10 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan

By |2018-11-07T02:03:52+00:00December 27th, 2016|Health|Comments Off on 10 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan


Source: PublicDomainPictures

Cara menurunkan berat badan adalah bahan pembicaraan yang tiada habisnya. Kaum hawa selalu mendambakan tubuh ideal. Segala cara pun rela untuk dilakukan. Dari sampai tidak makan setelah jam 5 sore hingga menyewa fitness instruktur dengan biaya jutaan. Inilah 10 cara terbaik menurunkan berat badan. Ada banyak cara untuk mewujudkan hal itu, tetapi sehat adalah kata kuncinya.

Jangan asal melakukan program diet lho, Ladies! Semua yang kita lakukan ada konsekuensinya. Tindakan yang terarah tentu akan memberikan efek positif.

1. Ubah Mindsetmu


Source : Ramdlon

Mindset adalah yang harus ditempatkan pada urutan pertama. Banyak orang diet memiliki pola pikir yang salah. Motivasi untuk mendapatkan hasil cepat membuat para wanita memiliki willpower ekstra. Semangat yang membara dapat membuat anda menjalankan program diet dengan baik. Akan tetapi, pola pikir yang menginginkan perubahan cepat dapat membuat frustasi lho. Pasalnya diet bukan proses instan, tetapi membuat tubuh menjalankan fungsi metabolisme dengan baik sehingga efek sampingnya adalah berat badan yang ideal. Tubuh kita sudah dilengkapi mekanisme luar biasa yang perlu digunakan dengan cara yang benar.

2. Atur Pola Makan


Source : Olearys

“Anda adalah apa yang anda makan.” Kutipan ini sangat sering kita dengan. Mengatur pola makan adalah bayangan yang membuat banyak orang enggan melakukan diet. Tidak bisa makan yang anda sukai atau rasa yang tidak memuaskan, sering menjadi tantangan tersendiri. Sebenarnya pemikiran itu agak sedikit berlebihan. Aturlah porsi anda, menu anda dan waktu makan anda. Bukankah kita tidak perlu makan sate kambing 4 kali seminggu atau sehari 3 kali? Anda boleh memakan yang anda suka tetapi porsi yang wajar, menu makan yang beragam seperti sayur dan buah-buahan, frekuensi makan secukupnya, dan jangan lupa diet is all about self-control.

3. Jangan Hindari Karbohidrat


Source: condesign

Banyak orang beranggapan pantang karbohidrat adalah kunci kesuksesan diet. Karbohidrat sering dituduh menjadi penyebab utama kenaikan berat badan. Padahal banyak ahli gizi sangat tidak menyarankan untuk meninggalkan karbohidrat sama sekali. Karbohidrat adalah sumber energi anda untuk beraktifitas sehari-hari. Tetapi mengatur porsinya dan menggantinya dengan opsi yang lebih baik. Contohnya adalah kentang, ubi, atau lontong. Ketupat atau lontong menjadi pilihan yang baik karena komposisi nasi tidak terlalu banyak. Bubur juga dapat menjadi alternative yang baik.

Perbandingan yang baik adalah 1 porsi karbohidrat dengan 2 lauk dilengkap sayur dan buah. Jika anda tidak dapat makan banyak atau melakukan aktifitas sebanding dengan kalori yang anda konsumsi, maka konsumsilah kurang dari 1 porsi karbohidrat dengan perbandingan yang sama. Jelas nasi goreng dan mie adalah pilihan terburuk untuk dikonsumsi. Dan juga semakin banyak usia anda, konsumsi karbohidrat anda semakin sedikit.

4. Olahraga secara Rutin


Source: RyanMcGuire

Yakin pasti bisa! Ucapkanlah berulang kali di kepala anda, pikiran positif sekecil apapun dapat membantu meringankan beban anda. Bagaimana jika tidak suka olahraga? Jawabannya sangat sederhana, lakukanlah secara bertahap! Mulai dari bermain dengan anak anda di taman, mengajak peliharaan anda jalan-jalan, dan berjalan saat membeli kebutuhan sehari dapat melatih secara bertahan tubuh anda bagai roda yang bergulir perlahan. Cara ini efektif menurunkan berat badan asalkan porsi makan anda dijaga. Untuk anda yang sibuk tapi sangat menyukai olahraga, anda dapat melakukan bodyweight training kapanpun anda memiliki kesempatan.

5. Naikkan Massa Otot Anda


Source: OmarMedinaFilms

Anda tidak perlu menjadikan gambar diatas sebagai target. Ada alasan kenapa harus menaikkan massa otot. Pernahkah anda mendengar perbandingan massa otot dan kandungan lemak dalam tubuh? Meskipun berat badannya sama, jika massa ototnya lebih tinggi tentu bentuk badannya akan lebih ideal. Dan memiliki massa otot membuat anda lebih mudah melakukan aktifitas yang berarti lebih mudah membakar lemak anda. Efek positif berantai akan anda rasakan jika anda melakukannya dengan benar. Banyak wanita takut badannya akan terlihat beroto. Tenang saja, untuk mencapai tahap itu diperlukan latihan binaraga khusus. Jadi ladies tidak perlu khawatir untuk menurunkan berat badan.

