10 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

By |2018-11-05T21:39:59+00:00August 20th, 2018|Knowledge, Lifestyle|Comments Off on 10 Cara Ampuh Mengamankan Rumah Dari Kemalingan

Sumber: TheDigitalWay

Pencurian adalah salah satu kasus kriminal yang kerap menimpa seseorang terutama saat rumah ditinggalkan kosong begitu saja. Untuk menghindari kemalingan atau tindak pencurian dalam rumah saat kamu dan keluargamu pergi, kamu tentu harus melakukan tindakan pencegahan. Tidak hanya bisa menjaga rumah dari kemalingan, kamu juga akan merasa lebih tenang saat meninggalkan rumah dalam keadaan aman saat liburan. Mau tahu cara ampuh dan tips agar rumah senantiasa aman dari kemalingan? Cek daftarnya berikut ini!

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela

Sumber: neshom

Sebelum bepergian bersama keluarga atau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan kamu mengunci semua pintu dan jendela. Terkadang hal inilah yang sering disepelekan karena menganggap pencuri tidak akan masuk lewat jendela. Pastikan semua jendela tertutup rapat baik yang berada di lantai bawah maupun lantai atas. Bila perlu, kamu bisa menambahkan teralis besi agar pintu atau rumah tak mudah dibobol.

2. Jangan “Mengiklankan” Kepergianmu di Media Sosial

Sumber: Erik_Lucatero

Hati-hati, ada baiknya jika kamu tidak memberitahukan kepergianmu bersama keluarga terutama jika meninggalkan rumah kosong di media sosial. Mengumumkan perjalananmu tentu saja bisa menarik pihak orang yang memiliki niat jahat dan memudahkan mereka menemukan rumah yang bisa menjadi sasaran empuk. Jadi, selalu waspada ya! Kalau kamu memang ingin mengupload pengalamanmu saat traveling ada baiknya kalau kamu melakukannya sesampainya di rumah atau saat perjalananmu berakhir.

3. Pasang Alarm dan CCTV dalam Rumah

Sumber: cctvsmartsystem

Memasang sistem keamanan dalam rumah juga jadi salah satu alternative terbaik untuk menghindari kemalingan. Agar rumah aman dari kemalingan, kamu bisa membayar jasa install sistem Closed Circuit Television (CCTV). Di jaman era teknologi modern ini, sangat mudah dan juga murah untuk mendapatkan jasa pemasangan dan juga bermacam pilihan jenis CCTV dengan biaya konsultasi gratis di jasapasangcctv.id. CCTV yang tersedia pun sudah dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga dapat dipantau melalui smartphone pemilik rumah, tapi tidak terbatas hanya 1 smartphone saja melainkan bisa multiple device. Penggunaan CCTV ini akan berfungsi mencegah maling yang memiliki niat jahat, dengan adanya CCTV maling akan segan untuk memasuki rumah anda. Selain itu, apabila kemalingan terjadi, kamu juga bisa melacak pelaku dengan segera lewat CCTV yang kamu pasang.

4. Simpan Perkakas Rumah Tangga di Tempat Aman

Sumber: picjumbo_com

Beberapa peralatan atau perkakas rumah tangga seperti palu, linggis, guntung dan benda tajam lainnya bisa membantu maling atau pencuri dalam melaksanakan aksinya. Oleh sebab itu, sebelum pergi kamu juga mesti mengecek perkakasmu supaya tersimpan di tempat yang aman, bahkan jika bisa simpan dan kuncilah perkakas tersebut di tempat yang sulit dijangkau.

5. Potong Tanaman dengan Rapi

Sumber: Kaz

Semak dan pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah terutama dekat dengan jendela bisa menjadi salah satu pelindung pencuri saat melakukan aktivitasnya. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah memangkas tanaman supaya semak atau dedaunannya tidak menghalangi pandangan warga apabila terjadi sesuatu di dalam rumahmu.

6. Beritahu Tetangga

Sumber: JayMantri

Tetangga adalah orang yang penting saat kamu bepergian. Kamu bisa meminta bantuan tetanggamu untuk selalu mengawasi rumah ketika bepergian terutama apabila ada aktivitas mencurigakan. Beritahukan kepada tetangga atau rt setempat bahwa kamu meninggalkan rumahmu dalam keadaan kosong dan berapa lama kamu akan pergi sehingga mereka bisa memantau dan curiga apabila ada orang yang masuk dalam rumahmu atau ada suara yang mencurigakan di dalamnya.

7. Tambah Lampu Penerangan di Luar Rumah

Sumber: Martinasky97

Suasana halaman rumah yang gelap bisa jadi salah satu hal yang memudahkan aksi pencuri. Agar rumahmu lebih aman dari kemalingan dan orang yang tinggal di sekitarmu atau tetangga bisa lebih mudah mengawasi rumah, ada baiknya kalau kamu memasang lebih banyak lampu di luar rumah. Lebih baik menghabiskan sedikit uang untuk investasi keamanan daripada harus kehilangan barang berharga akibat kemalingan, bukan?

8. Buat Rumahmu Terlihat “Hidup”

Sumber: Pexels

Hal ini juga penting dilakukan saat kamu bepergian. Mintalah bantuan pada seseorang yang kamu percaya misalnya sanak saudara, teman atau tetangga untuk membuat rumahmu terlihat hidup. Misalnya dengan menyalakan lampu di malam hari atau membuka jendela di siang hari. Penampakan rumah yang terlihat hidup bisa mengecoh maling dan membuat mereka berpikir dua kali saat ingin melakukan aktivitas kriminal dalam rumahmu.

9. Tinggalkan Catatan Nomor

Sumber: Betshy

Meski kamu sudah memastikan keamanan rumah, kamu tetap harus melakukan beberapa tindakan preventif lainnya untuk menghindari aksi para maling. Jangan lupa untuk memasang nomormu dan nomor polisi setempat di depan rumah untuk memudahkan orang lain menghubungimu dan menghubungi pihak berwajib apabila terjadi sesuatu dalam rumahmu. Pastikan kamu menuliskannya pada tembok atau tempat lain dengan tinta atau penanda permanen agar tidak mudah dihapus oleh para maling atau pencuri.

10. Jauhkan Benda Berharga dari Jendela

Sumber: Manbob86

Meletakkan TV layar besar, Ac, atau benda berharga lain di dekat jendela yang mudah terlihat bisa mengundang niat jahat para pencuri lho. Jadi, jika kamu sudah siap untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, sebaiknya kamu menjauhkan benda tersebut dari jendela atau dari pandangan orang yang lalu lalang di depan rumahmu. Hindari juga menyimpan box bekas barang berharga di sekitar rumah yang bisa memancing pencuri masuk ke dalam rumah.

 

Itulah beberapa cara mudah untuk mengamankan rumah dari kemalingan. Ingatlah kalau tindakan preventif yang kamu lakukan bisa sangat bermanfaat dan akan membuatmu merasa lebih tenang selama bepergian. “So, always keep your home safe”