10 Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Buah dan Sayuran

By |2018-11-07T04:05:52+00:00January 14th, 2017|Culinary, Health, Lifestyle|Comments Off on 10 Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Buah dan Sayuran

Source: NatalieMin

Kita semua tahu bahwa tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh asupan gizi setiap harinya. Mereka membutuhkan banyak sekali jenis makanan bergizi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Salah satu asupan yang baik untuk anak bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung banyak serat, berbagai vitamin, karbohidrat yang bagus untuk pencernaan dan juga perkembangan otak anak. Namun terkadang sulit sekali membuat anak mau memakan buah dan sayuran. Masalah ini mungkin akan menjadi masalah yang membuat para Ibu bingung untuk mengatasinya. Sebenarnya ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak susah makan buah dan sayuran, berikut adalah caranya:

1. Mengenalkan Buah dan Sayuran Sejak Dini


Source: Ponce_Photography

Setelah anak berumurĀ  enam bulan biasanya bayi boleh mengkonsumsi makanan selain. Akan lebih baik jika anda mengenalkan berbagai rasa buah-buahan kepada bayi kita. Tentunya harus memperhatikan jenis dan juga rasa dari buah dan sayuran tersebut. Misalnya kita membuat nasi tim yang dicampur dengan brokoli hijau yang dicincang atau memberi anak kita pisang yang dihaluskan. Mengenalkan buah dan sayuran sejak dini akan membuat anak kita terbiasa dengan rasa dan juga tekstur berbagai buah dan sayuran.

2. Berilah Anak Buah dengan Rasa Manis


Source: Ejaugsburg

Hal yang mungkin membuat anak benci untuk memakan buah adalah rasa trauma mereka karena pernah memakan buah yang berasa asam atau kecut. Hal ini bisa membuat anak menghindari jenis buah yang lainnya. Sebaiknya Ibu menyiapkan dan memberikan anak buah yang berasa manis terlebih dahulu sehingga anak-anak cenderung akan menyukainya dengan mudah tanpa perlu anda paksa. Misalnya anda bisa memberikan buah pisang, pepaya, melon dan juga berbagai buah manis lainnya.

3. Jangan Paksa Anak


Source: Avitalchn

Terkadang kita akan merasa kesal jika anak susah makan dan menghabiskan sayuran atau buah yang anda siapkan. Janganlah paksa anak anda, karena itu akan membuat mereka lebih tidak menyukai sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya anda beri pengertian kepada mereka misalnya dengan menjelaskan manfaat buah dan sayuran yang anda sediakan atau menanyakan jenis buah dan sayuran apa yang mereka suka. Dengan cara ini anak cenderung akan memahami mengapa kita menyuruh mereka untuk memakan buah dan sayuran karena manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh.

4. Buat Kreasi dengan Buah dan Sayuran

Anak akan merasa tertarik dengan sesuatu yang berwarna dan juga berbentuk unik. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuat bentuk yang unik dalam hidangan buah dan sayuran. Anda bisa menyajikannya dengan bentuk yang menyerupai bunga, wajah, benda, atau hewan. Memang dibutuhkan kreativitas untuk melakukannya namun tidak mengapa jika hasilnya tidak terlalu bagus karena biasanya anak menyukai sesuatu yang tidak biasa.

5. Masukan Buah dan Sayuran dalam Menu Kesukaan Anak


Source: HomeMakerĀ 

Cara lainnya untuk mengatasi anak susah makan buah dan sayuran adalah dengan memasukannya kedalam menu kesukaan anak anda. Misalnya anak anda menyukai puding, anda bisa membuat puding buah dan katakan pada anak anda bahwa puding yang anda buat kali ini akan lebih sehat dan akan lebih berwarna. Masukan berbagai macam buah dalam puding yang anda buat misalnya stroberi, jeruk, melon, dan lain-lain. Untuk sayuran anda bisa mengkreasikannya menjadi bahan untuk membuat kue, misalnya anda gunakan parutan wortel kedalam adonan untuk membuat kue bolu kesukaan anak anda.

