10 Buah Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

By |2018-11-08T18:03:19+00:00March 24th, 2017|Beauty, Health|Comments Off on 10 Buah Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Healthy checkSource: Medisave UK

Darah tinggi atau sering kali disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit dimana tekanan darah seseorang cukup tinggi hingga penderita sering kali mengalami rasa sakit kepala yang cukup parah hingga nyeri di bagian punggung dan leher. Dengan mengunjungi dokter, biasanya penderita akan diberikan resep obat yang dapat menstabilkan tekanan darah. Akan tetapi, beberapa orang merasakan efek samping dari obat penurun tekanan darah tersebut yakni ketika obat sudahtidak lagi bekerja maka tekanan darahnya akan langsung melonjak tajam.

Beberapa buah dipercaya secara alami dapat menurunkan tekanan darah. Tentu dengan buah yang dijadikan obat alami maka resiko efek samping tidak akan dirasakan penderita. Berikut sepuluh buah yang dapat menurunkan tekanan darah:

1. Tomat

Source: Vladimir Morozov

Buah tomat merupakan salah satu buah untuk darah tinggi. Kandungan zat lycopene yang terdapat pada buah tomat memangmemiliki banyak khasiat, seperti menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat lain dari lycopene adalah mencegah diabetes danmencgahpenuaan dini. Untuk mendapatkan beragam manfaat dari buah tomat maka kita dapat memakan buah tomat ini secara langsung tanpa melewati pemprosesan terlebih dahulu.

2. Jeruk


Source: Frédérique Voisin-Demery

Jeruk merupakan buah yang memang dikenal memiliki banyak kandungan vitamin C. buah jeruk memanh mengandung kadar nutrisi yang cukup tinggi dan kalori yang rendah. Dengan kandungan kalium yang cukup banyak serta tanpa adanya kandungan natrium maka buah jeruk memang salah satu buah untuk darah tinggi. Beberapa buah jeruk cukup enak dimakan secara langsung. Sedangkan untuk beberapa buah jeruk yang cukup asam dapat dijadikan minuman.

3. Berry


Source: Janine

Buah-buahan yang termasuk dalam buah berry yang banyak kita temukan dipasaran antara lain strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry. Kandungan potassium didalam semangkik buah berry cukup tinggi yakni 200mg. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi,kita membutuhkan 4.700 mg buah beri atau sekitar 23 mangkuk buah berry. Kamu dapat menjadikan jus segar jika ingin mengkonsumsi dengan cepat namun juga tetap mendapatkan manfaatnya.

4. Melon


Source: Adolfo Calsin

Melon merupakan salah satu buah untuk darah tinggi. Buah yang cukup banyak mengandung kadar air ini juga terdapat banyak zat-zat penting yangdapat dimanfaatkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C, vitamin A, kalium dan thianin cukup diperlukan oleh tubuh. Didalam secangkir jus buah melon tanpa tambahan gula mengandung kalium sebesar 484mg. kandungan tersebut setara dengan 14% kebutuhan kalium yang diperlukan tubuh  dalam sehari.

5. Semangka


Source: snowpea&bokchoi

Buah semangka merupakan salah satu buah untuk darah tinggi, kandungan L- citruline cukup memberikan manfaat untuk membuat pembuluh draah lebih santai sehingga khasiat buah untuk darah tinggi. Semangka cukup segar, sangat cocok dimakan langsung di siang hari yang sangat panas. Teknologi pertanian yang semakin maju juga membuat semangka saat ini dapat menjadi buah tanpa biji.

6. Anggur


Source: JPC24M

Buah anggur juga termasuk buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan zat gizi di dalam buah anggur cukup banyak seperti vitamin C, pectin, asam folat dan licopene. Kandungan zat-zat tersebut dapat membantu menyehatkan peredaran darah serta membuang kolestrol jahat yang tidak diperlukan tubuh dari pembuluh arteri. Buah anggur dengan mudah dapat kita temui baik di pasar tradisional maupun swalayan.

7. Alpukat


Source: Makia Minich

Alpukat juga merupakan salah satu buah untuk darah tinggi. Kandungan gizinya cukup tinggi. Setengah potong alpukat dapat memberikan tubuh kita magnesium sebesar 5%, kalium sebesar 10%, kalsium sebesar 5 %. Kandungan mineral yang ada di buah alpukat juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah alpukat juga banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat penting bagi kesehatan jantung.

8. Apel


Source: Catherine

Apel juga termasuk salah satu buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan zat potassium sangat bagus untuk mengontrol tekanan darah seseorang. Zat pectin yang terkandung didalam buah apel dapat membantu mengatasi kolestrol serta toksin yang terdapat di dalam darah. Kamu dapat mengkonsumsi buah apel secara langsung atau di jadikan jus yang segar.

9. Kiwi


Source: Moyan Brenn

Mungkin kita jarang menemui buah kiwi di pasar-pasar tradisional. Buah kiwi memang lebih banyak dijual di swalayan atau supermarket. Jika dilihat sekilas, buah kiwi memiliki tampilan yang cukup mirip dengan buah sawoo. Buah kiwi mengandung cukup banyak potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Selain potassium, kandungan antioksidan dan beragam vitamin yang terkandung di dalam buah kiwi juga cukup berperan dalam mengendalikan tekanan darah.

10. Pisang


Source: Thomas Abbs

Pisang merupakan buah yang paling mudah ditemui. Untuk setiap buah pisang mengandung 12% kalium, 1% kalsium, dan magnesium sebesar 8%. Kadar kalium yang cukup banyak inilah yang membuat pisang yang membuat pisang memberikan manfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk pengobatan menurunkan tekanan darah secara alami, kamu dapat mengkonsumsi dua buah pisang setiap harinya. Untuk pencegahan stroke bagi orang yang memiliki riwayat keluarga stroke maka kamu dapat mengkonsumsi tiga buah pisang setiap harinya.

Demikian sepuluh buah yang memiliki khasiat dapat menurunkan tekanan darah. Terdapat banyak buah-buahan lain yang juga memiliki manfaat tersebut. Beberapa sayuran juga ada yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun jika dibandingkan dengan buah maka rasa yang ada di dalam buah lebih enak dikonsumsi dibandingkan dengan sayuran bukan.