10 Fakta Janin 25 Minggu Yang Harus Bunda Tahu

By |2018-11-07T20:47:32+00:00January 31st, 2017|Family, Health|Comments Off on 10 Fakta Janin 25 Minggu Yang Harus Bunda Tahu

woman pregnantSource: Pexels

Bunda, pastinya tidak mudah menjalani masa kehamilan. Anda mengalami banyak perubahan tubuh yang bisa jadi membuat Anda merasa tak nyaman, tetapi ketika usia kehamilan janin 25 minggu Anda boleh bernapas lebih lega. Mengapa usia janin 25 minggu begitu dinanti di masa kehamilan? Kami punya jawaban dan fakta janin 25 minggu yang membuat semua ibu hamil patut merayakan usia kehamilannya.

1. Ucapkan Selamat Tinggal Ke Gejala Morning Sickness

Source: dianaforsberg92

Ketika usia janin 25 minggu, gejala mual-mual, pusing, muntah dan perasaan tak nyaman di tubuh yang dirasakan sepanjang masa-masa awal kehamilan mulai berkurang. Ya, tubuh Anda kini sudah beradaptasi dengan perubahan fisik yang dialaminya. Anda akan merasa lebih santai dan bahagia meski Anda harus berpergian dan beraktivitas dengan perut yang sudah membesar.

2. Kembalinya Selera Makan

Source: Pexels

Saat ini Bunda bisa merasakan kalau nafsu makan yang dulunya tak menentu kembali. Dengan berkurangnya gejala mual dan muntah di usia janin 25 minggu, tentunya Anda tak ingin melewatkan kesempatan untuk kembali makan tanpa masalah. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk Anda dan bayi, dan sekaligus memanjakan lidah Anda.

3. Janin Mulai Tampak Seperti Bayi Baru Lahir

Source: WerbeFabrik 

Sekarang janin yang tadinya hanya berupa gumpalan mulai membentuk menyerupai anak bayi. Kulitnya yang semula tampak berkeriput pun berubah menjadi halus dan ia mulai mengumpulkan baby fat yang membuatnya tembam. Tidak hanya itu, Bunda juga bisa mendapati helai rambut yang tumbuh di kepala janin serta melihat warna maupun tekstur rambut bayi Anda.

4. Tidak Hanya Bayi, Rambut Anda Pun Menjadi Lebih Indah

Source: Pexels

Ini bukan gosip atau hoax lho Bunda. Terbukti rambut ibu hamil dengan usia janin 25 minggu menjadi lebih lebat dan indah. Anda bisa merasakan helaian rambut yang terasa semakin halus saat disentuh. Rambut Anda bukannya tumbuh lebih banyak, namun mereka lebih lambat rontok. Tapi jangan sampai Anda bersedih ketika rambut tambahan ini rontok dengan sendirinya seusai persalinan.

5. Detak Jantung Janin 25 Minggu Terdengar Jelas

Source: Prawny

Dengan berat janin 25 minggu yang rata-rata sudah mencapai 3 kg, jantungnya berdetak keras sehingga siapapun yang menempelkan telinganya ke perut Bunda bisa mendengarnya. Buatlah waktu intim dengan suami dan anak dengan meminta ayah si bayi mendengarkan detak jantung bayi yang hidup di kandungan Bunda.  Jika Anda telah memiliki seorang anak sebelumnya, tumbuhkanlah rasa sayang ke adiknya dengan menuntun anak mendengar detak jantung sang adik.

6. Bayi Anda Senang Bergerak Dalam Kandungan

Source: PublicDomainPictures

Tidak hanya tendangan-tendangan kecil, tapi Bunda sudah bisa merasakan janin yang beraktivitas dalam perut. Bayi bisa mengepalkan tangannya, membalik posisi tubuh, dan bahkan terlihat jika si janin lebih dominan tangan kanan atau kiri yang digerakkan oleh sang janin. Ups, Anda juga sudah harus lebih siap dengan tendangan berikutnya yang pastinya akan lebih kuat.

7. Jenis Kelamin Janin 25 Minggu Sudah Nampak Jelas

Source: Bessi

Meski jenis kelamin sang buah hati sudah terbentuk sejak ia muncul di rahim Anda, kini perkembangan alat kelamin di usia janin 25 minggu telah terlihat jelas dan sempurna. Tak pelak Anda sudah bisa berbelanja pakaian bayi dan memberikan nama yang biasa diberikan orang tua, sesuai jenis kelamin anak, tanpa ragu-ragu lagi.

8. Janin Merespon Rangsangan Suara

Source: sidrguelph

Ini lah saat dimana Bunda dianjurkan berbicara lebih banyak dengan sang buah hati meski ia masih berenang-renang nyaman dalam kandungan Anda. Janin 25 minggu menerima rangsangan suara dengan baik, ia bereaksi ke berbagai suara di luar perut ibunya. Si jabang bayi bahkan sudah bisa mengenali suara sang ibu.

9. Siklus Bayi Tidur Dan Bangun Terasa

Source: rabble

Karena janin 25 minggu makin aktif di perut Anda, Bunda akan bisa merasakan kapan bayi tidur dan bangun. Tak jarang juga Bunda akan menyadari jika apa yang dilakukan Bunda baru saja membangunkan si janin. Hati-hati ya Bunda! Kasihan si adik jika terpaksa terbangun karena kaget dengan gerakan-gerakan yang Anda buat.

10. Organ-organ Janin Mulai Terbentuk

Source: geralt

Walau belum benar-benar sempurna, organ-organ vital janin seperti otak, paru-paru, dan sistem pencernaan telah terbentuk. Sebentar lagi organ-organ tersebut akan berkembang makin sempurna hingga waktu lahirnya tiba. Pastikan Bunda rutin melakukan kontrol ke dokter kandungan untuk mengontrol tumbuh kembang janin seterusnya dan mempersiapkan yang terbaik untuk proses persalinan yang akan datang.

Selamat menanti kelahiran sang buah hati!