10 Alasan Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya

By |2018-11-07T13:43:18+00:00March 3rd, 2017|Health|Comments Off on 10 Alasan Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya


Source: Camila Corderio

Pernah merasakan Payudara Terasa Nyeri? Wanita terkadang akan merasa cemas bila merasakan nyeri pada bagian payudaranya. Mereka khawatir kalau saja ada sesuatu yang salah dengan payudaranya. Belum lagi ciri-ciri kanker payudara yang mungkin hampir mirip seperti merasakan nyeri pada bagian tertentu, membuat para wanita bahkan menjadi panik. Payudara adalah salah satu organ tubuh wanita yang harus diperhatikan kesehatanya. Jika rasa nyeri muncul, sebenarnya tidak selalu karena ada masalah yang serius pada bagian tersebut. ada faktor lain yang bisa menyebabkan Payudara terasa nyeri, bahkan rasa sakitnya sering muncul tiba-tiba.

Berikut ini telah dirangkum 10 Alasana Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya Untuk Wanita :

1. Menstruasi


Source: EME

Menstruasi yang merupakan siklus bulanan yang didalami hampir setiap wanita. ada banyak gejala yang timbul jika kita sedang menstruasi, seperti emosi yang labil serta rasa nyeri pada bagian tertentu. akibat sedang datang bulan ini , terkadang membuat bagian payudara kita menjadi sakit tiba-tiba. massa ini juga membuat kita  seorang perempuan menjadi sedikit emosi dan tidak stabil , serta nafsu makan kita menjadi meningkat. rasa nyeri pada payudara dan keluhan lainya ternyata  disebabkan oleh perubahan hormone yang terjadi dalam sel telurnya. hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena berjalan dengan normal. pastikan anda banyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan saat sedang haid.

2. Menopause


Source: Unsplash

Seorang wanita akan mengalami menopause setelah menginjak usia keemasan dalam hidupnya.  Tubuh wanita akan mengalami fluktuasi kadar hormone. Tubuh wanita memproduksi dua hormone penting, yaitu estrogen dan Progesteron. Kedua hormone ini akan berkurang dan tubuh perlu membiasakan diri. Hal ini juga bisa menyebabkan pembengkakan payudara dan rasa nyeri pada payudara. Istilah ini disebut Mastalgia. Wanita yang sedang mengalami masa menopause biasanya akan merasakan ini hingga beberapa tahun. namun kamu tidak usah khawatir karena ini berlangsung secara normal, bukan karena ada kesalahan pada Payudara kita.

3. Olahraga Yang Berlebihan


Source: Sasint

Olahraga memang baik untu kesehatan tubuh. Olahraga juga dipilih untuk membentuk badan agar lebih langsing. Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan  maka akan timbul rasa nyeri pada bagian Payudara. Olahraga yang bisa menyebabkan rasa nyeri ini muncul adalah Sit Up, Push Up atau juga angkat beban. Rasa nyeri ini ternyata muncul karena bagian otot di bawah jaringan payudara mengencang karena olahraga dilakukan secara berlebihan. Perlu beberapa hari untuk menghilangkan rasa nyeri ini, namun biasanya setelah 3 hingga satu minggu, sakitnya akan hilang. jadi bila kamu mengalami gejala ini, sebaiknya jangan cemas dulu ya.

4. Bra Yang Tidak Sesuai


Source: Hans

Para wanita menggunakan Bra untuk menjaga agar payudara mereka lebih nyaman. Menggunakan Bra juga akan dapat melindungi payudara kita, saat kita menggunakan pakaian yang mungkin berbahan  kasar dan cukup kurang nyaman jika bergesekan dengan kulit. Namun, menggunakan Bra yang kurang tepat ternyata dapat membuat Payudara kita ini terasa nyeri. Bra yang terlalu kecil atau terlalu besar akan menimbulkan efek yang sama. Sebaiknya kamu menggunakan Bra yang sesuai dengan ukuran Payudaramu. Jika memang merasa nyaman menggunakan Bra Sport, gunakan yang bahanya nyaman dan tidak kasar. hati-hati juga dengan jenis Bra yang mengandung cairan berbahaya.

5. Jaringan Payudara Tertentu


Source: Mandyme27

Hal ini cukup langka dan jarang terjadi pada Wanita, namun sebagian kecil wanita ternyata memiliki benjolan yang biasa disebut dengan Payudara Fibrosistik. Wanita yang memiliki jenis jaringan payudara ini akan merasakan nyeri , terlebih saat mengalami Menstruasi. Berdasarkan penelitian dari national Breast Cancer Foundation, Jaringan Payudara membentuk benjolan seperti ini, juga biasa disebut Kista berisi cairan. Hal ini tidak selalu berarti kanker payudara, namun Payudara ini akan terasa nyeri dan lebih sensitive, saat terjadi perubahan hormonal. sebaiknya kamu rajin melakukan check up ke dokter ahli. tanyakan mengenai hal ini dan dokter akan menerangkan dengan lebih jelas.

