10 Cara Membuat Bahasa Inggris Teman Asing Lebih Mudah Difahami

By |2018-11-07T01:57:14+00:00March 3rd, 2017|Lifestyle|Comments Off on 10 Cara Membuat Bahasa Inggris Teman Asing Lebih Mudah Difahami


Source: Unsplash

Bahasa inggris teman kita yang memang merupakan bahasa sehari-hari mereka di Negaranya, cukup sulit untuk kita mengerti jika memang belum terbiasa. Situasi ini biasanya dialami oleh kamu yang mungkin tinggal di Negara Asing dan baru saja masuk kuliah atau sekolah di Negara tersebut. disana, kamu perlu berinteraksi tentunya, namun karena kamu orang Indonesia, walaupun sudah belajar bahasa inggris, tetap saja ada rasa sedikit minder karena khawatir teman kita disana tidak mengerti apa yang kita ucapkan. Di luar negeri, teman-teman kita yang mungkin satu kuliah adalah orang-orang dari berbagai Negara, dan kamu harus mencoba untuk berteman dengan orang dari berbagai Negara tersebut.

Bahasa inggris justru harus dipraktikan, berikut ini ada 10 Cara Membuat Bahasa Inggris Teman Asing Lebih Mudah difahami agar kita bisa berteman dengan mereka :

1. Katakan “Yes”


Source: Unsplash

Bahasa inggris yang paling mudah untuk dihafal dan dikatakan adalah “Yes”. Ternyata bukan saja karena kalimatnya pendek, mengatakan Yes pada teman asing kita secara tidak langsung akan membuka peluang besar untuk mendapat teman asing yang baru. Kamu akan menerima lebih banyak pengalaman, seperti Ya untuk mencoba makanan baru, Ya untuk lebih santai di depan orang-orang asing yang baru. Hal tersebut akan membuat anda mudah didekati oleh mereka, dan mereka sudah pasti ingin berteman dengan anda. Orang asing sangat menyukai orang yang selalu mengatakan “yes” sebagai pertanda anda welcome terhadap pertemanan dengan mereka. masalah bahasa bisa dipelajari.

2. Jangan Malu


Source: fsHH

Sifat yang satu ini sangat “Indonesia” sekali, dimana setiap menjumpai orang asing maka kita akan merasa malu. Padahal respon mereka sebaliknya. Orang asing sangat antusias jika melihat orang asing lainya ada di sekitar dia. Namun, jika orang asing tersebut juga belum lancar berbahasa inggris, dia akan sedikit merasa gugup. Nah, pada saat inilah coba untuk lebih dulu berbicara kepada mereka. respon mereka tentu akan senang dan setelah merasa nyaman berbicara dengan kamu, mereka pasti ingin menjadi temanmu. coba mulai dengan menanyakan siapa namanya dan darimana asalnya dalam bahasa inggris. pertanyaan mudah seperti ini, umumnya mereka juga akan mengerti.

3. Tanyakan Beberapa Pertanyaan


Source: edwardpye

Setelah kamu berhasil membuka pembicaraan dengan teman-teman asing, kamu tidak usah bingung untuk melanjutkan pembicaraan. Coba tanyakan beberapa pertanyaan yang sifatnya umum. Kamu bisa bertanya seperti “apa buku favoritmu”? , “Apa Hobbimu”?,  “dimana tempat favoritmu”? . cobalah untuk menjadikan pembicaraan ini seimbang, kamu bertanya padanya dan dia akan bertanya balik kepadamu. Jangan sampai ketika mengobrol, hanya kamu yang berbicara dan menjadi sombong, karena mereka akan berpikir bahwa kamu tidak tertarik dengan mereka. buka topik pembicaraan yang menarik dan pasti mereka suka, seperti berbicara tentang trend teknologi baru dan canggih saat ini.

4. Temukan Persamaan Untuk Saling Berbagi


Source: Corinne Kutz

Tujuan dari bertanya kepada teman Asing tadi adalah untuk menemukan persamaan diantara kamu dan mereka. mungkin setelah berbicara lama, kamu akan menemukan bahwa dalam bidang music, fashion, sport kalian memiliki minat yang sama. Jika sudah begitu, pembicaraan kalian akan lebih seru dan kalian akan lebih mudah berbaur satu sama lain. Lebih luasnya lagi, mungkin kamu akan diperkenalkan kepada lebih banyak teman asing yang merupakan komunitas dari sesuatu hal yang juga kamu sukai. Teman asingmu akan bertambah lebih banyak. sebaliknya, jika kamu juga memiliki sesuatu hal yang menyenangkan dan bermanfaat tentunya, kamu juga bisa mengajak teman asingmu untuk berpartisipasi.

5. Beritahukan Mereka Tentang Negaramu


Source: amandaslabber

Orang-orang Asing seperti orang UK , USA, Canada dan dari Negara lainya sangat tertarik dengan kebudayaan dari Negara lainya. Mereka akan menganggap itu adalah hal unik. Cobalah untuk bercerita mengenai Negara Indonesia kepada mereka. ceritakan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di Negara kita. kemudian, ceritakan juga tentang berbagai kebudayaan di Negara kita, baju adat, kuliner nusantara dan keindahan alamnya. Setelah itu, mereka juga akan menceritakan hal yang sama denganmu. Komunikasi kalian akan lebih seru bukan. jika masih kesulitan dalam bahasa inggris, kamu bisa menggunakan Google Translate sekarang ini.

