10 Alasan Mengunjungi Kebun Binatang Semarang

By |2018-11-08T02:51:14+00:00February 11th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 10 Alasan Mengunjungi Kebun Binatang Semarang

Kebun Binatang Semarang, atau yang lebih dikenal dengan BonBin Mangkang Semarang, merupakan area konservasi binatang seluas 9 Hektar yang berada di sisi barat Semarang. Tepatnya ada di Jalan Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang atau sekitar 16 km dari Simpang Lima menuju ke arah Pekalongan. Kebun Binatang Semarang sebelumnya sudah beberapa kali direlokasi sebelum akhirnya menempati lahan asri nan sejuk ini pada tahun 2006.

Dengan konsep konservasi, edukasi, dan rekreasi, membuat BonBin Mangkang lebih dari sekedar tempat untuk melihat-lihat satwa langka, namun juga merupakan pilihan tempat rekreasi yang menyenangkan dan asyik. Mari simak sepuluh alasan untuk menyapa keluarga satwa di Kebun Binatang Semarang.

1. Area Luas dan Terawat

Dengan total luas 9 ha, Kebun Binatang Semarang memberikan hunian yang nyaman bagi flora dan fauna yang mendiaminya. Kandang-kandang hewan pun dibuat lebih terbuka dan disesuaikan sebaik-baiknya dengan habitat asli. Area yang luas memungkinkan Kebun Binatang Semarang memiliki fasilitas hiburan lain, yang menjadikan kunjungan ke sana tidak monoton dan membosankan.

2. Koleksi Satwa Lengkap


Source: Badroe Zaman

Terdapat total sekitar 300 hewan dari 40 jenis satwa liar dan langka yang di konservasikan di area kebun binatang. Satwa-satwa itu meliputi beruang madu, kangguru, orangutan, rusa timor, nilgae, luwak bulan, kukang, sapi bule, singa, harimau, dan banyak lagi. Beberapa hewan ini sudah sangat langka dan mungkin hanya bisa ditemui di wilayah konservasi untuk melihat secara langsung.

3. Konservasi Flora Langka

Selain tempat konservasi untuk satwa langka, Kebun Binatang Semarang juga memiliki koleksi fauna langka yang cukup banyak, dan di pelihara dengan baik di dalam area kebun binatang. Tanaman-tanaman tersebut antara lain, akasia, angsana, bunga bungur, sonokeling, jamblang, tembalang, pohon jarak, dan masih banyak lagi.

4. Tiket Terjangkau


Source: Tax Credit

Harga tiket masuk Kebun Binatan Semarang murah meriah dan akrab di kantong. Pada hari biasa, harga tiket adalah Rp. 5.000 per orang, sedangkan pada akhir pekan dan hari libur nasional, tarif menjadi Rp. 7.500 per orang. Dengan harga ini, maka semua anggota keluarga bisa diajak untuk rekreasi bersama tanpa beban.

5. Atraksi dan Hiburan

Selain koleksi flora dan fauna, ada berbagai atraksi dan hiburan menarik yang ditawarkan oleh Kebun Binatang Surabaya. Untuk anak-anak, sudah disiapkan tempat bermain dengan fasilitas seperti ayunan, jungkat-jungkit dan lainnya. Orang dewasa dan anak-anak juga bisa mencoba menunggang gajah dan kuda. Harga untuk atraksi-aktraksi tersebut juga murah, berkisar antara Rp. 3.000 – Rp. 10.000 per orang.

6. Wisata Air

Kebun Binatang Semarang memiliki wahana waterboom yang tentu saja digemari anak-anak. Waterboom ini dilengkapi dengan kolam dangkal, kolam batu serta kolam pasir. Selain itu, terdapat danau buatan dengan pelikan yang hidup bebas di sana. Pengunjung dapat menikmati danau ataupun naik perahu motor yang mengarungi danau.

7. Rekreasi Edukasi

Dengan mendekatkan diri dengan alam, mengajarkan untuk menghargai karya Sang Pencipta yang sudah memberikan flora dan fauna yang indah dan hidup di sekitar kita. Anak-anak juga belajar untuk menjaga alam dan mengenal habitat dari hewan-hewan, agar tercipta generasi yang lebih mencintai alam serta menjaga kelestarian binatang dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.

8. Sarana Olahraga


Source: Badroe Zaman

Selain tempat luas yang mengijinkan otot-otot tubuh mereggang ketika mengelilingi area wisata, Kebun Binatang Semarang juga memiliki fasilitas olahraga lainnya. Ada mini flying fox untuk anak-anak dan persewaan becak air untuk latihan mengayuh sambil dihibur pemandangan alami danau buatan. Yang pasti tubuh, akan tersegarkan dan pikiran menjadi lebih tenang setelah menghabiskan waktu cukup panjang di alam terbuka.

9. Fasilitas Nyaman


Source: schaerfsystem

Untuk pengunjung dari jauh, Kebun Binatang Semarang menyediakan penginapan kecil yaitu Indah Hotel yang berada di tengah-tengah area wisata. Tempat duduk yang teduh juga banyak dibangun untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak. Selain itu juga disediakan mushola dan lahan parkir yang luas untuk kenyamanan pengunjung.

10. Lokasi Mudah Dijangkau


Source: Ryan McGuire

Lokasi Kebun Binatang Semarang cukup strategis dan mudah dijangkau dari segala arah. Karena lokasi berada dekat Terminal Mangkang, maka cukup cari angkutan umum menuju terminal Mangkang dan minta petunjuk warga sekitar untuk mencapainya. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dari arah Semarang, carilah rute menuju Pekalongan dan akan ada petunjuk jalan yang membantu Anda.

Wisata daerah adalah aset yang harus dijaga dan dilestarikan oleh warganya. Untuk Anda yang hobi traveling, ada baiknya dengan memulai dari wisata lokal dan mengenal kekayaan alam sendiri lebih dalam. Dengan biaya yang jauh lebih terjangkau, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan bersama orang-orang terdekat Anda.

Nah, tunggu apa lagi, Segera jadwalkan recana liburan ke Kebun Binatang Semarang dan alami sendiri keindahannya!