10 Buah ini Tinggi Asam Folat, lho!

By |2018-11-08T18:53:43+00:00March 20th, 2017|Health|Comments Off on 10 Buah ini Tinggi Asam Folat, lho!

Folic Acid
Source: Free Stock Photo

Ladies, sudah mengenal asam folat? Asam folat adalah vitamin B esensial yang memberi banyak manfaat bagi tubuh. Nutrisi ini bahkan sangat penting terutama bagi ibu hamil. Asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan resiko keguguran. Asam folat juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi anemia megaloblastik. Ladies, bisa mendapatkan asam folat dengan sangat mudah. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan dibawah ini.

1. Alpukat


Source : GerDukes

Alpukat kaya akan kandungan vitamin B6 dan asam folat. Dalam satu cangkir alpukat terdapat sekitar 110 mcg folat. Jumlah ini telah menyumbang sebesar 28% kebutuhan folat harian bagi tubuh. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang akan membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Disamping itu alpukat mengandung vitamin serta mineral penting lainnya. Alpukat juga tinggi serat yang membantu mengoptimalkan pencernaan.

2. Buah Bit


Source : liz west

Bit menjadi sumber asam folat yang sangat baik. Setiap 100 gram buah bit, kita bisa menemukan sekitar 109 mg folat. Sayangnya, memasak dengan cara yang salah dapat menghilangkan nutrisi dalam buah bit. Buah bit juga mengandung vitamin C bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker. Bit dapat ladies masukkan dalam menu diet karena sangat rendah kalori dan tanpa kolesterol.

3. Kiwi


Source : Moyan Brenn

Konsumsi buah kiwi mentah dapat menjadi sumber asam folat yang baik bagi tubuh. Dua buah kiwi dapat memenuhi 25% kebutuhan folat harian tubuh. Kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Kiwi juga memiliki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

4. Pisang


Source : JMacPherson

Pisang adalah buah yang menjadi sumber asam folat selanjutnya. Satu buah pisang yang berukuran sedang menyediakan 24 mcg folat. Ini termasuk 6 persen jumlah harian asam folat yang direkomendasikan. Konsumsi lebih dari satu buah pisang dalam sehari akan memberikan tubuh jumlah signifikan folat. Pisang juga menjadi sumber dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium serta berbagai mineral penting lainnya.

5. Pepaya


Source : jar [o]

Ladies, buah pepaya kaya akan berbagai vitamin B kompleks penting seperti asam folat dan piridoksin, riboflavin dan thiamin. Vitamin ini sangat penting dalam metabolisme tubuh. Pepaya mengandung 9% asam folat didalamnya. Pepaya juga menjadi sumber vitamin A. Dalam 100 gram buah pepaya terdapat sekitar 950 IU vitamin A. Vitamin A penting untuk indera penglihatan dan menjaga mukosa tetap sehat.

6. Jeruk


Source : stevepb

Jeruk adalah buah dengan kandungan asam folat yang tinggi. Satu cangkir jeruk mengandung 74,4 mikrogram asam folat atau sekitar 10% dari semua nutrisi dalam buah ini. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang berguna bagi kesehatan kulit. Vitamin C juga menjadi antioksidan yang kuat yang berfungsi sebagai agen anti infeksi dan anti inflamasi.

7. Anggur


Source : Pexels

Menurut mitos, konsumsi buah anggur pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran. Mitos ini ternyata tidak benar, ladies. Anggur justru mengandung banyak nutrisi penting bagi ibu hamil dan bayi jika dikonsumsi dengan jumlah wajar. Anggur mengandung asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan sum sum tulang belakang janin dan membantu perkembangan otak.

8. Mangga


Source : Pexels

Tubuh kita setidaknya membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Satu buah mangga dapat memberikan asam folat hingga 144 mikrogram. Disamping asam folat, mangga juga mengandung vitamin C yang melimpah. Terdapat 60 mg vitamin C dalam satu cangkir mangga. Mangga juga tinggi kalium, ladies. Zat besi, kalsium, magnesium dan fosfor juga bisa ladies dapatkan dari mengkonsumsi mangga.

9. Raspberry


Source : Unsplash

Raspberry mengandung 14 mikrogram asam folat dalam setiap cangkirnya. Raspberry juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dibutuhkan dalam melawan radikal bebas. Ladies, raspberry menjadi sumber mineral yang baik. Terkandung kalium, mangan, besi dan magnesium dalam buah ini. Kalium menjadi nutrisi penting bagi sel dan cairan tubuh untuk membantu mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung.

10. Melon


Source : Kabsik Park

Seperempat buah melon dapat memberikan 25 mikrogram asam folat. Buah lezat ini juga menjadi sumber vitamin A dan vitamin C. Konsumsi melon memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ladies. Nutrisi dalam melon bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuhm melindungi dari infeksi dan bakteri, menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah penuaan dini, mencegah masalah kardiovaskular, mencegah osteoporosis serta mengontrol tekanan darah.

Itulah buah-buahan yang tinggi asam folat, ladies. Disamping buah-buahan diatas, ladies bisa mendapatkan asam folat dari makanan seperti sayur-sayuran hijau, brokoli dan asparagus. Semoga bermanfaat!