6. Pilihan Extrakulikuler Yang Lebih Baru


Source: WikiMediaImage

Jika kamu sedang berkuliah atau sekolah di salah satu Negara Asing, kamu akan dihadapkan pada pilihan Extrakulikuler yang beraneka macam, mulai dari olahraga, kesenian, kreativitas, memasak, teknik dan lain sebagainya. Mungkin di sekolah atau universitas tersebut ada banyak orang Indonesia yang juga sedang menempuh pendidikan disana dan kebanyakan mengambil ekstrakulikuler yang sama, karena merasa ada teman yang bisa nyambung saat berbicara. Hal tersebut tidak akan membuatmu punya teman baru, cobalah untuk masuk kulikuler yang baru yang didalamnya terdapat berbagai teman dan berbagai Negara. Misalnya kamu memilih Kriket, walaupun sebelumnya tidak pernah bermain itu, tidak masalah.

7. Berbagi tentang dirimu


Source: oscarwcastillo

Saat berteman dengan orang –orang asing, cobalah untuk berbagi tentang dirimu lebih dalam. Bukan berarti kamu harus berbagai tentang rahasia terbesar dalam hidupmu, atau kamu berbagai sesuatu hal yang bersifat pribadi kepada mereka. cobalah beritahukan bagaimana kamu dalam menyikapi sesuatu. Contohnya saja, jika kebetulan kamu dan teman –teman asing sedang menonton film, dan kebetulan film tersebut sudah pernah kamu tonton sebelumnya. beritahukan bahwa ini adalah film bagus, bahkan kamu sudah menontonya hingga 15 kali. Mereka akan berfikir, oh itu sangat manis sekali untuk seorang penggemar film. perlihatkan sisi kelebihan kamu.

8. Undang Teman Baru Untuk Beraktifitas Bersama


Source: cuncon

Tahukah kamu agar bisa terhubung dengan teman kita, cara terbaiknya adalah kita melakukan suatu aktifitas bersama-sama. Lakukan aktifitas yang menurut kalian menyenangkan, walaupun itu Cuma bermain game di komputer , menonton film atau pergi berbelanja bersama. Jika suatu saat kamu menemukan dan mau menjelajahi sesuatu hal yang baru dan membuatmu senang, beritahukan kepada teman asing tersebut dan tawari ia untuk ikut serta di dalamnya. aktifitas yang dilakukan bersama teman tentu akan selalu menyenangkan. Dengan cara ini, komunikasi bahasa inggrismu akan semakin baik, kalian lebih sering bercakap-cakap sekaligus berlatih bahasa inggris secara maksimal.

9. Teruslah Mencoba


Source: Lazare

Berkenalan dan berteman dengan orang asing juga tidak selalu mulus. Mungkin saat  kamu sudah mengenal teman asing tersebut, ternyata teman asingmu ini cukup bersikap cuek dan seperti tidak merasa cocok untuk berteman dengan kita. tidak usah berkecil hati jika kamu merasa seperti itu, karena teman asing mu ini masih banyak. Teruslah mencoba untuk membuka obrolan agar bisa menarik teman asingmu untuk berbicara bahasa inggris yang seru. Jika belum berhasil di awal pertemanan, itu wajar saja, masih banyak teman asing lainya yang menunggu untuk bisa menyapa kamu. jangan lupa, bahwa tidak ada salahnya kita yang menyapanya terlebih dulu.

10. Have Fun


Source: Unsplash

Akan sangat menyenangkan dan sangat antusias untuk bisa berbicara bahasa inggris dengan teman asing. Pada dasarnya manusia memang wujud yang alami , memerlukan kebutuhan untuk bersosial, jangan khawatir jika bahasa inggrismu sedikit terkendala. Dengan memberanikan diri dan membiasakan berbicara bahasa inggris dengan teman, kalian bisa saling mengenal satu sama lain , bertemanlah dengan lebih banyak orang dari berbagai Negara lain. Nantinya kamu bisa saling mengunjungi satu sama lain, dan berencana untuk melakukan penjelajahan ke tempat yang baru. bersama-sama untuk saling mengexplore hal baru dan menaklukan tantangan bersama akan terasa lebih seru.

berteman dengan orang lokal maupun orang asing, tidak ada bedanya. jika salah satu dari kita memang merasa malu untuk membuka obrolan, cobalah untuk lebih terbuka. kendala bahasa yang mungkin sedang dihadapi, terutama bahasa inggris bukanlah penghalang bagi kita untuk bisa memiliki lebih banyak teman lagi, terlebih teman orang asing. manfaatkan teknologi untuk bisa mempermudah bahasa inggrismu atau juga penggunaan bahasa lainya. 10 Cara Membuat Bahasa Inggris Teman Asing Lebih Mudah Difahami ini juga semoga dapat memberikan Inspirasi buat kamu yang sedang ingin memulai pertemanan dengan orang Asing. Have Fun!