10 Fakta Menarik Tentang Memiliki Anak Tiri

By |2018-11-07T21:11:22+00:00January 29th, 2017|Family|Comments Off on 10 Fakta Menarik Tentang Memiliki Anak Tiri

Source: Pexels

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Namun, menjadi orang tua tiri bisa jadi lebih berat dari yang pernah Anda bayangkan. Memiliki anak tiri dalam keluarga kerap mengundang ketegangan, khususnya di saat Anda mulai beradaptasi dengan situasi ini. Simak 10 fakta berikut yang perlu Anda ketahui tentang memiliki anak tiri.

1. Rileks, hindari ranjau masalah


Source: skeeze

Saat Anda memiliki anak tiri, Anda mungkin menyadari bahwa hubungan Anda dengan sang anak dapat tersandung dengan ranjau masalah yang dapat meledak kapan saja. Rileks dan santailah dalam menghadapi hal ini. Tidak ada orang yang sempurna, begitu pula dengan Anda. Jalani kehidupan baru Anda perlahan, dan pelajari bagaimana cara terbaik dalam menjalaninya bersama-sama.

2. Biarkan rasa sayang timbul dengan sendirinya


Source: AdinaVoicu

Lupakan nasehat yang berbunyi “sayangilah anak tirimu seperti anakmu sendiri”. Tidak ada yang dapat memaksa Anda untuk menyayangi seseorang dalam sekejap. Mencintai pasangan Anda bukan berarti Anda dapat secara otomatis mencintai anaknya. Yang dapat Anda lakukan adalah tetap bersikap baik dan menghargai anak tiri Anda. Dengan membiasakan hal ini, seiring jalannya waktu Anda dapat merasa jatuh cinta dengan anak tiri.

3. Jangan berkata buruk tentang orang tua kandungnya


Source: California Cow

Apapun masalah yang sedang Anda hadapi dengan pasangan, jangan sampai anak tiri Anda mendengar Anda menjelek-jelekkan orang tua kandungnya. Selain dapat menimbulkan ketegangan, hal ini tidak adil bagi anak tiri Anda. Mungkin Anda menganggap mantan dari pasangan Anda adalah orang yang tidak sempurna, namun anak tiri Anda tetap memiliki hak untuk mencintai orang tua kandungnya.

4. Ungkapkan bahwa Anda tidak menggantikan posisi orang tua kandung


Source: White77

Mungkin Anda masih bingung dalam menempatkan peran Anda di antara anak tiri dan orang tua kandungnya. Ungkapkan bahwa hadirnya Anda pada kehidupan anak tiri Anda tidak akan mengubah peran orang tua kandungnya. Hubungan anak tiri Anda dengan orang tua kandungnya tidak harus berubah hanya karena kehadiran Anda dalam hidupnya.

5. Bersikap positif dalam hubungan Anda dengan anak tiri


Source: Olivia108

Carilah hal yang kreatif dan berfikir positif dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dengan anak tiri Anda. Peran Anda dalam hidup anak tiri Anda bukanlah sebagai pengganti orang tuanya. Biarkan orang tua kandungnya yang tetap melakukan perannya sebagai orang tua. Ciptakan suasana yang akan membuat hubungan Anda dengan anak tiri rileks dan mengalir apa adanya.

6. Anak tiri kadang tidak memedulikan Anda


Source: Rolands Lakis

Bagaimanapun Anda mencoba bersikap baik, anak tiri dapat menjadi tidak peduli dengan Anda pada awalnya. Anak tiri umumnya menganggap Anda lah yang menyebabkan kedua orang tua kandungnya berpisah, bahkan meskipun orang tua kandungnya sudah berpisah jauh sebelum kehadiran Anda. Hal ini dapat membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Hadapi perubahan ini dengan rileks.

7. Bersikap adil, tidak pilih kasih


Source: ferobanjo

Anda mungkin tidak dapat menyayangi anak tiri Anda seperti menyayangi anak kandung Anda. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda pilih kasih, atau memperlakukan anak tiri Anda berbeda. Tetaplah bersikap adil dalam memperlakukan anak tiri dan anak kandung Anda. Jika Anda cenderung pilih kasih, hubungan antara anak kandung dengan anak tiri Anda dapat menjadi buruk.

8. Jangan berharap terlalu tinggi


Source: Roderick Eime

Sebelum memulai hidup dengan pasangan dan anak tiri, mungkin Anda berharap bahwa anak tiri Anda akan menerima Anda, anda akan menyayanginya, dan hubungan Anda dengan pasangan dan orang tua kandung anak tiri Anda akan baik-baik saja. Sebaiknya jangan berharap bahwa semuanya akan dapat Anda lalui dengan mudah. Kadang anak tiri Anda masih berharap orang tua kandungnya akan bersatu kembali.

9. Jadikan masalah sebagai pembelajaran


Source: rudyanderson

Timbulnya masalah bukan berarti keluarga baru Anda tidak akan pernah bahagia. Keluarga baru Anda, termasuk anak tiri Anda, perlu menyesuaikan dengan kondisi yang baru. Kadang penyesuaian itu menimbulkan masalah dan goncangan, tetapi tetaplah yakin bahwa semua masalah tersebut untuk perbaikan menuju keluarga yang lebih baik. Jadikan masalah tersebut sebagai jalan untuk mencari hal baru, bukan sebagai suatu ancaman.

10. Mendekatlah saat anak tiri Anda siap


Source: ambermcauley

Pahamilah bahwa anak tiri Anda perlu waktu untuk menerima Anda dalam hidupnya. Bersabarlah, dan perhatikan momen kecil setiap hari dalam sikap yang ditunjukkan anak tiri Anda kepada Anda. Tempatkan posisi Anda sebagai orang dewasa dalam hidupnya, dan temukan sesuatu yang dapat Anda lakukan bersama-sama. Sesuatu yang dapat sedikit berbeda dengan yang biasa mereka dapatkan dari orang tua kandung.

Untuk menjadi keluarga yang utuh dengan pasangan dan anak tiri, bisa jadi akan memakan waktu yang agak lama untuk beradaptasi. Jalani dan nikmati saja proses menuju perubahan ini. Masalah dalam keluarga akan selalu ada.