6. Beri Mereka Pujian


Source: Pexels

Jika anak anda mampu menghabisakan sayuran dan buah-buahan yang anda sediakan, anda bisa memberi mereka pujian. Tambahkan juga penjelasan mengenai manfaat dan kandungan yang terdapat dalam buah dan sayuran yang baru saja anak anda makan. Pujian anda akan membuatnya termotivasi untuk mau memakan buah dan sayuran yang anda sajikan selanjutnya. Menurut penelitian juga mendidik anak dengan pujian akan lebih efektif dari pada mendidiknya dengan ancaman atau hukuman.

7. Libatkan Anak Dalam Menyiapkan Buah dan Sayuran


Source: Heikeschuchert

Anak biasanya akan merasa senang melakukan pekerjaan yang dikerjakan orang tuanya. Anda bisa mengajak mereka mengupas beberapa buah dan menyiapkannya untuk mereka sendiri. Ini akan memberi semangat kepada mereka untuk menghabiskannya karena mereka berpikir bahwa buah yang mereka kupas adalah hasil kerja mereka. Jangan lupa untuk memberikan pujian kepada mereka ketika mereka berhasil mengupas buah dengan benar. Sama halnya dengan sayuran, biarkan anak membantu anda melakukan kegiatan memasak dan membantu melakukan hal ringan lainnya. Anda bisa katakan kepada seluruh anggota keluarga bahwa anak anda sudah bekerja keras membantu anda menyiapkan sayuran dan buah. Pastinya anak anda akan sangat bangga akan dirinya dan semangat untuk memakan hasil kerja kerasnya.

8. Jangan Hidangkan Buah dan Sayuran Terlalu Banyak


Source: Jill111

Kita tahu bahwa banyak sekali janis buah dan sayuran yang bagus untuk kesehatan anak kita, namun cobalah untuk tidak menghidangkannya dalam waktu yang bersamaan. Jika anda menyediakan terlalu banyak jenis buah dan sayuran, anak akan merasa bingung manakah yang akan mereka pilih. Lebih baik menghidangkan satu atau dua jenis buah dan sayuran saja setiap harinya. Anda bisa mengganti jenis buah dan sayuran yang lainnya pada hari berikutnya.

9. Bangun Imajinasi tentang Buah dan Sayuran

Setiap anak menyukai imajinasi bahkan anak yang nakal sekalipun. Untuk itu setiap anak menyukai cerita-cerita yang bisa mengembangkan imajinasi mereka. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengatasi anak susah makan buah dan sayuran. Misalnya anda bisa membeli beberapa buku cerita yang bertema buah-buahan dan sayuran. Selain bisa memberikan pengetahuan kepada mereka, hal ini juga bisa membuat mereka menyukai buah dan sayuran.

10. Sisipkan Buah dalam Bekal Anak

Buah terkadang luput dari bekal yang disiapkan para Ibu, padahal Ibu bisa menyisipkan buah dan sayuran dalam bekal anak. Jika anak rutin membawa bekal buah dan sayuran, mereka akan terbiasa untuk mengkonsumsinya setiap hari walau di sekolah sekalipun. Hal ini juga akan membuat anak untuk membiasakan diri belajar memakan makanan sehat setiap hari yang akan terbawa sampai mereka dewasa. Sajikan juga bekal dengan berbagai variasi buah dan sayuran yang anak anda sukai.

Beberapa cara mengatasi anak susah makan buah dan sayuran diatas bisa anda aplikasikan di rumah. Memberi pemahaman kepada anak tentang manfaat buah dan sayuran adalah hal utama yang bisa anda lakukan untuk menumbuhkan kesukaan anak pada buah dan sayuran. Yang terpenting adalah jangan pernah memaksa anak untuk memakan buah dan sayuran, berilah penjelasan dengan kasih sayang dan bangunlah imajinasi tentang buah dan sayuran. Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi anak susah makan buah dan sayuran. Selamat mencoba!