10 Fakta Kehamilan Trimester Pertama

By |2018-11-07T02:59:34+00:00January 11th, 2017|Family|Comments Off on 10 Fakta Kehamilan Trimester Pertama

Source: pixabay

Kehamilan adalah masa-masa yang paling ditunggu dalam hidup setiap wanita. Mengandung dan melahirkan bayi yang merupakan darah daging adalah kebanggaan tersendiri bagi wanita yang sudah menikah. Salah satu hal yang sangat menggembirakan tentang masa kehamilan adalah kehamilan untuk yang pertama kali. Saat seorang wanita mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung anak pertama pastilah ia akan merasa sangat senang. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai kehamilan trimester pertama yang bisa diketahui. Simak terus ulasannya ya.

1. Morning Sickness

Source : Mojpe

Masa kehamilan memang menyenangkan namun jangan heran jika saat kehamilan trimester pertama seorang wanita akan merasa shock dan tidak nyaman dengan gejala morning sickness atau mual dan muntah berlebihan. Pada kehamilan tersebut biasanya reaksi ini akan muncul secara berlebihan dan oleh sebab itu sebaiknya hindari hal-hal yang bisa membuat ibu hamil merasa mual seperti bau yang menyengat dan istirahat yang cukup.  Untuk mengatasi morning sickness, ibu hamil bisa mengkonsumsi teh yang dicampur dengan sedikit jahe terutama jika merasa mual yang berlebihan.

2. Pertambahan Berat Badan Normal

Source : Unsplash

Berat badan yang naik saat kehamilan pertama memang normal namun ibu hamil tetap harus mengetahui kenaikan berat badan yang baik agar tidak mengalami masalah akibat obesitas atau kelebihan berat badan tersebut. Wanita dengan berat badan dibawah normal harus mengalami kenaikan berat badan hingga 14 hingga 20 kg, sementara wanita dengan berat badan normal dapat menambah berat badannya hingga 17 kg. Untuk ibu hamil yang memiliki berat diatas rata-rata atau gemuk, kenaikan berat badan sebaiknya tidak melebihi 13 kg.

3. Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Source : Rita E

Kalsium sangat dibutuhkan pada masa kehamilan terutama bagi ibu yang baru saja mengalami kehamilan di trimester pertama. Setidaknya konsumsi 1200 mg kalsium setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian. Selain dapat mendukung pertumbuhan janin, konsumsi kalsium dan suplemen kalsium dapat membantu menghilangkan rasa mual berlebihan disaat hamil.

4. Bau Badan Dan Keringat Berlebih

Source : Tiburi

Saat kehamilan trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengeluarkan keringat berlebihan dan membuat tubuhnya beraroma tidak sedap. Keringat berlebih disebabkan oleh naiknya kadar beberapa hormon di dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu hamil bisa membersihkan tubuh dengan mandi secara rutin dan menggunakan parfum atau wewangian lembut agar bau badan tidak begitu menyengat.

5. Tetap Bisa Berhubungan Seksual

Source : Estebantronsocofoto0

Meski beberapa wanita menghindari hubungan seksual saat kehamilan di trimester pertama, sebenarnya berhubungan dengan pasangan atau suami saat sedang hamil tidak menjadi masalah asalkan dilakukan dengan posisi yang benar dan dilakukan dengan hati-hati. Ibu hamil juga tetap bisa terlihat seksi dengan menggunakan pakaian yang cukup ketat dan tidak melulu mengenakan daster atau baju hamil yang terlalu besar.

6. Tidur Lebih Lama

Source : Pedro Serapio

Tidur atau istirahat adalah hal penting yang harus dilakukan seorang ibu yang baru mengalami kehamilan awal. Berdasarkan penelitian, tidur lebih lama saat malam hari dan siang hari sangat bermanfaat bagi pertumbuhan janin dan menjaga kebugaran ibu hamil. Meskipun saat hamil fase tidur seringkali terganggu dan hampir 78% wanita mengalami gangguan tidur saat kehamilan, ibu hamil tetap harus mencoba untuk tidur atau sekedar berbaring agar kesempatan tertidur lebih besar.

7. Kulit Dan Rambut Lebih Cantik

Source : Brusalvate

Jangan salah, meskipun tidak mengenakan banyak make up dan produk perawatan kecantikan, masa kehamilan adalah saat-saat dimana seorang wanita akan terlihat lebih cantik alami. Kulit ibu hamil akan menjadi halus dan bercahaya, demikian juga dengan rambutnya. Jika Anda tengah mengalami kehamilan trimester pertama, nikmati saja saat-saat tersebut karena setelah melahirkan kondisi kulit dan rambut Anda akan kembali normal.

8. Rasa Senang Dan Khawatir Dalam Waktu Yang Sama

Source : Shultz

Masa kehamilan trimester pertama adalah saat-saat yang sangat mendebarkan sekaligus menyenangkan bagi seorang wanita. Rasa senang dan bahagia pertama muncul saat wanita mengetahui kehamilannya dari dokter atau dari dua garis yang muncul pada test pack. Selain itu, wanita yang baru mengalami kehamilan awal biasanya juga akan lebih khawatir dan cemas karena takut mengalami keguguran.

9. Lebih Disayang Suami

Source : Tawny Nina

Seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya akan membawa kebahagiaan bagi suami dan keluarganya terutama jika kehadiran sang bayi telah dinanti-nantikan. Saat kehamilan di trimester pertama, suami akan lebih peduli dan rasa sayangnya akan lebih besar dibandingkan biasanya. Ia akan menuruti apa yang istrinya inginkan dan akan memberikan pelayanan VIP pada sang ibu hamil termasuk mencari semua hal yang diidamkannya demi menjaga kesehatan ibu dan bayinya.

10. Rentan Keguguran

Source : Jane Lund

Wanita yang hamil ditrimester rentan terhadap resiko kesehatan yang diakibatkan konsumsi makanan, minuman dan obat-obatan. Beberapa hal yang dapat memicu keguguran pada kehamilan trimester pertama diantaranya merokok, aktifitas berlebihan, usia hamil yang terlalu muda atau terlalu tua, konsumsi kafein berlebih dan kurang istirahat. Oleh sebab itu, wanita yang tengah hamil di trimester pertama harus lebih hati-hati dan memperhatikan segala hal yang bisa membahayakan kandungannya.

Demikian fakta-fakta seputar kehamilan trimester pertama yang bisa diketahui. Menjaga kondisi tubuh dan mental saat hamil akan sangat baik bagi pertumbuhan janin, oleh sebab itu jangan lupa untuk mengkonsumsi makan makanan sehat, cukup istirahat dan rajin-rajinlah melakukan aktifitas fisik yang ringan.

“Be Healthy And Have A Happy Pregnancy, Mom”