10 Cara Untuk Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Cepat

By |2018-11-07T02:03:44+00:00March 2nd, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Cara Untuk Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Cepat


Source: Cajsa Lilliehook

Selain tidak enak dilihat, wajah berminyak juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kulit. Salah satu yang paling kelihatan adalah jerawat atau komedo yang membandel. Di saat yang bersamaan, wajah berminyak kerap kali memiliki penanganan yang susah. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai 10 cara untuk mengatasi wajah berminyak dengan cepat:

1. Sering-Sering Mencuci Muka


Source: laleyla5

Wajah berminyak adalah hasil dari kemalasan kita untuk merawat dan mencuci muka. Seringkali, jam kerja yang padat membuat waktu kita untuk merawat diri hilang, termasuk merawat wajah. Inilah mengapa kita tidak seharusnya terus menuruti kesibukan, karena kalau dituruti terus, kesibukan itu tidak akan ada habisnya. Luangkanlah waktu kira-kira 2-3 menit tiap harinya untuk mencuci muka sampai bersih.

2. Gosok Wajah Dengan Kain Yang Bersih


Source: garciaana

Sekalinya wajah mengeluarkan cairan, entah itu air keringat atau minyak, gosoklah menggunakan kain yang bersih. Tidak harus kain selimut atau handuk, namun kalian juga dapat menggosok memakai kain baju kalian sendiri. Menggosok wajah dengan kain yang bersih pada area yang berminyak akan menghapus minyak dengan cepat, tuntas dan baik pula.

3. Perlakukan Wajah Dengan Kelembutan


Source: DayronV

Apabila berbicara mengenai kelembutan, hal tersebut bukan saja berlaku pada natur wanita secara umum. Dalam mengatasi wajah berminyak secara cepat, kelembutan itu sangat penting. Saya sendiri memiliki minyak di bagian hidung, dan saya selalu berusaha memperlakukan bagian hidung tersebut dengan mengusapnya lembut sesudah mencuci muka.

4. Lakukan Pijat Wajah


Source: PublicDomainPictures

Pijat wajah atau totok wajah setelah mencuci muka dapat mengatasi wajah berminyak dengan cepat. Biasanya, orang cenderung melakukan pijat wajah pada area kening atau antara hidung. Untuk mengatasi wajah berminyak, saya sendiri menyarankan untuk memijat daerah yang tidak berminyak, namun paling dekat dengan daerah yang berminyak.

5. Gunakan Produk Perawatan Nabati


Source: annca

Dibandingkan dengan produk perawatan yang mengandungi zat atau produk hewani, produk perawatan yang 100% nabati tidak memiliki kadar minyak dan lemak yang tinggi atau jenuh, sehingga akan menimbulkan sensasi yang ringan pada wajah. Sensasi ringan ini untuk selanjutnya akan menyerap ke permukaan wajah dan menjadi salah satu cara mengatasi wajah berminyak secara cepat.

6. Gunakan Kosmetik Untuk Wajah Berminyak


Source: Skeyndor Cosmética Científica

Poin keenam ini dapat digabung ataupun dipisahkan dengan poin sebelumnya mengenai produk perawatan nabati. Biarpun ada produk perawatan yang 100% ramah untuk vegan, bukan berarti produk tersebut selamanya dapat menyembuhkan segala masalah penyakit wajah. Karena itu, sebaiknya sebelum membeli kita melihat dahulu apakah kosmetik yang bersangkutan adalah untuk mereka yang memiliki wajah berminyak.

7. Gunakan Kertas Minyak


Source: congerdesign

Cara ini populer sekitar awal tahun 2010. Caranya, tempelkan kertas minyak pada daerah wajah yang berminyak, lalu biarkan selama beberapa menit atau jam tergantung kadar minyak pada wajah. Sama seperti koyo pada bekas gigitan serangga yang lepas sendiri kalau sudah sembuh, kertas minyak juga akan lepas sendiri kalau minyak pada wajah sudah sepenuhnya terserap. Sekedar informasi, kertas minyak adalah kertas warna-warni yang kalau ditempel ke wajah berminyak akan timbul bekas cairan seperti tumpahan minyak.

8. Senantiasa Jaga Kebersihan Wajah


Source: Pexels

Wajah yang bersih bukan hanya enak dipandang, namun juga mendatangkan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengatasi problema wajah berminyak dengan cepat. Menjaga kebersihan wajah seharusnya tidak hanya kita lakukan pada saat pesta atau acara resmi yang butuh dandan, tetapi juga setiap hari. Mulailah dengan mencuci tangan sebelum menggosok wajah atau menjaga kebersihan dan keawetan produk perawatan maupun pakaian kita, sehingga wajah berminyak dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

9. Hindari Makan Makanan Berminyak


Source: hansbenn

Bukan hanya perut dan lambung, kulit wajah juga perlu nutrisi makanan yang sehat dan bergizi. Yang memprihatinkan, beberapa makanan memiliki kadar minyak yang tidak masuk akal hingga plastik atau kemasannya tidak bisa menyerap dan akhirnya minyak menempel di sela-sela tangan dan jari kita. Sudah begitu, membersihkannya pun susah. Saya sendiri pernah mengalami di mana makan makanan berminyak ini dapat membuat wajah berminyak, karena itu saya memasukkannya dalam salah satu dari 10 cara mengatasi wajah berminyak dengan cepat.

10. Tetaplah Tenang dan Jangan Terlalu Stres


Source: TerriC

Salah seorang teman saya mengatakan kalau hidup itu harusnya dibuat santai. Saya setuju, karena terlalu stres akan menyebabkan berbagai macam penyakit, antara lain kepala pusing, kebiasaan untuk menggaruk-garuk, dan lain-lain yang pada akhirnya juga akan memicu membukanya pori-pori dalam wajah dan menyebabkan wajah berminyak. Maka, “Let Go and Let God” adalah salah satu motto yang harus kita pegang saat sedang santai maupun bekerja.

Mudah-mudahan 10 cara yang saya paparkan di atas mengenai penanganan wajah berminyak secara cepat dapat membantu Anda untuk merawat wajah, sehingga wajah berminyak dapat diatasi dengan baik. Setelah ini, kita say no terhadap wajah berminyak!