6. Terlalu Banyak Kafein


Source: MKDigitalArt

Ini khusus untuk anda, wanita yang gemar minum Kopi. Tidak ada hubungan yang terlalu signifikan antara Kopi dan rasa nyeri pada Payudara, namun hasil studi mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung pada kopi atau pada Teh bisa berpengaruh terhadap ketidaknyamanan Payudara kita. namun, hal ini akan terasa lebih sensitif pada wanita yang memiliki jaringan Payudara Fibrokistik tadi. Jika anda memiliki jaringan Payudara yang normal, sepertinya tidak akan masalah. Dianjurkan, kepada para wanita agar lebih sehat, sebaiknya minum air putih saja, ini akan membuat anda lebih sehat. sesekali ingin minum kopi, mungkin tidak masalah, namun lebih banyaklah mengkonsumsi minuman yang lebih sehat.

7. Efek Samping Obat


Source: stevepb

Payudara anda juga bisa terasa sakit karena disebabkan oleh efek samping obat yang mungkin sedang dikonsumsi saat ini. beberapa obat, memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen yang diproduksi tubuh wanita. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter agar dipilihkan obat yang tidak mempengaruhi hormone wanita, terutama saat kita sedang menstruasi. Jika memang tidak ada obat yang tepat dan khawatir ini bisa membuat Payudara kita nyeri, sebaiknya anda beralih ke obat yang lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping apapun. obat-obatan yang memang mengandung bahan kimia, memang perlu kita waspadai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

8. Operasi Payudara


Source: ddabong21

Saat ini, sebagian wanita merasa lebih baik jika mereka memiliki Payudara yang cenderung Big Size. Mereka merasa lebih sexy dan percaya diri. Namun, sayangnya tidak semua wanita terlahir dengan Payudara yang besar. Obsesi terhadap Payudara besar ini juga tidak sedikit membuat para wanita mengambil jalan pintas, untuk melakukan Operasi pada Payudaranya. Bekas operasi ini, bisa membuat Payudara terasa nyeri, karena Payudara yang baru telah diselipkan suatu benda sehingga membuatnya menjadi besar dan kurang nyaman. Operasi Payudara juga memiliki efek yang kurang baik terhadap keadaan psikologi dari orang yang menjalankanya. salah satu gangguan ini adalah Beauty Obsessed.

9. Ukuran Payudara


Source: lloorraa

Ukuran payudara wanita yang lebih besar, cenderung akan sering mengalami nyeri. Hal ini terjadi karena kesalahan memilihan Bra, atau juga Payudara kamu yang memang sensitif. Jika dibiarkan, terkadang nyeri ini bisa menjalar hingga ke bagian leher, bahu dan punggung. Payudara yang besar, seharusnya menggunakan bra dengan ukuran yang tepat. Jangan memaksakan untuk memakai bra yang sempit, sekalipun untuk membuatnya tampak kecil. Percaya diri saja dengan apa yang anda punya dan rawatlah Payudara anda dengan baik. lakukan perawatan secara alami, dan hindari penggunaan berbagai jenis produk yang menawarkan produknya dengan alasan mampu memperbesar payudara secara alami.

10. Abses Pada Payudara


Source: AKuptsova

Abses Payudara adalah peradangan yang berupa bengkak, memerah karena adanya akumulasi nanah pada bagian payudara wanita. Umumnya, hal ini terjadi pada wanita yang setelah hamil dan menyusui. Abses ini juga tidak usah terlalu dikhawatirkan, karena  umumnya ini bisa terjadi pada wanita yang memiliki berat badan berlebih. Selain itu payudara wanita yang besar dan yang kurang menjaga kebersihan payudaranya bisa merasakan nyeri karena penyakit ini. jika Payudara tiba-tiba nyeri dan kemerahan serta agak bengkak, dan saat menyusui kamu malah merasa kesakitan, segera konsultasikan ke dokter ahli dan cari tahu bagaimana penanggulanganya.

timbulnya rasa nyeri secara tiba-tiba, terutama pada bagian penting pada tubuh kita seperti  Payudara, memang perlu di waspadai dan dicari tahu apa penyebabnya. terkadang, seperti diterangkan di atas, bahwa gejala nyeri yang muncul tidak usah terlalu dipikirkan, karena ada beberapa yang memang terjadi karena pengaruh hormonal. namun, sebagai tindakan preventif, ya sebaiknya anda lakukan perawatan Payudara secara maksimal. 10 Alasan Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya ini semoga dapat memberi pemgetahuan baru untuk kamu terutama para wanita. stay healthy.