10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kutil

By |2018-11-07T21:16:33+00:00February 1st, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Alami Untuk Menghilangkan Kutil


Source: Kai Hendry

Gangguan kulit berupa kutil memang sangat mengganggu. Selain tidak sedap dipandang, kulit yang tumbuh di area tertentu seperti wajah, tangan, atau kaki dapat membuat malu siapapun yang memilikinya. Kutil dapat disebabkan oleh virus, dan kadang sulit untuk dihilangkan. Berikut 10 cara alami untuk menghilangkan kutil.

1. Bawang putih


Source: pameladebutler

Salah satu bahan alami yang mudah didapat dan memiliki khasiat menghilangkan kutil adalah bawang putih. Kandungan alami bawang putih dipercaya mampu menghilangkan virus penyebab kutil. Haluskan bawang putih segar dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta bawang putih ini pada kutil hingga tertutup sempurna, lalu tutup dengan perban. Ulangi pengolesan tiap 4-6 jam hingga kutil hilang.

2. Getah buah pepaya


Source: ASSY

Buah pepaya banyak mengandung enzim papain yang dapat menghilangkan sel kulit mati. Getah buah pepaya yang masih mentah dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Siapkan buah papaya mentah, buatlah goresan atau potongan hingga keluar getahnya. Kumpulkan getah yang keluar dan biarkan hingga mengental. Campur getah yang telah mengental dengan air, lalu oleskan pada kutil pagi dan malam hari.

3. Soda kue dan minyak jarak


Source: evitaochel

Campuran soda kue dan minyak jarak juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil pada kulit. Minyak jarak akan meningkatkan kelembaban kulit sehingga dapat menghilangkan kutil dan merangsang pertumbuhan sel kulit normal. Campurkan soda kue dan minyak jarak hingga terbentuk pasta, oleskan pada kutil dan tutup dengan perban. Lakukan setiap malam hingga kutil hilang.

4. Daun basil


Source: Pezibear

Daun basil yang sering digunakan untuk memasak juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kutil. Daun basil banyak mengandung zat antivirus yang dapat menghilangkan virus penyebab kutil. Haluskan beberapa lembar daun basil segar, lalu oleskan pada kutil hingga tertutup. Tutup dengan perban atau plester. Lakukan setiap hari hingga satu minggu, atau hingga kutil hilang.

5. Kulit pisang

bananaSource: marker_photography

Cara alami lainnya untuk menghilangkan kutil adalah dengan kulit pisang. Kulit pisang dipercaya mengandung bahan kimia yang secara perlahan akan dapat mengelupas kutil dari kulit. Minyak yang terkandung dalam kulit pisang juga dapat menghentikan pertumbuhan kulit. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil, lalu tutup dengan plester. Lakukan tiap sebelum tidur hingga kutil hilang.

6. Getah buah nanas


Source: pineapplesupplyco

Getah dalam buah nanas mengandung asam dan enzim yang dapat berkhasiat menghilangkan kutil. Dengan pemakaian yang teratur, asam dan enzim dalam buah nanas dapat menipiskan sel kulit mati pada kutil hingga hilang. Haluskan buah nanas segar lalu oleskan pada kutil hingga tertutup. Ulangi pengolesan 2 – 3 kali setiap hari.

7. Oleskan air cuka


Source: evitaochel

Air cuka yang bersifat asam juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Sifat asam dari cuka akan dapat menghilangkan sel kulit mati dan menipiskan kutil secara perlahan. Kompres kutil dengan kapas yang telah direndam atau dibasahi dengan air cuka, lalu tutup dengan plester atau perban. Biarkan selama 1 hingga 2 jam. Lakukan pengompresan setiap hari hingga kutil menghilang.

8. Daun lidah buaya


Source: PollyDot

Daun lidah buaya juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk melawan kutil. Lidah buaya mengandung asam malat, yang dapat mengikis kutil secara perlahan dari kulit. Gunakan daun lidah buaya segar, usahakan yang baru saja dipetik. Buka kulit daun dan oleskan gel lidah buaya pada kutil, lalu tutup dengan plester atau perban. Ulangi pengolesan lidah buaya setiap hari.

9. Kapsul vitamin E


Source: cenczi

Minyak vitamin E yang biasa kita jumpai dalam sediaan kapsul juga dapat digunakan untuk pengobatan kutil. Vitamin E baik sekali untuk memperbaiki struktur kulit, dan mencegah kerusakan sel kulit. Kapsul vitamin E dapat Anda peroleh di toko obat atau apotek. Gunting kapsul vitamin E, lalu oleskan minyak dari dalam kapsul pada kutil. Tutup dengan perban atau plester. Lakukan pengolesan setiap hari.

10. Tingkatkan daya tahan tubuh


Source: pixel2013

Selain pengobatan dari luar, untuk melawan virus penyebab kutil Anda juga perlu menjaga daya tubuh dari dalam. Pada beberapa kasus, kutil dapat terjadi pada orang yang kelelahan atau saat daya tahan tubuh menurun. Pastikan Anda cukup beristirahat dan berolahraga secara teratur, serta perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Pengobatan kutil dengan bahan alami mudah untuk dilakukan sendiri dan aman. Namun harus diingat bahwa pengobatan alami dapat terjadi perlahan dan tidak instan. Dengan pengobatan yang teratur, bahan yang dengan mudah Anda temui di rumah pun dapat menjadi solusi masalah kulit Anda.