10 Cara Menghilangkan Perut Buncit Secara Alami

By |2018-11-07T15:24:54+00:00February 19th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Cara Menghilangkan Perut Buncit Secara Alami

belly fatSource: PublicDomainPictures

Memiliki perut buncit tentu sangat tidak menyenangkan karena mengurangi rasa percaya diri. Kamu tidak bebas mengenakan pakaian ketat karena perut buncitmu pasti akan menonjol. Laki-laki yang berperut buncit juga terlihat lebih tua dari usianya. Bagi laki-laki, berperut buncit itu identik dengan penampilan om-om lho, sehingga kamu pasti akan berusaha dengan segala cara untuk menghilangkannya. Konsumsi obat-obatan pelangsing pun ditempuh agar mendapatkan hasil yang cepat. Walaupun sebenarnya hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Kalau kamu memang benar-benar niat membuang perut buncitmu, tinggal ikut 10 langkah menghilangkan perut buncit secara alami berikut ini:

1. Kunyah makanan secara perlahan

Source: Army Medicine

Seiring dengan gaya hidup yang semakin sibuk, orang pun kerap makan secara terburu-buru. Makanan yang perlu dikunyah secara sempurna langsung ditelan begitu saja. Padahal hal ini membuat kerja pencernaan semakin berat dan perut pun menjadi kembung. Jika ingin lebih sehat dan perut buncit berkurang, kunyahlah makanan secara perlahan hingga 30 kali.

2. Atur menu makananmu

Source: NCI

Untuk mendapatkan perut rata memang harus banyak usaha, guys, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Jika kamu ingin dengan cepat membuang lemak di perutmu, ikuti pola makan berikut:

  • Sarapan: mulailah dengan seporsi kecil buah-buahan kesukaanmu. Setelah 15 menit, lanjut dengan roti gandum dengan selai kacang yang alami.
  • Makan siang: irisan tomat dengan sedikit minyak zaitun dan air lemon segar, tahu panggang dan salad bayam dicampur irisan alpukat.
  • Kudapan sore: dua sendok biji bunga matahari dan yoghurt bebas lemak.
  • Makan malam: ubi jalar panggang, salmon panggang atau ikan lain yang kaya asam lemak omega 2, asparagus ditumis dengan minyak zaitun dan bawang putih.

3. Makan saat yang tepat

Source: Unsplash

Banyak ahli gizi yang mengatakan konsumsi protein paling baik dilakukan pada jam 3-4 sore. Kamu bisa mengonsumsi keju rendah lemak, almond dan apel organik serta kacang-kacangan lain. Makanan ringan membantu meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah. Tubuh juga akan menurunkan tingkat insulin yang pada gilirannya mengurangi lemak di perut. Pastikan kamu makan protein rendah lemak pada jam 3-4 sore.

4. Olahraga dengan menggunakan bola

Source: PublicDomainPictures

Melakukan latihan secara teratur dengan menggunakan bola akan membantu kamu mendapatkan perut rata. Yang harus diperhatikan adalah latihan ini harus diimbangi dengan diet yang tepat dan bergizi. Kalau tidak, kamu malah akan sakit karena banyak energi yang dikeluarkan tapi nutrisi yang masuk hanya sedikit. Kalau kamu tidak tahu cara latihan menggunakan bola, ada baiknya menyewa seorang instruktur yang dapat membantu kamu.

5. Kontrol jenis dan porsi makanan

Source: piviso

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perut rata dengan cepat adalah dengan mengontrol jenis dan porsi makananmu. Makanan yang terbuat dari gandum dan mengandung lemak tak jenuh terbukti mampu membuat tubuh lebih kurus. Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan seperti beras merah, barley dan gandum akan membantu menghilangkan lemak di perut. Disarankan juga untuk memasukan makanan yang kaya lemak tak jenuh seperti selai kacang, alpukat, minyak zaitun, buah zaitun dan kacang-kacang ke dalam diet harianmu. Makan dengan porsi kecil tetapi sering lebih baik ketimbang makan dalam porsi besar.

6. Olahraga kardio sambil meninju

Source: Sport-Tiedje GmbH

Melakukan latihan kardio sebanyak 4-5 kali seminggu terbukti dapat menjaga berat badan. Saat kamu berkardio, lakukan gerakan-gerakan tinju agar lemak perut hilang dengan cepat. Latihan ini mampu membakar lebih banyak kalori di perut, menambah bobot lengan dan menguatkannya. Latihan tak perlu dilakukan terlalu lama. Yang paling penting adalah dilakukan secara sering. Lakukan selama 30-45 menit dalam sekali latihan.

7. Kurangi gula

Source: la-fontaine

Gula adalah bahan makanan yang sangat akrab bagi kita. Pemanis yang satu ini sangat sulit dihindari. Namun kalau kamu memang niat menguruskan perutmu, hindari makanan bergula sesering mungkin. Jika kamu mengidamkan makanan yang manis, konsumsi buah-buahan saja karena tidak menaikkan indeks glikemik darah secara drastis. Kamu juga bisa mengganti gula dengan madu sebagai pemanis alami. Kadar insulin tetap terjaga rendah sehingga glucagon sebagai hormon yang membantu menjaga perut rata, meningkat.

8. Ikuti kelas yoga

Source: photographe

Yoga adalah serangkaian gerakan dan latihan pernapasan untuk mendapatkan fisik dan mental yang sehat. Melakukan yoga memiliki nilai plus dapat menjaga kesehatan mental. Pada dasarnya yoga melatih seluruh bagian tubuh termasuk perut. Latihan yoga sudah terbukti menguruskan tubuh di seluruh bagiannya. Ikutilah kelas yoga yang dilatih oleh instruktur yang bagus. Kamu bisa mengonsultasikan masalah perut buncitmu sehingga instrukturmu tahu latihan apa yang tepat buatmu.

9. Minum teh hijau

Source: naturalogy

Teh hijau memiliki kandungan tanin dan flavonoid yang tinggi yang merupakan antioksidan alami. Jika kamu minum teh hijau setiap hari, maka tubuhmu akan melakukan pembersihan diri (detoksifikasi) dengan cara membuang sampah dari dalam tubuh. Teh hijau sudah terbukti sebagai minuman pengurus badan sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku ramuan pelangsing.

10. Tidur yang cukup

Source: Dieter Robins

Metabolisme tubuh yang sempurna bisa terjadi dengan memberikan tubuh tidur yang cukup. Pada umumnya orang memerlukan tidur selama rata-rata 8 jam sehari. Saat tidur, tubuh melakukan detoksifikasi dengan mengandalkan nutrisi yang kita konsumsi. Tidur juga dapat mengurangi stres dan risiko depresi. Kurang tidur membuat seluruh upaya olahraga dan konsumsi makanan menjadi tidak berarti karena tubuh tidak dapat memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan 10 cara di atas, maka kamu dapat menghilangkan perut buncitmu dalam waktu yang relatif singkat. Kamu harus konsisten melakukannya secara konstan alias jangan terputus-putus. Semakin disiplin kamu menjalankannya, maka semakin cepat perut kamu mendapatkan perut rata. Hal ini tidak hanya demi penampilanmu, tapi juga kesehatanmu.