10 Cara Alami yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

By |2018-11-07T04:59:59+00:00January 16th, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Alami yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Lose weightSource: pixabay

Memiliki bentuk tubuh yang langsing dan kurus adalah idaman setiap wanita. Para wanita mengupayakan apapun agar bisa menurunkan berat badan mereka salah satunya adalah dengan berdiet. Mereka ingin sekali mencapai berat badan idel mereka, bahkan mereka berani untuk melakukan diet yang ekstrem yang sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh. Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk menurunkan berat badan yang bisa kita mulai dari perubahan gaya hidup kita. Cara alami ini tentunya tidak hanya dapat menurunkan berat badan namun juga dapat membuatmu mendapatkan kebiasaan gaya hidup yang sehat. Berikut adalah 10 cara alami yang ampuh menurunkan berat badan:

1. Minumlah Segelas Air Sebelum Makan

liquid-1210614_1280Source: pixabay

Sebelum kamu memulai untuk makan minumlah segelas air putih terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih cepat kenyang dan akan membuatmu tidak mengambil banyak makanan. Terkadang rasa lapar juga merupakan respon otak karena tubuh memerlukan air minum, sehingga kamu dapat memastikannya dengan meminum segelas air sebelum kamu mengambil makanan apapun.

2. Makanlah Sebelum Merasa Lapar

meatSource: lehni

Banyak orang yang beranggapan bahwa diet adalah menahan rasa lapar dalam waktu yang lama. Padahal anggapan ini sangatlah salah, rasa lapar yang berlebihan bisa membuat kita terlalu berhasrat untuk mengambil dan memakan banyak makanan. Bahkan terkadang rasa lapar bisa memicu orang untuk memakan makanan yang mereka sukai tanpa memikirkan apakah makanan itu sehat atau tidak.

3. Makanlah Sering dengan Porsi yang Kecil

broccoliSource: kgjerseth

Lebih baik kamu makan 5-6 kali sehari dengan porsi yang kecil daripada kamu makan 3 kali sehari dengan porsi yang banyak. Kebiasaan memakan makanan dengan porsi yang kecil akan membuat lambungmu lebih sehat dalam mencerna makanan yang kamu makan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan komposisi sehat dalam setiap makanan yang kamu makan.

4. Jangan Tidur Larut Malam


Source: zaphad1

Kebiasaan tidur larut malam membuat tubuh tidak bisa menyelesaikan tugasnya. Beberapa proses dalam tubuh hanya akan bekerja saat kamu tertidur. Selain itu begadang bisa membuatmu makan lebih banyak makanan karena kamu membutuhkan energi tambahan selama kamu terjaga. Sebaiknya tidurlah minimal 6-8 jam per hari agar tubuh bisa menyelesaikan proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Seringnya tidur larut malam juga bisa menimbulkan berbagai penyakit pencernaan dalam jangka panjang.

5. Makanlah Perlahan

BabySource: 3217138

Makan terburu-buru menurut penelitian memang bukan hal yang baik. Lebih baik jika kita bisa mengunyah makanan kita secara perlahan sebanyak 30 kali. Hal ini berguna untuk meringankan kerja lambung untuk menghancurkan makanan. Makan dengan cepat juga bisa membuat kita tidak menikmati makanan yang kita makan dan kita cenderung untuk mengambil lebih banyak makanan lagi. Sebaliknya makan dengan perlahan bisa membuat kita lebih cepat merasa kenyang, karena kita berusaha memanipulasi otak bahwa kita sudah cukup banyak mengunyah makanan.

6. Olahraga Secara Rutin

kayakingSource: skeeze

Setiap jenis diet sehat pasti menyarankan kamu untuk berolahraga secara teratur. Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga membakar lemak. Dalam program menurunkan berat badan olahraga sangat berperan penting untuk membakar kelebihan lemak dalam tubuh sehingga berat badanmu akan lebih cepat turun.

7. Jangan Lewatkan Sarapan

breakfastSource: Unsplash

Sarapan adalah asupan penting sebelum kamu memulai hari. Tetapi banyak sekali orang yang melewatkan sarapan karena alasan kesehatan atau kebiasaan tidak sarapan. Padahal sarapan adalah asupan yang penting sebagai energimu menjelang siang hari. Melewatkan sarapan akan membuatmu lebih cepat lapar sebelum waktu makan siang. Itu akan membuat jadwal makanmu menjadi berantakan dan membuat tubuh menjadi tidak stabil.

8.Ingat Apa yang Telah Kamu Makan

MenuSource: coombesy

Mengingat makanan apa yang kamu makan sebelumnya berguna untuk membuatmu merasa lebih ragu untuk mengambil banyak makanan pada waktu makan selanjutnya. Cara ini juga merupakan salah satu taktik kita untuk memanipulasi otak sehingga otak berpikir bahwa kita sudah banyak memakanan makanan.

9. Mengganti Cemilanmu dengan Cemilan Sehat

melonSource: pixabay

Bila kamu merasa lapar sebelum jam makan kamu biasanya akan mengambil cemilan untuk mengganjal rasa laparmu. Tetapi jika kamu berniat untuk menurukan berat badanmu, kamu harus mengganti cemilanmu dengan cemilan sehat yang berasal dari buah-buahan atau sayuran. Memakan buah-buahan atau sayuran sebagai cemilanmu akan membuat tubuhmu sehat dan juga kenyang dalam waktu yang bersamaan.

10. Mengurangi Makanan Manis

CakeSource: pixabay

Aturlah makanan manis yang kamu konsumsi setiap harinya. Makanan manis bisa membuat diet atau program penurunan berat badanmu gagal. Glukosa yang dihasilkan dari makanan manis bisa menghambat pembakaran lemak dan metabolisme tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanan manis juga adalah penyebab utama dari obesitas dan penyebab penyakit diabetes.

Cara alami ini bisa membantumu menurunkan berat badan tanpa harus mengkonsumsi obat atau ramuan tertentu. Membiasakan dengan kebiasaan baik tidak hanya membuat berat badanmu turun namun juga membimbingmu untuk hidup lebih sehat. Mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat adalah hal utama yang harus kamu lakukan untuk dapat menurunkan berat badan secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberimu pengetahuan tentang cara alami menurunkan barat badan.