6. Bangun Lebih Pagi


Source: lightstargod

Bangun lebih pagi memberikan manfaat yang berlimpah. Tubuh anda akan lebih bahagia dengan rutinitas ini karena banyak organ tubuh anda akan berfungsi dengan maksimal. Contohnya saja, orang yang rutin bangun pagi cenderung memiliki pencernaan lebih baik daripada yang bangun dengan waktu tidak teratur. Anda akan memiliki waktu rutinitas lebih panjang. Setiap aktifitas baik yang kecil sekalipun akan membakar kalori anda. Jadi bangun pagilah, jauhi snooze button, beraktifitas dan raih berat badan ideal.

7. Bertahan Minimal 2 Minggu


Source: 27707

Butuh satu bulan untuk membiasakan sebuah kebiasaan baru; dan hanya butuh satu hari untuk menghancurkannya. Komitmen adalah hal wajib buat yang ingin menurunkan berat badan. Minggu pertama adalah ujian terberat anda, sedangkan minggu kedua adalah batas dari kebiasaan lama anda dan kebiasaan baru. Memang 2 mingu tidak cukup untuk kebiasaan baru meresap sempurna, tetapi ‘gejolak’ keinginan anda akan banyak berkurang. Maka jagalah komitmen, ajak teman atau keluarga anda untuk strict terhadap anda. Hanya 2 minggu pertama tingkat kesulitannya akan berkurang. Berjuanglah!

8. Belajar Meditasi


Source: Moyan Brenn

Seperti yang disebutkan sebelumnya, self-control adalah segala-galanya dalam usaha menurunkan berat badan. Dan kadang di tengah hiruk pikuk kota sangat sulit menguasai diri karena dibombardir stres. Pikiran yang keruh dapat menyebabkan anda mengambil keputusan tanpa memikirkan dampak jangka panjang. Misalnya, anda sudah berhasil hidup sehat selama setahun tetapi karena ‘asam garam’ kehidupan membuat anda ingin mencari pelarian dengan makan kesukaan anda. Dalam keadaan emosional, sulit untuk kita untuk mengukur proporsi ideal dari hal yang kita lakukan.

Disinilah meditasi dapat membantu anda menurunkan berat badan. Mungkin masih mengganjal di benak anda, apa hubunganya menurunkan berat badan dengan meditasi? Pikiran yang tenang akan membuat diet anda jauh lebih mudah. Lakukanlah meditasi paling sedikit 10 menit setiap hari. Jika anda mencobanya, sesungguhnya 10 menit bukanlah waktu yang lama. Anda dapat meditasi sebelum terlelap. Audio yang membantu meditasi anda selama 10 menit pun banyak tersedia di internet secara gratis.

9. Jauhi Kimia dan Obat-obatan


Source: jarmoluk

Obat-obatan yang didesain untuk membantu menurunkan berat badan tidaklah bagus untuk dikonsumsi. Karena cara tersebut berkontradiksi dengan cara yang lainnya. Jika anda bersusah payah mengembalikan fungsi tubuh alami untuk mengurangi berat badan, makan obat-obatan akan mengacaukan hal yang anda perjuangkan.

Apa fungsi supplemen atau vitamin jika nutrisi yang didapat dari makanan anda sudah cukup? Kelebihan vitamin hanya akan dikeluarkan lagi melalui urine. Lain ceritanya jika anda memang menjaga ketahanan tubuh atau melawan suatu penyakit. Apa manfaat penahan nafsu makan jika anda makan teratur dan terpola sehingga produksi asam lambung tidak berlebihan? Bahan kimia tidak akan membuat diet menjadi lebih mudah atau lebih cepat, malahan akan membuat fungsi kerja ginjal anda terbebani dan menghambat detoksifikasi.

10. Bersabar dan Percaya Diri


Source: web4camguy

Akan banyak yang meragukan, menggoda bahkan mentertawakan anda. Tidak perlu membalas atau menjelaskan. Pandang wajahnya dan berikan senyuman terbaik anda. Jangan lupa masih banyak diluar sana yang sama-sama berjuang seperti anda. Ingatlah pepatah, “apa yang anda tanam, itulah yang anda tuai”. Memang hasilnya tidak akan instan, tetapi anda akan menikmatinya untuk jangka panjang dilengkapi dengan berbagai efek positif pada hidup anda. Temukan teman, kerabat dan keluarga anda yang mendukung anda. Ambil energi positif mereka dan ubahlah menjadi semangat. Pacu diri anda secara bertahap untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin.

Inilah 10 cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Untuk kasus seperti obesitas dan semacamnya, tidak ada cara yang lebih baik selain diet dengan diawasi ahli gizi. Jika ada kemauan pasti ada jalan, setiap perubahan kecil yang anda lakukan akan menjadi tabungan di kemudian hari. Akan datang dimana anda tinggal menikmati hasil tabungan anda. Sayangilah diri anda dan berikan motivasi bagi yang sama-sama berjuang seperti anda.

Live healthy and be happy!