10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

By |2018-11-08T02:44:30+00:00February 11th, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

teethSource: Kjerstin_Michaela

Setiap orang tentu ingin memiliki senyum yang lebar dan penuh percaya diri. Itulah mengapa kebersihan mulut dan gigi menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Mulut yang tidak dijaga kebersihannya dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan gusi, bahkan dapat menyebabkan bau mulut tak sedap, sariawan, gusi bengkak dan penyakit lainnya. Menjaga kebersihan mulut bukanlah suatu hal yang mahal dan sulit dilakukan. Anda dapat melakukannya secara rutin setiap hari untuk memperoleh gigi dan mulut yang sehat. Berikut adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

1. Membersihkan Gigi dengan Benar

Source: stevepb

Banyak orang yang setiap hari menyikat gigi tapi tidak tahu cara membersihkan gigi yang benar. Agar gigi Anda tetap bersih setiap hari, Anda harus menyikat gigi minimal dua kali sehari yakni setelah makan dan sebelum tidur. Condongkan bulu sikat menghadap gigi dengan posisi 45 derajat di dekat gusi. Bulu sikat harus menyentuh gigi dengan perlahan. Mula- mula sikat permukaan gigi bagian depan dengan gerakan melingkar, bukan gerakan naik turun. Lanjutkan dengan menyikat gigi bagian dalam, lalu berkumurlah dengan air.

2. Membersihkan Lidah

Source: Hans

Salah satu penyebab bau mulut adalah adanya bakteri yang menumpuk di lidah. Itulah mengapa Anda harus rutin membersihkan lidah. Memersihkan lidah setiap hari dapat menghilangkan plak di lidah. Untuk membersihkan lidah, Anda dapat menyikat lidah dengan kepala sikat gigi. Akan lebih efektif lagi jika Anda menggunakan alat khusus pembersih lidah. Lidah yang bersih membuat mulut Anda terasa lebih segar dan tidak berbau.

3. Menggunakan Mouthwash

Source: Alden Chadwick

Mouthwash atau obat kumur dapat membantu Anda menjaga kebersihan mulut. Tidak semua obat kumur dapat digunakan untuk membersihkan mulut. Gunakanlah obat kumur yang mengandung listerin klorin dioksida. Senyawa tersebut membantu Anda membunuh kuman- kuman di dalam mulut. Menggunakan mouthwash setiap hari dapat membuat mulut Anda tetap bersih dan nafas menjadi segar.

4. Flossing

Source: Robert Anthony Provost

Sebagian orang mungkin belum tahu apa itu flossing. Flossing merupakan cara membersihkan sela- sela gigi menggunakan benang. Melakukan flossing dapat membantu Anda menghilangkan sisa- sisa makanan yang menempel di sela- sela gigi. Flossing dilakukan untuk menutupi kekurangan bulu sikat yang tidak bisa menjangkau sela- sela gigi. Melakukan flossing minimal sekali perhari dapat menjaga mulut Anda tetap bersih dan segar setiap hari.

5. Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin

ToothbrushSource: pexels

Sikat gigi yang tidak pernah diganti dapat menjadi sarang bagi kuman. Oleh karena itu, gantilah sikat gigi Anda secara rutin. Anda harus mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali. Jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik, jangan lupa membaca buku panduan sebelum mengganti kepala sikat. Mengganti sikat gigi secara rutin dapat membantu Anda menghindari bakteri- bakteri yang mungkin menempel di bulu sikat.

6. Menghindari Minuman yang Merusak Gigi

Source: MKDigitalArt

Ada beberapa minuman yang dapat merusak gigi seperti minuman bersoda, teh dan kopi. Jenis minuman tersebut dapat membuat gigi Anda terlihat buruk. Jika Anda tidak bisa benar- benar menghindarinya, maka kurangi konsumsi minum- minuman tersebut dan segera menyikat gigi setelah meminumnya. Jika tidak, maka minuman yang berwarna gelap akan dengan mudah menodai gigi putih Anda.

7. Mengkonsumsi Makanan Pencuci Mulut

Source: Couleur

Terdapat beberapa makanan yang termasuk dalam pencuci mulut, diantaranya adalah sayuran dan buah- buahan. Sayuran berupa wortel dan seledri cukup efektif sebagai pembersih mulut. Sedangkan jenis buah yang dikenal sebagai pembersih mulut alami adalah apel dan pir. Mengkonsumsi apel yang buahnya berdaging keras dapat membantu Anda membersihkan plak di gigi. Mengkonsumsi makanan pencuci mulut dapat dijadikan alternatif jika Anda tidak langsung menyikat gigi setelah selesai makan.

8. Mengkonsumsi Keju

Source: lipefontes0

Keju mengandung protein yang dapat mencegah terkikisnya email gigi. Selain itu, keju juga mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan gigi. Kalsium dapat terserap ke dalam tubuh dengan bantuan vitamin D. Untuk itu Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Selain vitamin D, gusi juga membutuhkan vitamin B. Vitamin B ini melindungi gusi dari pendarahan. Pada intinya, konsumsilah keju dan makanan lain yang baik untuk kesehatan gigi.

9. Memanfaatkan Baking Soda

Source: evitaochel

Baking soda dapat membantu memutihkan gigi. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup aplikasikan baking soda seperti saat kita menggunakan pasta gigi. Pastikan baking soda tidak tertelan saat menggunakannya. Baking soda yang tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kelebihan natrium di dalam tubuh. Baking soda ini juga tidak dapat digunakan setiap hari. Cukup gunakan baking soda selama sekali dalam seminggu.

10. Berkunjung ke Dokter Gigi

Source: rgerber

Jangan takut untuk berkunjung ke dokter gigi. Anda harus berkunjung ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun. Mintalah bantuan dokter gigi untuk melakukan x-ray. Dengan melakukan x-ray, deteksi kerusakan pada gigi akan lebih cepat diketahui. Dokter gigi juga akan melakukan perawatan gigi yang tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan rutin membersihkan gigi setiap hari agar kesehatan gigi tetap terjaga. Lakukan pula kebiasaan- kebiasaan baik dalam merawat gigi secara rutin. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.