10 Buah Aneh Ini Memiliki Rasa Yang Unik Dan Patut Dicoba!

By |2018-11-08T04:33:10+00:00March 14th, 2017|Culinary|Comments Off on 10 Buah Aneh Ini Memiliki Rasa Yang Unik Dan Patut Dicoba!

Source: Ulleo

Sesuatu yang berbeda dalam hal tampilan tentu akan membuat siapapun tertarik, begitupun dengan buah. Tampilan buah secara fisik yang mungkin jarang ditemui akan membuat kita mengernyit bingung, heran dan juga merasa aneh. Buah sejatinya merupakan bagian dari sebuah tumbuhan yang memiliki fungsi untuk menyimpan sari pati makanan. Berikut beberapa buah aneh yang ada di seluruh dunia. Simak selengkapnya.

1. Cucamelons

Buah aneh ini memiliki nama latin Melotrhia Scabra, merupakan tanamam asli dari tanah Meksiko dan Amerika Tengah. Ukurannya kecil seukuran buah anggur dengan warna dan tampilan seperti semangka dengan ukuran mini. Meski memiliki bentuk yang sedikit unik, buah aneh ini memiliki rasa yang khas yang segar seperti mentimun dengan sedikit semburat masam. Di daerah asalnya sendiri buah aneh ini sering disebut dengan sebutan melon tikus dan juga Sandiita atau semangka kecil. Buah aneh ini sering dijadikan sebagai pelangkap salad karena rasa segar yang dimilikinya.

2. Screwpine

Buah aneh yang selanjutnya ini merupakam buah yang berasal dari tanaman sejenis pandan yang sering ditemukan di pesisir pantai. Buah yang hidup di kawasan tropis dan subtropis ini memiliki rasa yang menyegarkan dan di Maladewa buah ini sering diolah menjadi sup, olahan kue dan juga manisan. Bila di Indonesia khususnya di daerah Ternate, buah aneh ini dimanfaatkan ketika masih kuncup untuk diolah sebagai sayuran. Selain buahnya, daun dari buah aneh iki juga memiliki banyak manfaat seperti dianyam menjadi tikar dan juga obat tradisional untuk mengobati penyakit kulit. Bunganya yang harum juga dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan.

3. Buah Matoa

Perkenalkan buah aneh dari daratan Papua, buah Matoa. Buah yang memiliki nama latin Pometia Pinnata ini memiliki penampilan dengan warna sedikit merah dengan kulit yang cukup keras tapi garing. Daging buahnya sendiri sekilas mirip dengan daging buah kelengkeng dan juga rambutan namun dengan aroma seperti buah durian. Meski memiliki kulit yang keras tapi tak memerlukan tenaga ekstra untuk membukanya untuk menikmati sensasi rasa buahnya yang masih jarang dipasaran ini.

4. Pisang Merah

Seperti yang kita kenal buah pisang memiliki kulit buah yang berwarna kuning atau hijau, namun buah aneh yang satu ini memiliki kulit yang berwarna merah cenderung kecoklatan. Meski sedikit aneh dalam hal tampilan luarnya, tapi jangan salah. Kandungan nutrisi yang dimiliki pisang merah ini terbilang lebih jika dibandingkan dengan pisang dengan kulit kuning pada umumnya. Untuk soal rasa, pisang merah tak jauh berbeda dengan buah pisang pada umumnya bahkan lebih lezat. 

5. Miracle Fruit

Buah aneh ini berasal di daratan Afrika, lebih tepatnya ditemukan si wilayah Ghana. Buah yang memiliki warna merah saat matang ini masih berkerabat dengan jenis Sabotaceae atau sawo manila. Ada sesuatu yang aneh saat kita mencicipi buah yang disebut buah ajaib ini. Jika kita memakan buah atau makanan lain yang terasa asam setelah mencicipi buah ajaib ini, maka rasa makanan tersebut akan berubah menjadi manis. Ternyata hal ini terjadi karena buah tersebut memiliki kandungan senyawa glicoprotein yang membuat lidah tak mampu merasakan masam. Jadinya rasa masam berubah jadi manis, dan hal ini berlangsung cukup lama sekitar satu hingga dua jam.

6. Duwet

Buah yang memiliki bentuk yang seperti anggur ini sudah sangat dikenal di Indonesia, banyak sebutan yang dimiliki buah inj seperti jamblang, jambu keling, juwet, jambu kalang dan masih banyak lagi lainnya. Warnanya hijau saat masih muda dan bila sudang mulai matang akan berubah menjadi lebih ungu kehitaman. Rasanya pun cukup manis dengan sedikit campuran sepat, biasa dikonsumsi dengan tambahan gula pasir yang dikocok menjadi satu dengan buah ini akan menciptakan sensasi rasa buah yang lezat. Meaki sebut buah aneh karena bentuknya yang tak biasa bagi orang asing namun buah ini nyatanya memiliki kandumgan vitamin A dan C yang cukup tinggi.

