10 Cara Membuat Lulur Alami Untuk Perawatan Kulit

By |2018-11-08T02:58:35+00:00February 17th, 2017|Beauty|Comments Off on 10 Cara Membuat Lulur Alami Untuk Perawatan Kulit


Source: Pongpiya

Menjaga kecantikan dan kesehatan kulit sangatlah penting bagi Wanita. Tujuannya agar terlihat lebih menarik dan tampak awet muda. Lalu bagaimana cara merawat kulit yang benar? Apakah harus selalu menggunakan produk-produk kosmetik buatan pabrik? Oh, tentu saja tidak! Anda juga bisa memperoleh kulit yang putih bersih dengan perawatan lulur alami.

Walaupun hasilnya tidak instan, namun perawatan dengan bahan-bahan alami tidak akan membahayakan kulit Anda. Nah, kira-kira bagaimana sih cara membuat racikan lulur alami? Langsung aja yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Lulur Gula dan Madu


Source: Humusak

Racikan lulur alami pertama yang bisa Anda coba adalah campuran gula dan madu. Kedua bahan ini cukup populer digunakan sebagai bahan untuk scrubbing wajah. Gula memiliki kemampuan dalam mengeksfoliasi kulit. Sedangkan madu berperan untuk melembutkan wajah sekaligus menghilangkan jerawat. Percayalah, perpaduan gula dan madu ini dapat membuat kulit Anda terhidrasi secara baik dan tampak fresh. Anda juga bisa mengganti madu dengan air perasan lemon untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah. Namun ingat, pemakaian lemon berlebihan akan memicu iritasi.

2. Lulur Kopi dan Gula


Source: Eliasfala

Apakah Anda pecinta kopi? Atau mungkin suami Anda gemar mengonsumsi kopi? Ingat ya, setelah meminum kopi sebaiknya ampasnya jangan dibuang! Karena ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk pembuatan lulur alami. Caranya, campurkan kira-kira 1 sendok makan ampas kopi dengan ½ sendok makan gula pasir. Aduk-aduk hingga rata, kemudian aplikasikan pada wajah. Setelah 30 menit, cuci bersih kulit. Kedua bahan ini dapat membantu proses pengelupasan kulit.

3. Lulur Minyak zaitun


Source: Stevepb

Minyak zaitun untuk lulur alami? Apakah bisa? Jangan salah, walaupun hanya sekedar minyak, bahan ini memiliki kemampuan melembutkan kulit serta membuatnya tampak lebih muda. Untuk hasil lebih baik, Anda disarankan menggunakannya saat malam hari sebelum tidur. Oleskan pada kulit wajah secara menyeluruh dan bilas di keesokan paginya.

Minyak zaitun dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang bersembunyi di pori-pori. Lakukan metode lulur ini setidaknya 3 kali dalam seminggu, Anda akan melihat keajaibannya.

4. Lulur Stroberi dan Madu


Source: Couleur

Berbicara tentang stroberi, buah kecil berwarna merah ini memiliki sejuta manfaat bagi kecantikan. Salah satunya dapat membantu eksfoliasi kulit. Untuk membuat lulur stroberi, pertama Anda harus menghaluskan dua buah stroberi dengan blender. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Setelah diaduk rata, oleskan pasta stroberi pada wajah sambil dipijat-pijat. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air.

5. Lulur Tomat dan Gula


Source: Pexels

Racikan tomat dan gula adalah perpaduan yang benar-benar sempurna untuk scrubbing. Tidak hanya mengangkat sel-sel kulit mati, tomat juga membantu kulit menjadi lebih cerah dan melindunginya dari efek negatif paparan sinar UV. Cara membuat racikan ini sangat mudah, haluskan satu buah tomat. Kemudian tambahkan sedikit gula dan madu untuk mengoptimalkan proses pengelupasan.

6. Lulur Pepaya dan Nanas


Source: Sandid

Pepaya dan nanas, kedua buah ini memang sangat lezat. Selain itu juga kaya manfaat. Keduanya mengandung vitamin C dan berbagai nutrisi lain sehingga baik digunakan untuk lulur alami. Cara meraciknya, siapkan beberapa potong buah pepaya dan nanas (secukupnya) lalu masukkan ke blendar dan haluskan. Terapkan pada wajah, diamkan 20 menit. Setelah itu, cuci bersih wajah. Oiya, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun jika kulit Anda termasuk tipe kulit kering.

7. Lulur Alpukat


Source: Pexels

Hmm, mendengar nama buah ini saja sudah membuat kita meneteskan air liur. Yaph, alpukat memang tergolong buah yang banyak digemari masyarakat. Selain lezat, alpukat juga kaya asam lemak  tak jenuh dan dapat menyehatkan jantung. Tapi, siapa sangka ternyata alpukat juga bisa diolah menjadi lulur alami, loh! Hanya perlu mencampurkan alpukat dengan sedikit gula dan madu, lalu terapkan pada kulit Anda secara rutin. Hasilnya, kulit akan semakin bersih dan lebih lembut.

8. Lulur Yogurt dan Jus Lemon


Source: Reidelmeier

Anda penggemar yogurt? Sesekali gunakanlah yogurt sebagai lulur alami untuk perawatan kulit. Yogurt mengandung beragam nutrisi yang dapat membantu proses eksfoliasi. Agar hasilnya lebih optimal, jangan lupa menambahkan jus lemon. Perpaduan kedua bahan tersebut dapat membuat wajah Anda semakin cerah dan lembut seperti kulit bayi.

9. Lulur Oatmeal


Source: Haaijk

Selain bagus untuk menu diet, oatmeal juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai bahan untuk pembuatan lulur alami. Tak perlu ragu, khasiat oatmeal dalam menscrubbing wajah seampuh gula. Selain itu, oatmeal juga dapat menghaluskan kulit. Cara meraciknya, siapkan 2 sendok makan oatmeal dalam mangkuk. Lalu tambahkan sesendok madu. Aduk hingga tampak seperti pasta yang basah. Kemudian lakukan eksfoliasi selama 30 menit. Terakhir, cuci muka dengan air.

10. Lulur Kacang Almond


Source: Stevepb

Percayakah Anda bahwa Almond dapat dimanfaatkan untuk lulur alami? Ya, kacang yang kaya vitamin E ini dapat membuat kulit Anda semakin cerah dan terlindung dari radikal bebas. Dengan mencapurkan kacang almond dengan minyak zaitun, Anda bisa memperoleh khasiat lulur yang luar biasa. Cara meraciknya, pertama tumbuk beberapa butir kacang almond. Lalu tambahkan sedikit minyak zaitun hingga racikan menjadi pasta. Terapkan pada wajah setidaknya 3 kali dalam seminggu dan Anda akan memperoleh kulit cantik sesuai impian.

Itulah beberapa cara membuat lulur alami yang bisa Anda coba. Sebelum menerapkannya, pastikan Anda tidak alergi terhadap bahan-bahan diatas. Selamat mencoba!