10 Cara Agar Badan Cepat Gemuk Secara Alami

By |2018-11-07T18:41:53+00:00February 10th, 2017|Health|Comments Off on 10 Cara Agar Badan Cepat Gemuk Secara Alami

Obtain WeightSource: reynermedia

Memiliki badan kurus ataupun terlalu gemuk tentunya tidak menyenangkan. Setiap orang pasti mendambakan badan yang ideal. Namun pada kenyataanya, ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan berat badan. Walaupun sudah makan banyak tapi badan tak kunjung gemuk.

Para pakar menjelaskan, biasanya badan sulit gemuk disebabkan oleh gangguan metabolisme dan faktor keturunan. Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi hal tersebut. Dengan mencoba beberapa tips menggemukan berat bedan ini, Anda pasti memperoleh hasil yang memuaskan. Apa sajakah tips gemuk itu? Simak yuk!

1. Konsumsi Makanan Berlemak Sehat

Source: Papas12

Tips gemuk pertama sudah pasti menambah asupan makanan berlemak. Eh, tapi bukan berarti Anda harus mengonsumsi makanan junk food, seperti ayam goreng, hamburger, atau pizza ya! Makanan olahan cenderung memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, dan bila dikonsumsi berlebihan bisa memicu obesitas, penyakit jantung, gangguan pada pembuluh darah, bahkan stroke.

Jika Anda ingin cepat gemuk, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh (lemak sehat/HDL). Contohnya, ikan, kedelai, kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut dapat menambat berat badan tanpa menimbulkan risiko yang membahayakan.

2. Tingkatkan Asupan Kalori Untuk Tubuh


Source: Mzlle

Untuk menggemukkan badan, Anda tidak hanya membutuhkan lemak. Tetapi juga perlu meningkatkan kadar kalori tubuh. Pada dasarnya, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung usia, berat badan, dan tinggi badan. Umumnya sih, untuk wanita dewasa sekitar 2000 kkal perhari. Sedangkan pria dewasa 2200 kkal perhari.

Apabila Anda ingin cepat gemuk, maka Anda harus mengonsumsi kalori ekstra. Dengan menambahkan sekitar 500 kkal perharinya, kemungkinan Anda bisa menaikkan berat badan ½ kilogram setiap minggunya. Beberapa makanan tinggi kalori, seperti susu sapi segar, jus buah, dan madu.

3. Protein Berkualitas


Source: Ulleo

Selain lemak dan kalori, protein juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan berat badan melalui penambahan massa otot. Dengan mengonsomsi protein, otot-otot tubuh akan terbentuk secara baik dan Anda pun bisa terlihat lebih gemuk. Beberapa makanan sumber protein, seperti ikan, daging, telur, susu, dan kacang-kacangan. Oiya, untuk pengonsumsian protein (seperti daging merah atau kuning telur) jangan terlalu berlebihan ya, karena bisa memicu kolesterol tinggi.

4. Istirahat yang Cukup


Source: Dagon

Kalau kamu terus-menerus beraktivitas dari pagi sampai malam, otomatis tubuh akan mengeluarkan banyak energi dan cenderung kelelahan. Kebiasaan ini bisa membuat Anda menjadi kurus, sebab kalori terbakar secara berlebihan. Sehingga tidak ada yang tersimpan sebagai lemak ataupun otot. Oleh karena itu, sesibuk apapun tetap sempatkanlah untuk beristirahat. Jangan menyiksa diri Anda secara berlebihan. Bekerja terlalu keras hanya akan membuat Anda sakit-sakitan.

5. Makan Porsi Sedikit, tapi Berkali-Kali


Source: Kaboompics

Untuk menjadi gemuk tidak harus makan sepiring nasi penuh. Hal ini justru membuatmu kekenyangan dan malah memperberat kinerja lambung. Metode efektif untuk menaikkan berat badan adalah makan porsi kecil tapi berkali-kali. Setidaknya 5 sampai 6 kali makan dalam sehari.

6. Jangan Minum Sebelum Makan

Drink BeforeSource: Clayton Parker

Air putih memang baik untuk kesehatan. Tapi minum terlalu banyak sebelum makan justru tidak baik loh! Ketika tubuh terlalu banyak menyimpan air, maka Anda cenderung merasa kenyang. Sehingga akibatnya Anda pun akan makan sedikit. Sebaliknya, Anda disarankan mengonsumsi air putih 30 menit setelah makan. Hal ini bisa membantu penyerapan kalori menjadi lebih baik.

7. Ngemil Yuk!


Source: Stevepb

Tips gemuk selanjutnya adalah ngemil. Yup, jika ingin menaikkan berat badan, tentunya Anda harus memperbanyak mengemil. Eits, tapi jangan asal ngemil ya! Mengonsumsi cemilan yang tidak sehat (seperti kentang goreng, pizza, dan sejenisnya) hanya akan membuat tubuh gemuk namun tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi cemilan yang berkualitas, seperti buah-buahan, salad sayur, jagung rebus, kacang-kacangan, atau kurma juga boleh.

8. Olahraga Juga Perlu!


Source: Skitterphoto

Tidak mau berolahraga karena takut kurus? Anda salah jika berpikiran begitu! Olahraga memang efektif dalam membakar kalori, tapi olahraga juga bisa membentuk otot-otot tubuh. Jika Anda hanya mengonsumsi banyak makanan tanpa diimbangi olahraga, hal ini justru memicu penyakit. Beberapa jenis olahraga yang dapat dicoba untuk meningkatkan nafsu makan, seperti senam aerobik, olahraga kardio (menganyuh sepeda statis), berlari, dan berenang.

9. Mengunyah Makanan dengan Baik


Source: RyanMcGuire

Selain porsi, perhatikan juga cara mengunyah makanan Anda. Mengunyah secara terburu-buru membuat proses pencernaan menjadi berat. Sehingga makanan kurang terserap dan cenderung dikeluarkan menjadi kotoran. Jika Anda memang ingin gemuk, maka Anda harus mengunyah makanan hingga benar-benar lembut. Berdasarkan hasil studi, mengunyah yang baik sebanyak 32 kali. Dengan begitu, nutrisi dan sari-sari makanan dapat tersalurkan ke seluruh tubuh secara optimal.

10. Cobalah Berbahagia


Source: Cherylholt

Tahukan Anda, ternyata kondisi mental juga berpengaruh terhadap berat badan loh! Seseorang yang terlalu banyak pikiran, mudah stres dan despresi biasanya bobot tubuhnya cenderung mudah turun. Sebaliknya, mereka yang berbahagia dan menikmati hidup akan cepat gemuk walaupun asupan makanannya tak terlalu berlebihan.

Itulah beberapa cara agar badan cepat gemuk secara alami tanpa mengonsumsi obat-obatan. Kalaupun cara-cara diatas tidak mendatangkan hasil, Anda tak perlu bersedih! Sebenarnya menjadi kurus pun tak masalah, asalkan badan tetap sehat.