7. Barbados Cherry

Barbados Cherry nama buah aneh ini, memiliki nama latin Malphigia emarginata atau lebih dikenal dengan sebutan Acerola oleh orang Spanyol. Buah ini dianggap sangat aneh dan mengejutkan karena kandungan vitamin yang dimilikinya sangat tinggi yang bisa mencapai hingga 16.000 – 17.000 ppm. Jumlah ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan buah yang identik dengan vitamin C yang hanya memiliki kandungan sebesar 500 – 4.000 ppm saja, yakni jeruk. Karena kandungannya tersebut buah aneh asal benua Amerika Selatan ini sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu juga membantu mengurangi efek penuaan dini karena kandungan antioksidannya yang tak main – main.

8. Buah Kiwano

Source: Lebensmittelfotos

Dari tampilannya saja sudah tergambar keanehan dari buah yang satu ini. Kulit bertanduk dengan bagian dalam seperti mentimun yang sudah tua, benar – benar sangat aneh. Tapi, rasanya ternyata cukup lezat persis seperti rasa buah mentimun atau markisa. Selain bisa dimakan buah yang berasal dari gurun Kalahari ini juga sering digunakan untuk mempercantik ruangan karena bentuknya yang eksotis dan tak biasa. Buah aneh ini juga disebut Gaka atau Gakachika di Zimbabwe, dan oleh masyarakat setempat sering dimanfaatkan sebagai campuran salad dan juga dimakan saat cuaca panas.

9. Cempedak

View this post on Instagram

🌕 🌱Frist time trying Cempedak✨ Cempedak is a very exotic fruit that is native to southeast Asia, from Indonesia and the Malay Peninsula to the island of New Guine. It belongs to the same family as jackfruit, but this one is very creamy. They both have that bubble gum strong unique sweet flavor. Malaysian hostel owner told me that traditionally Malay people, especially old people, deep fry the inside flowery thingy, and it tastes like a pumpkin. Also you can boil the seeds and taste like a maroon! Would love to try those yummy looking big seeds next time I got the kitchen! 26RM(US$5.8) さーて、これはなんのフルーツでしょう? 正解はチェンペダック! ジャックフルーツの一種ですが、普通のジャックフルーツより、とってもクリーミーでネッチョリしています。 海外のバブルガムのような甘〜い強い香りをのするインドネシア/マレー半島原産のエギゾチックフルーツです。 花びらのとうなとこれを揚げるとかぼちゃのようで、種を茹でると栗のような味がするそうです。んー、キッチンが恋しい! 659円 🌏Kuala Lumpur, Malaysia #vegan #ethicalvegan #rawvegan #801010 #vegantravel #burnfatnotoil #whatveganseat #veganfoodshare #vegantraveller #hclf #cempedak #vegansofig #kulalumpur #malaysia #organicvegan #nikond5500 #ヴィーガン #素食 #純素 #ノマド #ヴィーガン #オーガニック #ニコンd5500 #単焦点レンズの世界 #เจ #クアラルンプール #マレーシア #チェンペダック

A post shared by MimiⓋ (@vegantravellermimi) on

Nama buah aneh yang memiliki bentuk seperti buah nangka dan aroma setajam buah durian ini ialah cempedak.  Tanaman ini masih termasuk ke dalam famili Moraceae, yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah aneh ini selain dikonsumsi begitu saja juga bisa divariasikan dengan dimasak terlebih dahulu atau pun sebagai pelengkap es campur. Cempedak bisa dimasak sebagai sayur saat masih muda seperti buah nangka, dan jika masak bisa digoreng seperti pisang goreng.

10. Parijoto

Buah parijoto memang sedikit aneh, dengan bentuk buahnya yang kecil dan bergerombol. Memiliki nama latin Medinilla speciousa buah aneh ini tumbuh subur di kawasan yang dingin dan lembab khas daerah pegunungan. Di Indonesia sendiri tanaman dari buah aneh ini sangat terkenal dari wilayah kawasan kabupaten Kudus, Jawa Tengah khususnya di wilayah Muria. Menurut penduduk sekitar wilayah pegunungan Muria, buah aneh yang juga disebut sebagai Showy Asian Grapes atau anggur Asia ini bisa membuat janin memiliki paras yang rupawan bila ibu hamil mengkonsumsinya. Terlepas dari benar tidaknya rumor tersebut, rasa buah yang asam sesikit sepat bisa mengobati sariawan dan juga diare.

Buah – buahan memang sangat pentin manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama dengan mencukupi kebutuhan vitamin untuk menjaga metabolisme tubuh tetap lancar. Meski memiliki tampilan yang unik dan aneh tapi nyatanya buah aneh tersebut menyimpan banyak manfaat yang lebih. Jadi jangan buru – buru menghakimi bentuk luarnya sebelum mencicipi rasanya. Don’t judge the book by its cover, ya. Ladies!