Manfaatkan Dinding Sebagai Rak

Source: ginsburgconstruction

Rak di atas adalah salah satu solusi memanfaatkan ruang. Lemari yang tergantung di atas, dapat dipakai sebagai lemari tambahan bagi kitchen set yang berukuran kecil. Lemari yang ada di atas, lokasinya juga tidak boleh terlalu tinggi, sehingga sulit untuk dijangkau. Tetapi juga tidak boleh terlalu besar, sehingga terlihat kaku. Usahakan ukuran lemari di bawah dengan yang di atas kurang lebih sama.

3. Pencahayaan Dapur yang Baik

Source: Giovanni_cg

Ruangan yang memiliki banyak cahaya akan menciptakan kesan luas dan lebar. Manfaatkan cahaya yang banyak untuk dapur. Karena dapur yang gelap, akan memberikan kesan dapur yang sempit dan pengap. Menciptakan banyak cahaya dapat dilakukan dengan menaruh sebuah jendela yang cukup lebar, sehingga sinar matahari dapat masuk dengan leluasa.

4. Memanfaatkan Bagian Tengah Dapur

Source: svabic

Bagi yang memiliki dapur cukup luas, dapat memanfaatkan tengah dapur sebagai meja tambahan. Hal ini akan membatu dalam proses memasak. Bagian tengah dapur biasanya difungsikan sebagai tempat untuk mempersiapkan bahan- bahan, plating, serta memamerkan makanan yang telah siap dihidangkan. Bagian tengah meja juga dapat dimanfaatkan sebagai lemari tambahan untuk menyimpan peralatan dapur tambahan.

5. Memanfaatkan Jendela

Source: shadowfirearts

Sirkulasi udara yang baik di dapur juga adalah hal yang penting. Saat memasak, maka banyak aroma yang bercampur aduk. Dapur yang memiliki sirkulasi udara yang buruk, akan menyebabkan dapur menjadi bau. Dengan memasang sebuah jendela, dapat menajdi solusi untuk sirkulasi udara yang baik. Selain itu, dengan adanya jendela, maka sinar matahari dapat masuk.

6. Memakai Warna- Warna Cerah

Source: palmettophoto1

Warna- warna cerah dipercaya dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih lebar. Untuk dapur agar terlihat lebih besar, manfaatkan warna- warna cerah seperti krem, biru muda, pink, atau kuning muda. Bagi yang menyukai warna- warna natural, dapat memakai warna coklat muda atau hijau muda. Menggabungkan dua warna gelap dan terang juga dapat dilakukan. Seperti memakai warna hitam putih, atau hijau dan coklat muda.

7. Maksimalkan Konsep Sudut Segitiga di Dapur

Source: greissdesign

Untuk ruang dapur yang kecil, memanfaatkan setiap sudut ruangan sangat dianjurkan. Bagian pojokan dapur yang biasanya tidak tersentuh, dapat dimanfaatkan sebagai tempat mengeringkan piring sesudah di di cuci. Atau tempat meletakkan microwafe dan peralatan dapur lain yang tidak dapat masuk ke dalam lemari. Memanfaatkan sudut segitiga, akan memberikan ruang lebih pada meja lain.

8. Usahakan Memakai Warna yang Senada

Source: TA9141985

Memakai warna yang terlalu mencolok di dapur, hanya akan membuat dapur tersebut terlihat semakin sempit. Usahakan memakai warna senada pada kitchen set di dapur. Hal ini juga mengurangi warna yang menyakitkan mata, akibat komposisi dapur yang tidak sesuai. Memakai warna yang senada, akan membuat dapur terlihat lebih luas dan lebar.

9. Hilangkan Sekat Antara Dapur dan Ruang Makan

Source: Archbob

Banyak orang yang terlalu memaksakan diri, ingin memiliki dapur dan ruang makan yang berbeda. Jika itu dilakukan pada rumah yang luas, mungkin dapat dilakukan. Akan tetapi, jika itu dilakukan pada rumah yang sempit, dapur akan mengalami penyempitan yang tidak perlu. Menghilangkan penyekat pada dapur dan menghubungkan dengan ruang makan, akan membuat dapur menjadi lebih luas.

10. Usahakan Lantai yang Berbentuk Diagonal

Source: ivanolambertucci

Lantai yang berbentuk diagonal, akan memberikan efek meluaskan sebuah ruangan. Pada dapur, memakai lantai diagonal, akan mambuat dapur terlihat lebih luas. Sehingga dapur terlihat nyaman di pakai.

Itulah tadi 10 fakta menciptakan dapur sederhana. Dapur adalah tempat yang sering di pakai kaum perempuan. Menciptakan dapur yang nyaman juga akan membatu menciptakan mood yang baik saat sedang memasak. Selain itu, dengan dapur yang minimalis, penyimpanan barang kebutuhan dapur akan semakin tertata. Selain itu, akan menciptakan dapur yang nyaman. Nah bagi kamu yang sedang ingin merenovasi dapur, trik ini dapat membantu. Selamat mencoba!